Skip to content


Rasional Layanan Administrasi Akademik

Kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan pimpinan merupakan sebuah hal yang sangat diperlukan dalam menjalankan manajemen modern. Kecepatan dan keputusan haruslah didukung dengan validitas data tinggi yang sumbernya dari berbagai unit yang ada tentang permasalahan yang akan diputuskan. Integrasi data dari berbagai organ unit disertai dengan sistem informasi yang jelas, tepat, akurat, dan validitasnya tinggi, merupakan syarat utama pemanfaatan data-data dalam memutuskan pemecahan permasalahan yang ada. Perkembangan teknologi informasi yang telah semakin maju, sangat memungkinkan untuk mengintegrasikan berbagai data dari berbagai organ unit dalam sebuah sistem informasi. Penggunaan teknologi informasi merupakan syarat mutlak bagi pengembangan manajemen pengelolaan yang modern, efektif, efisien, akuntabel, dan transparan sebagaimana harapan Dikti dalam Good University Gouvernance (GUG).

Manajemen Mutu (MM) merupakan sebuah proses berkesinambungan dan berkelanjutan yang memerlukan masukan waktu, usaha, dan komitment dari semua sumber daya. Sistem Manajemen Mutu (SMM) merupakan sebuah sistem formal yang mendokumentasikan struktur institusi, tugas,  tanggung jawab staf, dan tanggung jawab manajemen, prosedur-prosedur yang dipersyaratkan untuk mewujudkan mutu. Empat alat mutu harus dipakai adalah Manual Mutu atau SPM, Prosedur Operasi Standar (SOP), Instruksi Kerja (SOP Staf), dokumen pendukung. Ke empat alat itu harus konsisten, saling berhubungan, dan bekerja bersama untuk meningkatkan nilai tridarma perguruan tinggi, seperti gambar berikut.

Keuntungan yang diperoleh dengan menerapkan SMM dalam administrasi akademik, dengan menggunakan pola data yang terintegrasi,  antara lain adalah: 1) pengambilan keputusan oleh pimpinan ISI Denpasar untuk permasalahan akademik akan lebih cepat dan tepat karena masukan data dari berbagai organ unit; 2) pembinaan dan pengembangan SDM akan lebih tepat sasaran karena didukung oleh SMM; 3) organ unit dan staf unit akan lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan tupoksinya karena sudah didukung oleh SMM; 4) pencarian data-data dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat karena sudah mempunyai sistem pencatatan dan dokumentasi data; 5) kepuasan stakeholder akan meningkat karena pelaksanaan SMM.

Posted in PHK.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

You must be logged in to post a comment.