kori agung

This post was written by wayanleoika on Januari 11, 2012
Posted Under: Tulisan

ANALISA VIDEO TA KORI AGUNG

KARYA I GUSTI NGURAH JAYA KESUMA

 

Sinopsis:

Kori Agung menggambarkan sebuah kebesaran atau keagungan suatu tempat yang terwujud megah nan artistik, dan tersusun rapi. Terispirasi terhadap hal tersebut, maka penata menuangkan kedalam sebuah garapan dan memadukan gamelan Semarandana, Semarpegulingan, Gong Kebyar, Gitar, dan Jembe. Kemudian dengan pengolahan melodi, tempo, ritme sehingga perpaduan patet-patet dalam garapan ini dapat menggambarkan keharmonisan dalam setiap bentuk Kori Agung.

Pendukung Karawitan :

Ø Sanggar Seni Saba Sari

Ø Sanggar Seni Eka Jaya Santi

Ø Mahasiswa Smester II Karawitan ISI Denpasar

Ø Siswa SMK 3 Sukawati Gianyar

Penata Nama : I Gusti Ngurah Jaya Kesuma NIM : 2006.02.018 program studi : seni karawitan.

Analisa:

  1. Lampu

Cahaya lampu tidak merata, pada bagian depan cahaya lampu terlalu terang sedangkan pada bagian belakang penabuh, kurang pencahayaan dan beberapa penabuh hampir tidak kelihatan. Seharusnya apabila penata tabuh ingin memunculkan suatu kesan yang “megah” (Kori Agung), setidaknya menggunakan tata pencahayaan lampu yang terang dan cerang. Tata pencahayaan lampu dari awal hingga akhir juga terlalu “monoton” (membosankan), ditambah dua cahaya berwarna biru pada bagian samping kiri dan kanan yang terlihat mengganggu, sehingga tidak membantu mendukung kesan “keagungan ”.

  1. Gambar

Hasil video menjadi pecah akibat pengambilan gambar yang dilakukan dari jarak yang terlalu jauh, atau zoom yang terlalu keras, selain itu hasil video menjadi macet-macetan. Sebaiknya menggunakan lebih dari satu buah kamera untuk merekam dari arah depan, samping kanan maupun samping kiri untuk hasil yang lebih baik. Tetapi akan lebih baik lagi jika menggungkan kamera video dengan kualitas yang lebih bagus serta cameramen yang handal, maka hasilnya akan sangat memuaskan.

  1. Sound System

Efek suara yang ditimbulkan dari hasil rekaman terdengar kurang keras, sehingga beberapa dari alat musik yang digunakan tidak terlalu terdengar jelas, seperti suara suling dan gitar yang tidak terlalu terdengar.

Demikianlah presentasi saya hari ini, saya tutup dengan Prama Shanti Om Shanti, Shanti, Shanti Om.

 

 

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 19th, 2022 @ 8:58 am
Previose Post: