TUGAS BAHASA INDONESIA

Posted by Arsa Wijaya on Maret 07, 2012
Tulisan

Persoalan: Pergaulan Bebas

  1. Kebebasan dalam pergaulan remaja sungguh sangat mengkhawatirkan.
  2. Banyak indikator yang dapat mempengaruhi dan sangat berbahaya untuk para remaja.
  3. Orang tua memiliki peranan yang besar dalam mendidik para remaja.
  4. Membentengi para remaja dengan agama dan keimanan yang kuat.
  5. Pendidikan moral diharapkan menghasilkan remaja yang berkompeten dan menjadi penerus bangsa yang baik.

 

Pergaulan Bebas

 

Kebebasan dalam pergaulan remaja sungguh sangat mengkhawatirkan. Santer terdengar para remaja lebih sering melakukan perbuatan yang menyimpang, misalnya minum-minuman keras, judi, narkoba, seks bebas, dan sebagainya. Hal ini tidak bisa ditoleransi mengingat para remaja merupakan generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan estafet memimpin negara ini. Apa jadinya negara ini apabila para remaja dibiarkan terperosok dalam jurang kenistaan.

Banyak indikator yang dapat mempengaruhi dan sangat berbahaya bagi pergaulan para remaja. Misalnya, media TV dan internet. Media TV ini banyak menyajikan tontonan yang merangsang dan mendorong para remaja untuk berbuat amoral. Sulit dicari tontonan yang mendidik untuk para remaja. Selain media TV, internet juga bias berdampak buruk bagi para remaja. Banyaknya terdapat situs-situs porno dalam media internet ini yang dapat merusak moral para remaja.

Orang tua memiliki peranan yang besar dalam mendidik para remaja. Secara otomatis seorang remaja akan membawa nilai hasil bimbingan orang tua. Anak merupakan cerminan dari orang tuanya sehingga jika anaknya berkualitas bisa dipastikan bahwa dia dilahirkan dan dididik oleh oarng tuanya dengan baik. Orang tua adalah sosok yang penting untuk membentuk pribadi para remaja. Posisi mereka lebih dekat dan lebih sering mengadakan kontak langsung dengan para remaja itu (anaknya).

Ada hal utama yang dapat dilakukan agar para remaja dapat terhindar dari gaya pergaulan yang bebas seperti sekarang ini, yaitu dengan membentengi para remaja dengan agama dan keimanan yang kuat. Kemungkinan besar para remaja tidak akan terjerumus untuk melakukan perbuatan tercela karena dalam agama apapun pasti ditekankan nilai-nilai kehidupan yang baik, bermoral, dan bertanggung jawab. Dalam memberikan ajaran agama ini juga tidak sebatas material saja, tetapi contoh konkret yang dapat dilihat secara langsung oleh para remaja. Dalam hal ini, sikap, ucapan dan perbuatan yang sangat berpengaruh.

Pendidikan moral baik dalam keluarga, masyarakat dan instansi pendidikan dapat membantu para remaja mengenal dan menghayati nilai-nilai moral yang seharusnya dijadikan panduan bagi sikap dan perilakunya untuk tidak melakukan pergaulan bebas. Jika semua komponen telah menyadari akan kewajibannya atas tanggung jawab terhadap remaja maka dapat dipastikan nantinya kita dapat menghasilkan remaja yang berkompeten dan mampu menjadi penerus bangsa yang baik.

55 Comments to TUGAS BAHASA INDONESIA