Banjar Nyuh Kuning

This post was written by reindradwipayana on Maret 24, 2014
Posted Under: Tak Berkategori

nyuh kuning

            Nyuh Kuning adalah suatu banjar adat yang sekaligus desa pekraman yang merupakan bagian dari desa adat Mas, kecamatan Ubud, kabupaten Gianyar. Banjar Nyuh Kuning terletak berdekatan dengan salah satu objek wisata yang terkenal di Bali yaitu Monkey Forest. Daerah banjar ini dulunya merupakan sawah yang sangat luas, tapi karena kemajuan zaman saat ini sawah di daerah nyuh kuning sudah sangat sedikit karena banyaknya pembangunan hotel dan villa di daerah persawahan tersebut.Oleh karena itu banyak sekali petani-petani sekarang beralih profesi menjadi tukang kebun atau menjadi satpam di salah satu hotel atau villa yang ada di nyuh kuning.

            Nama Nyuh Kuning sendiri menurut orang tua zaman dulu merupakan tempat bersembunyi pada saat penjajahan Belanda yg berasal dari kata Nyeh yang artinya takut dan Keuningan yang artinya ketahuan. Nyeh Keuningan yang lama kelamaan menjadi Nyuh Kuning berarti takut ketahuan atau tempat dimana masyarakat dulu bersembunyi dan takut ketahuan oleh penjajah. Pendapat lain juga pernah dikatakan oleh rang tua zaman dulu bahwa nama Nyuh Kuning diambil karena di daerah ini banyak tumbuh pohon nyuh (kelapa) yang berwarna kuning.

            Nyuh Kuning juga merupakan sebuah desa pekraman yang memiliki Pura Kahyangan Tiga dan setra atau kuburan sendiri. Biasanya di Bali dalam satu desa adat yang terdiri dari beberapa banjar hanya memiliki satu Pura Kahyangan Tiga dan satu kuburan yang digunakan bersama. Tapi Nyuh Kuning memiliki itu sendiri terlepas dari desa adat Mas.

            Banjar Nyuh kuning pernah mendapat penghargaan sebagai daerah terbersih ke-4 pada tahun 2006 dan peringkat ke-2 pada tahun 2012. Saat ini banjar Nyuh Kuning juga sedang dlam proses memecahkan rekor dengan menanam 5000 pohon bunga jepun (kamboja) di seluruh daerah banjar Nyuh Kuning.

            Di daerah nyuh kuning juga terdapat sebuah yayasan kesehatan yang bernama Bumi Sehat yang dipelopori oleh ibu Robin Liem, seorang relawan dari Amerika yang telah lama tinggal di Nyuh Kuning. Yayasan ini bergerak di bidang kesehatan ibu dan anak. Bagi keluarga kurang mampu khususnya yang bertempat tinggal di Nyuh Kuning dapat menjalani proses persalinan secara gratis disana. Selain itu yayasan Bumi Sehat juga bergerak di bidang sosial seperti membantu para korban bencana alam seperti saat bencana alam tsunami di Aceh dan saat gunung Merapi meletus.

Pusat banjar Nyuh Kuning terletak di jaba Pura Desa yang disana terdapat sebuah pohon beringin besar dan sebuah lapangan sepak bola yang luas. Para pemuda Nyuh Kuning biasanya bermain sepak bola disana. Pemuda Nyuh Kuning juga memiliki sebuah Tim sepak bola yang bernama Widya Sentana, sesuai dengan  nama Sekaa Teruna Teruni  kami yaitu STT Widya Sentana. Tim ini juga merupakan tim sepak bola yang memiliki banyak prestasi. Diantaranya menjadi juara 1 saat kompetisi di Blahbatuh, menjadi juara 2 saat kompetisi di Gianyar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain tim sepak bola, STT Widya Sentana juga memiliki sebuah sekaa Baleganjur. Dan yang uniknya STT Widya Sentana memiliki satu piala bergilir lomba tarik tambang yang biasanya dilaksanakan pada saat perayaan hari kemerdekaan 17Agustus. Perlombaan tarik tambang merupakan salahsatu perlombaan yang sangat bergengsi di banjar nyuh kuning. Selain Lomba tarik tambang, masih banyak lagi perlombaan yang dilaksanakan seperti lomba panjat pinang, lari karung, makan kerupuk, dan sebagainya.

            Selain memiliki Sekaa Teruna Teruni, banjar Nyuh Kuning juga memiliki sekaa gong yang bernama Widya Suara. Sekaa gong tersebut terbagi menjadi dua yaitu sekaa gong dewasa dan sekaa gong anak-anak. Banjar Nyuh Kuning juga memiliki sekaa gong wanita yang biasa disebut sekaa gong ibu-ibu pkk. Sekaa gong dewasa Nyuh Kuning dan sekaa gong pkknya pernah mengikuti parade gong kebyar dalam rangka piodalan di Pura Desa Mas, dan menjadi salah satu sekaa yang berpenampilan terbaik se-desa Mas. Biasanya saat odalan ke-4 sekaa ini termasuk sekaa baleganjur Widya Sentana.

            Tidak hanya memiliki sekaa gong, ibu-ibu pkk Nyuh Kuning juga aktif dalam kegiatan senam dan belajar menari. Bahkan pkk Nyuh Kuning pernah mendapat juara 1 dan 2 saat mengikuti lomba senam di Gianyar. Pkk nyuh kuning juga aktif saat ngayah di pura saat piodalan, seperti ngayah menari dan ngyah konsumsi. Dan sebelum piodalan biasanya pkk Nyuh Kuning melakukan acara mepeed (membawa banten yang tinggi dan berbaris rapi dari ujung banjar sampai pura dengan diiringi gamelan baleganjur).

            Lansia banjar Nyuh Kuning juga tidak kalah aktif. Lansia banjar nyuh kuning juga memiliki banyak kegiatan seperti senam lansia, meditasi, belajar menari, dan belajar mekidung. Setiap sore para lansia biasanya melakukan kegiatan tersebut. Saat piodalan di pura para lansia juga aktif ngayah. Para lansia biasanya terbagi tugas. Ada yang mekidung dan ada juga yang menari.

            Demikian sedikit penjelasan dan beberapa kegiatan yang aktif dilakukan di banjar Nyuh Kuning.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Previose Post: