Sejarah Gamelan Gong Kebyar

This post was written by gautama on April 12, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

Sejarah Gamelan Gong Kebyar

 

Sejak dulu sudah banyak ada peneliti yang meneliti gambelan – gambelan yang ada di Bali, khususnya penelitian tentang gambelan gong kebyar. Hanya saja dari banyaknya tulisan tentang gong kebyar, namun masalah asal mula gong kebyar dapat dikatakan belum terungkap secara jelas dan lengkap. Hal ini disebabkan oleh sangat sedikit sekali data – data mengenai asal mula gong kebyar.

Gambelan gong kebyar merupakan suatu jenis gambelan yang tergolong ke dalam golongan baru atau muda. Gamelan ini merupakan suatu bentuk seni pertunjukan yang paling popular di Bali. Oleh sebab itu gambelan gong kebyar berkembang dan tersebar hampir ke seluruh pelosok Pulau Bali.

Sekalipun gambelan gong kebyar ini termasuk ke dalam golongan gambelan Bali baru namun didalamnya masih nampak jelas betapa kuatnya pengaruh – pengaruh terhadap gambelan bali lainnya, yang masuk dan ikut membentuk gong kebyar ini. Adapun gambelan – gambelan Bali yang mempengaruhinya sudah barang tentu adalah gambelan bali yang telah ada sebelum munculnya gambelan gong kebyar. Banyak pendapat ahli-ahli yang menyatakan bahwa gambelan gong kebyar muncul pada awal abad XX, muncul di daerah Bali Utara yaitu sekitar tahun 1915 di Jagaraga ( Buleleng bagian timur ).

Setelah diadakan suatu penelitian ternyata didapatkan beberapa data yang dapat dijadikan suatu pegangan guna menelusuri asal mula gong kebyar ini. Adapun data tersebut antara lain, pernyataan Colin McPhee dalam bukunya “Music in Bali” menyataka bahwa gong kebyar pertama kali diperdengarkan di depan umum adalah pada bulan desember 1915 yang artiya itu adalah pertunjukan gong kebyar pertama kali. Jika di dalami tidak mungkin pada saat ituadalah pertama kali gamelan gong kebyar muncul karena pertunjukan itu pasti memerlukan latihan yang cukup lama. Jika disimpulkan gamelan gong kebyar sudah berkembang sebelum tahun 1915.

Namun banyak juga yang mengatakan gong kebyar pertama kali muncul di Desa Bungkulan sekitar tahun 1910-1914. Struktur-struktur gamelan gong kebyar sudah di bentuk pada saat itu. Selain itu bentuk-bentuk tabuh-tabuh kekebyaran juga sudah diciptakan di Bungkulan pada saat itu.

 

 

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Previose Post: