Sejarah Gamelan Kembang Kirang Di Banjar Tangkup Tegalalang

This post was written by anantakusuma on Maret 20, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

Timbulnya barungan gambelan kembang kirang suci di Banjar Tangkup Tegalalang ,dimulai dari dibuatnya barungan gamelan Angklung Klentangan yang merupakan satu-satunya kesenian yang menjadi kebanggaan masyarakat di Banjar Tangkup,sampai sebelum tahun 1940.

 

Tidak dapat diketahui dengan pasti,kapan gambelan Angklung klentangan tersebut tumbuh.Namun hanya dapat diungkapkan bahwa,Gamelan Angklung ini pernah menjadi kegemaran bagi warga Puri Agung di Gianyar.Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa,setiap kali pihak Puri Agung Gianyar menyelenggarakan suatu upacara yadnya,maka sekaa Angklung dari Banjar Tangkup tidak pernah luput untuk “ngaturang ayah” guna memeriahkan suasana upacara tersebut.

 

Lebih lanjut informan I Wayan Wiri asal dari Banjar Tangkup mengatakan bahwa, pada tahun 1940 di Puri Agung Gianyar sedang diselenggarakan serangkaian upacara yadnya yang cukup besar.Pada kesempatan tersebut sekaa Angklung dari Banjar Tangkup turut pula memeriahkan upacara itu dengan kebolehannya menabuh gamelan.Pada pelaksanaan upacara tersebut selain telah dimeriahkan oleh suara angklung klentangan,turut pula ditabuh beberapa jenis barungan gamelan yang lain seperti Gong Gede,Gender Wayang,Gambang,serta gamelan Kembang Kirang dari desa Kamasan Kelungkung.

 

Penampilan barungan gambelan kembang kirang dari desa kamasan kelungkung, adalah betul-betul sempat memukau para peserta upacara tersebut. Demikian pula halnya dengan para sekaa angklung dari banjar tangkup, selain merasa kagum akan penampilan gamelan kembang kirang itu, pada kesempatan itu pula mereka mulai memperbincangkan keinginan mereka untuk dapat memiliki barungan gambelan kembang kirang. Dalam pikiran mereka membayangkan, betapa lebih mantapnya apabila mereka dapat memainkan gambelan angklung panca nada yang berbilah sepuluh itu.

 

Demikianlah hal tersebut senantiasa menjadi angan-angan serta menjadi bahan perbincangan setiap kali berkumpul dengan teman-temannya. Sampai pada akhirnya tercetuslah idenya untuk menambah beberapa jenis instrumen angklungnya untuk bisa di jadikan barungan gambelan kembang kirang.

 

Kemudian atas prakarsa dari pemuka masyarakat yang antara lain dapat disebutkan yaitu : I Nyoman Degeng, I Wayan Liah, I Ketut Teka, I Wayan Sambut, serta berkat dukungan dari “Kerama Banjar” Tangkup, maka pada tahun 1949 Gambelan kembang kirang yang senantiasa menjadi impian masyarakat di Banjar Tangkup, brhasil didirikan dengan biyaya sebanyak 80 (delapan puluh) ringgit, yang dikerjakan oleh “Pande Gambelan” dari Tiyingan Kelungkung yang bernama Bapan Geriya.

 

Oleh pande gambelan tersebut, sebelumnya dapat menyampaikan kepada masyarakat di Banjar Tangkup bahwa, Gambelan Kembang Kirang yang mereka miliki itu nantinya akan menjadi barungan gambelan yang “tenget” Namun ketika itu Masyarakat di Banjar Tangkup, belum percaya degan penyampaian pande tersebut.

 

Setelah gambelan itu dicoba untuk mengadakan latihan-latihan, ternyata ada saja keributan-kerubutan yang terjadi di dalam latihan.

Akhirnya semenjak saat itu, mereka telah mempunyai keyakinan bahwa, Gambelan Kembang Kirang mereka itu adalah dianggap keramat. Kiranya anggapan dan keyakinan mereka akan hal itu, akhirnya telah mendorong hati mereka untuk menghubungkan pengertian keramat itu adalah sama dengan “suci”.

 

Demikianlah kemudian barungan gambelan yang mereka miliki itu dinamai “Gambelan Kembang Kirang Suci” Sampai sekarang masi menjadi kebanggaan bagi masyarakat pendukungnya.

 

Kiranya perlunya penulis ungkapkan disini bahwa, sebagai mana umumnya yang kita jumpai di Bali, yaitu “sekaa” biasa menyimpan alat-alat gambelannya di tempat-tempat yang khusus. Tempat menyimpan gamelan biasanya disebut “Cegong” atau Bale Gong.

 

Kenyatan yang penulis jumpai di Banjar Tangkup adalah sangat unik, di mana barungan gambelan kembang kirang ini tidak pernah disimpan di dalam ruangan, melainkan tetap di gelar di aula balai banjar Tangkup.

 

Masysrakat di Banjar Tangkup mengatakan bahwa, setiap kali gambelan tersebut disimpan di dalam bale gong, maka suatu keributan-keributan akan slalu saja terjadi. Kenyataan yang sering dialami inilah, nampaknya telah menambah suatu kepercayaan mereka bahwa gambelan yang mereka miliki itu adalah memang benar-benar kramat (suci).

Comments are closed.

Previose Post: