Apa Itu Website? Pengertian, Fungsi, Sejarah, Unsur, Jenisnya

Website adalah serangkaian halaman web berisi informasi yang terhubung satu sama lain dan diakses melalui internet. Pada era digital saat ini, website telah menjadi salah satu elemen penting di dalam kehidupan manusia.

Bagi pengunjung, website memberikan akses yang mudah dan cepat untuk mencari informasi, membeli produk, atau mendapat pengalaman baru. Sedangkan bagi pelaku bisnis, website dapat meningkatkan branding perusahaan serta memfasilitasi penjualan produk secara online.Di artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut apa itu website, sejarah website, fungsi website, unsur-unsur pembentuk website, dan berbagai jenis website.

Pengertian Internet dan Fungsinya

Pengertian Internet – Semakin berkembangnya teknologi belakang ini masyarakat di dunia sudah banyak memiliki hubungan yang sangat erat dengan yang namanya internet. Bahkan bisa di katakana manusia tidak bisa lepas dari internet. Internet sering dirunakan untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi, mencari sebuah informasi dan masih banyak lainnya.

Kita seringkali menggunakan internet bahkan setiap hari tentunya kita sangat membutuhkan internet. Untuk kalian pengguna internet, tahukah kalian apa itu pengertian internet? . Dalam artikel kali ini bsi.today akan membahas mengenai pengertian internet. Yuk simak penjelasan berikut.

Pengertian Internet adalah

Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang dimana saling terhubung satu dengan yang lainnya. Internet berasal dari bahasa latin yakni “inter” yang berarti “antara”. Jadi dapat disimpulkan bahwa internet adalah jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia.

Internet juga dapat di artikan sebagai jaringan komunikasi global dimana jaringan ini menghubungkan miliaran jaringan dengan komputer dimana ia menggunakan sistem standar global trasnmision control protocol/internet suit (TCP/IP)

Apa Itu Backlink? Pengertian Backlink, Fungsi, & Cara Dapatnya

Backlink adalah link di dalam konten website yang mengarah ke halaman web atau website lain, biasanya digunakan oleh pemilik website untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas website serta kontennya. Link ini mirip dengan hyperlink, namun bisa membantu memaksimalkan SEO website dan bukan sekadar menautkan resource.

Jadi, agar website Anda bisa bertengger di halaman pertama hasil pencarian, backlink adalah strategi yang harus dipertimbangkan. Nantinya website atau blog Anda pun berpeluang tinggi untuk jadi yang pertama diklik, dan keuntungan pun akan meningkat.

Bisa dibilang manfaat backlink begitu besar bagi para blogger dan entrepreneur. Ini karena backlink bisa membantu Anda lebih dikenal oleh audiens, memiliki otoritas di niche Anda, dan memopulerkan produk atau jasa di internet.

Apa pun jenis website Anda sekarang, di artikel ini kami akan membantu Anda memahami apa itu backlink. Tak hanya itu, kami juga akan menjelaskan jenis dan fungsi backlink, serta cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Mari mulai!

Mengenal Apa itu Figma : Fitur, Fungsi, Cara Kerja / Menggunakannya

Apakah sedang mencari sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda dan tim Anda dalam bekerja serta mendesain bersama? Mungkin inilah saatnya untuk Anda dan tim Anda mencoba Figma. Figma adalah aplikasi desain berbasis cloud dan alat prototyping untuk proyek digital.

Figma dibuat untuk dapat membantu para penggunanya agar bisa berkolaborasi dalam proyek dan bekerja dalam bentuk tim sekaligus di mana saja. Meskipun alat ini sangat mirip dengan opsi prototyping lainnya seperti Sketch, Adobe XD dan lainnya, yang menjadi pembeda utamanya adalah kemampuan untuk bekerja dalam bentuk tim proyek.

Sampai saat ini meski mempunyai pesaing yang juga tidak kalah terkenalnya, Figma masih merupakan opsi paling cocok yang tersedia jika Anda bekerja dalam tim. Jadi tidak mengherankan jika Figma menjadi pilihan banyak orang. Mari mengenal apa itu Figma dan bagaimana alat ini mungkin bermanfaat untuk proyek dan alur kerja Anda berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Figma

Figma adalah editor grafis vektor dan alat prototyping dengan berbasis web serta fitur offline tambahan yang diaktifkan oleh aplikasi desktop untuk Mac OS dan Windows. Aplikasi pendamping Figma Mirror untuk Android dan iOS memungkinkan untuk melihat prototype Figma pada perangkat seluler. Rangkaian fitur Figma berfokus pada penggunaan dalam antarmuka pengguna dan desain pengalaman pengguna dengan penekanan pada kolaborasi waktu nyata (real- time).

Sederhananya, Figma adalah desain digital dan alat prototyping. Ini adalah aplikasi desain UI dan UX yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web, aplikasi, atau komponen antarmuka pengguna yang lebih kecil yang dapat diintegrasikan ke dalam proyek lain. Dengan alat berbasis vektor yang hidup di cloud, Figma memungkinkan para penggunanya untuk bekerja di mana saja dari browser. Cara ini termasuk alat zippy yang dibuat untuk desain, pembuatan prototipe, kolaborasi, dan sistem desain organisasi.

Alat atau tool yang sebanding dengan Figma adalah termasuk Sketch, Adobe XD, Invision, dan Framer. Juga seperti banyak tool lainnya, Figma didukung oleh komunitas desainer dan pengembang yang kuat yang berbagi plugin untuk meningkatkan fungsionalitas dan mempercepat alur kerja. Siapa pun dapat berkontribusi dan berbagi. Figma juga digunakan oleh beberapa merek besar termasuk Slack, Twitter, Zoom, Dropbox, dan Walgreens. Nama-nama itu saja menunjukkan bahwa alat ini cukup kuat untuk memberi daya pada hampir semua proyek.

Apa itu WordPress? Sejarah, Pengertian, Kelebihan, dan Fungsi

WordPress adalah sebuah platform content management system yang paling populer di dunia. Berdasarkan laporan W3Techs, WordPress digunakan hampir 43,2% website di seluruh dunia, bahkan untuk platform CMS-nya, WordPress menguasai hampir 65,2% website di seluruh dunia. WordPress bahkan jauh meninggalkan CMS terpopuler kedua yaitu Shopify yang “hanya” menguasai 6,6% website.
Dibalik kesuksesannya bagaimana sih kisah WordPress sebelum menjadi penguasa CMS. Artikel ini akan membahas sejarah WordPress, kelebihan, dan fungsi WordPress hingga sekarang mampu menjadi penguasa CMS di dunia.

Sejarah WordPress

WordPress adalah kelanjutan dari platform blog yang bernama b2/cafelog. Diinisiasi oleh seorang pengembang asal Amerika yaitu Matt Mullenweg pada tahun 2003 bersama seorang pengembang asal Inggris bernama Mike Little. Nama WordPress sendiri merupakan ide dari salah satu teman Matt Mullenweg yaitu Christine Selleck.
Pada perkembangannya WordPress versi awal yang rilis pada Mei 2003 masih berbasis platform sebelumnya walaupun sudah memiliki tampilan yang lebih modern dibanding b2/cafelog. User Interfacetemplate, dan XHTML terbaru sudah diimplementasikan pada versi paling awal WordPress ini.
Selanjutnya WordPress terus berkembang dan berinovasi. WordPress menambahkan fitur plugin dan tema kepada para penggunanya yang berguna untuk mempermudah mengelola hingga mendesain website. Saat ini telah tersedia 59,000 lebih plugin di WordPress dan terdapat versi yang gratis dan berbayar. Biasanya untuk plugin yang berbayar akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap.
Pada saat ini WordPress telah menjadi salah satu CMS yang sangat ramah pengguna, dengan fitur-fitur yang mudah digunakan dan dipahami, beragam optimisasi yang bisa diberikan pada website, hingga fitur keamanan yang mumpuni. Beberapa alasan inilah yang menjadikan WordPress sangat populer sebagai CMS.

Apa Itu WordPress?

WordPress merupakan salah satu platform content management system yang bersifat open-source, artinya semua pengembang bisa memodifikasi platform tersebut. Selain itu, karena sifat open source-nya, WordPress dapat digunakan secara gratis.
WordPress sendiri saat ini terbagi menjadi dua yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Walaupun memiliki nama yang sama sebenarnya kedua WordPress ini berbeda. WordPress.com adalah platform pembuat website dari WordPress yang sekaligus memberikan hosting dan domain.
Sedangkan WordPress.org adalah penyedia platform CMS WordPress yang bisa diunduh dan diinstall secara gratis, untuk menggunakan layanan ini pengguna harus berlangganan hosting dan mendapatkan domain di penyedia lain.