PROSES PERBAIKAN RESONATOR GAMELAN RINDDIK

Om Suastiastu semeton pecinta karawitan Bali, salam ngerawit. Kembali lagi di blog ini bersama saya man diky, ngomong ngomong bagaimana dengan blog blog sebelumnya mengenai gamelan rindik, bermanfaat kah ? ya kira kira lumayan lah sebagai penambah wawasan mengenai gamelan khas bali yang bernama  rindik ini. Barang tentu masih banyak kekurangan yang terdapat pada blog saya ini, maklum saya masih pemula.

Ngebahas mengenai gamelan rindik  ini tentu tidak akan ada habisnya, banyak aspek aspek yang perlu dibahas mengenai gamelan rindik ini. Saya sebagai pencinta rindik tentu akan terus mencari informasi yang selengkap lengkapnya melalui para seniman seniman rindik dan para pengerajin rindik ini. Banyak sekali sudah informasi yang saya dapatkan mengenai gamelan rindik ini, mulai dari proses awal pembuatan daun gamelan rindik, mengisi nada pada daun , dan mengisi  nada pada resonator.

Di blog kali ini saya angkan membahas sedikit lagi mengenai gamelan  rindik ini. Dalam proses pembuatan  gamelan rindik  tentu beberapa kali menemui berbagai masalah terutama pada bagian nada. Terkadang karena  beberapa kesalahan misalnya kesalahan pengertotan bamboo yang terlalu bannyak akan menyebabkan  merendahnya nada yang dihasilkan  bahkan  bias kehilangan  nada  dan bamboo tidak  dapat diperbaiki atau tidak dapat digunakan. Kesalahan dalam pengerotan bamboo ini adalah kesalahan  yang paling umum  para pengerajin lakukan, jika kurang pada bagian pengerotan tentu juga merupakan  masalah namun itu sangat mudah untuk diselesaikan, tapi jiga pengerotan berlebihan tentu ini merupakan  masalah yang fatal. Belajar dari kesalahan  tersebut maka pengerajin rindik yang saya temui memilikisolusinya dalam  mengatasi masalah tersebut, beliau menambahkan  bamboo dan serbuk kayu pada bagiann resonator jika terjadi kesalahan kelebihan proses pengerotan ini sehingga tidak ada lagi bamboo yang terbuang karena  kesalah  kesalahan di  atas. Sekarang kita saksikan video proses perbaikan resonator pada gamelan  rindik ini .

SELAMAT MENYAKSIKAN !!

CEKIIDOOOTTT!!!

Comments are closed.