dikiputra | dikiputra

You are browsing the archives ofdikiputra | dikiputra.

Perkembangan Jegog Menurut Seniman Jegog Jembrana

Lahirnya gamelan Jegog tidak serta merta luput dari berbagai perubahan mengikuti perkembangan jaman hingga saat ini. Perubahan terjadi baik dari segi bentuk fisik jegog dan pemanfaatan jegog dalam masyarakat. Berbicara masalah perkembangan fisik jegog, menurut I Gede Satria Budhi Utama, awal mula jegog berjumblah tiga instrument yaitu kantilan dua buah dan kuntung atau celuluk satu […]

Filosofi Tabing Jegog

Secara umum di daerah Jembrana tabing jegog berbentuk segi tiga. Menurut Wayan Gama Astawa, tabing jegog itu berbentuk menyerupai gunungan atau gunung entah itu tinggi ataupun rendah. Kenapa berbentuk gunung ?, kenapa tidak berbentuk segi lima atau segi enam ?, apakah orang Jembrana tidak bisa membuat tabing berbentuk lain ?, pertanyaan pertanyaan tersebut muncul sebagai […]

Tutorial Memilih Bambu Untuk Membuat Daun Gamelan Rindik

Hey hey hey Om Suastiastu semeton pecinta rindik BaliJumpa lagi kita di hari yang berbahagia ini, jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mencari atau memilih bambu untuk dijadikan daun gamelan rindik. Jadi memilih bambu yang akan digunakan sebagai daun gamelan rindik tidak bisa sembarangan semeton, karena tidak semua jenis bambu […]

Gending Rindik ” Nangluk Merana “

Hey hey hey ….. Kembali lagi bersama saya Diki Putra, pada kesempatan kali ini kembali lagi saya mengeluarkan gending rindik dengan judul ” Nangluk Merana “, mungkin beberapa dari pemirsa bertanya tanya bagaimana kemudian judul itu mencerminkan isi dari sebuah gending rindik ( khususnya ). Dari pengalaman yang saya dapatkan selama terjun di dunia kesenian […]

Tabuh Kreasi ” TapaK Dara “

TABUH KREASI Komposisi Kreasi baru adalah sebuah komposisi karawitan yang diaransir baru kendatipun materi tradisi masih sangat kental dan menonjol, karena yang di inovasi lebih bersifat ornamentasi untuk menampilkan nuansa baru, sedangkan aspek musikal lainnya masih menggunakan materi tradisi secara umum. Dalam bentuk komposisi ini masih sangat kental nuansa tradisinya dan sifat konfensionalnya masih sangat […]