Musik diatonis

This post was written by indrakesumajaya on April 24, 2012
Posted Under: Tulisan

Musik diatonis

Diatonis dipetik dari bahasa latin, diatonicus, maksudnya nada-nada yang terdiri dari tujuh jenis bunyi yang ditulis diatas garis titi, yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si. Orang pertama yang menemukan aturan nada diatonis adalah Guido Aretinius d’Arezzo. Ia seorang pastor katolik dari mazhab Benediktus. Selain itu dia juga seorang guru,dia lahir di Prancis kemudian menetap di Italia.

Nada-nada diatonis ini berasal dari rentetan kata-kata pujaan kepada Sancta Ioannis, yaitu :

Ut queant laxis

Renonare fibris

Mira gestorum

Famuli tuorum

Solve polluti

Labii reatum

Sancta Ioannis

Susunan kata-kata diatas kalau kita baca baris demi baris, dengan mengambil suku kata yang pertama, akan kita peroleh bunyi ut,re,mi,fa,sol,la,si. Bunyi si merupakan singkatan dari kata Sancta Ioannis.  Lalu bunyi ut diubah menjadi do,yang diambil dari kata Dominus,yang berarti Tuhan.

Ciri musik

Musik berasal dari bahasa Yunani, mousai,yakni sembilan dewi yang menguasai seni-seni murni dan ilmu pengetahuan. Dalam sejarah Yunani, musik menduduki tempat istimewa sebagai perwujudan pikiran dan perasaan. Kebudayaan Eropa sepenuhnya bersumber dari kebudayaan Yunani. Ketika agama kristen berkembang di Eropa, dasar-dasar ilmu musik orang Yunani itu jugalah yang dikembangkan. Kemudian, untuk membedakan mana musik yang sifatnya kudus, yaitu musik yang dipakai sebagai bahan tata ibadah dalam gereja, dan mana musik bukan kudus. Sejarah musik membagi dua jenis musik, yaitu musik gerejawi dan musik duniawi. Kedua jenis musik tersebut mengenal cara permainan melalui alat peraga dan alat suara. Musik dengn alat peraga disebut musik instrumental, dan musik melalui suara manusia disebut musik vokal. Apabila vokal diiringi instrumen, maka disebut akompanimen, dan vokal tanpa iringan disebut a capella.

Didalam bunyi dan suara, ada tat tertib yang mewujudkannya menjadi indah,baik, dan betul, yaitu unsur nada, unsur irama, dan unsur keselarasan (melodi,ritme,harmoni).

 

 

 

Musik Timur

Musik  musik Timuir dari abad ke abad tak banayak berubah. Demikianlah, gamelan yang dikenal nenek moyang kiota di Pulau Jawea dahulu kala, hampir sama saja seperti yang kiat kenal sekarang. Gamelan [aling tua di Jawa kemungkina berasal dario zaman raj Syailendra. Pembenhahan gamelan di Jawa berlangsung pada zaman penyiaran agama islam oleh para wali. Salah satu yang terkenal adaalh Sunan Kalijaga. Ia menciptakan tembang, wayang punakawan, serta perangkat instrumen pelengkap gamelan, yakni kenong, kempul, kendang, dan genjur. Ciptaan-ciptaannya iotu semua dihubungkan dengan dakwah Islam.

 

Yunani Klasik

Pertama, klasik berarti semua karya kesenian dalam masyarakat yunani sebelukm masehi. Kedua, klasik juga berarti semua krya musik yang dianggap bermutu tinggi. Ketiga, klasik adalah karya-karya musik menurut kurun tahun setelah masehi. Pad azaman Yunani klasik, seni dianggap mufrad, yaitu semuanya untuk panggung teater. Yang dipertunjukkan di atas teater adalah seni drama, seni musik, seni tari dan sastra.

 

Musik pada Zaman Modern

Salah satu intisari terpenting yang perlu engkau ketahui atas perubahan dalam musik adalah timbulnya pandangan baru yang menganggap seni tidak melulu bersandar kepada keindahan.

Pandangan iotu mencakup hal aturan kunci dan aturan nada. Aturan kunci diterjang bahkan ditinggalkan. Kemudian aturan nada disebut “nada bukan nada”. Pada abad ini orang mulai berpikir perihal musik sebagai barang dagang. Pandangan itu didukung pula oleh kemajuan-kemajuan dalam lapangan ilmu pengetahuan yang menghasilkan alat-alat perhubungan seperti radio dan televisi. Dengan alat-alat itu kegiatan musik dapat dinikmati orang tanpa meninggalkan rumahnya.

Musik Orang Hitam

Adpaun musik baru dan khas itu berasal dari pergumulan orang-orang Negro atas nasibnya. Ada tiga corak musik kulit hitam yang terkenal, yaitu jazz, blues, dan spiritual. Musik orang-orang Negro itu sangat penting pada saat ini, sebab bersama musik mereka seluruh dunia dapat menjadi satu. Musik mereka dapat dikatakan sebagai satu-satunya jembatan yang sanggup menghubungkan jurang prasangka antara bangsa satu dengan bangsa lainnya, antara orang tua dengan anak, juragan dengan pembantu, dan seterusnya.

Jazz, musik ini hanya dapat dimainkan, bukan untuk diomongkan, begitu kata pepatah lama sebab sangat sulit untuk menerangkan jenis musik ini.

Blues. Jenis musik ini berisi syair-syair tentang rasa gelisah dan gusar, baik terhadap rasa kemanusiaan yang kering maupun terhadap hukum yang tidak tegas.

Spiritual. Karena corak nyanyian ini timbul dari kalangan negro, maka nyanyian ini pun sering disebut Negro Spiritual. Musik ini menggambarkan permintaan tolong kepada Tuhan dan mereka yakin Tuhan selalu mendengar permintaan oraang saleh dan bersungguh-sungguh.

 

Pop

Musik pop dimaksudkan sebagai nyanyian yang mudah hidup dan dihapal masyarakat.

Dapat cepatnya lagu jenis ini memasuki kehidupan masyarakat, pada abad ini sangat bergantung kepada kemajuan ilmu pengetahuan yang menyebabkan kita mengenal radio dan televisi serta rekaman piringan hitam dan kaset. Dengan penemuan-penemuan itu, maka musik menjadi barang industri dan masyarakat membelinya. Pesatnya penjualan musik populer berlangsung setelah musik jenis ini dipertunjukkan oleh film-film. Melalui film kita dapat menyaksikan pertunjukkan musik, baik musik yang bagus dan berfaedah, maupun yang bersifat meracuni penonton.

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 19th, 2022 @ 8:22 am
Previose Post: