TUGAS LITERATUR I

This post was written by adnyasuantara on April 17, 2012
Posted Under: Tak Berkategori

Serba-Serbi Tari Baris

Antara Fungsi Sakral dan Profan

Oleh: I Wayan Kardji

Aneka Tari Baris

Masyarakat Bali mengenal banyak tari yang berfungsi sebagai seni sakral maupun seni profan seperti tari teruna jaya,margapati,sanggiang,joged,gandrung,topeng pajegan,jauk,baris,dan sebagai nya.Biasa nya,tari-tarian tersebut tanpa menggunakan suatu lakon,sedangkan yang menggunakan lakon atau cerita tertentu seperti legong,topeng prembon,arja,drama gong calonarang,wayang wong,wayang parwa,cupak granting dan lain sebagainya.Di bawah ini akan di coba untuk menguraikan secara satu persatu tari baris tersebut.

  1. 1.      Baris Dadap dan Baris Presi

Kedua jenis baris ini,sering di tarikan pada saat di adakan upacara Panca Walikrama(upacara yang diadakan sepuluh tahun sekali di Pura Besakih). Penari dari baris Dadap dan Presi pada saat menari selalu memandang ke Utara ke alun-alun penuh dengan para tanda dan para mentri yang membawa tombak putih dan di apit oleh pasukan perisai. Kelompok yang menggunakan Dadap (Tameng Kayu) kelompok sangkur dan kelompok perisai besi semuanya menyelip keris di pinggang, semua keris itu bertahtakan emas.

  1. 2.      Baris Gede

Ada dua tipe baris gede yang di kenal di Bali. Tipe pertama, baris gede yang menggunkan tombak belang (tombak poleng) dengan busananya memakai pakaian sederhana seperti ; gringsing, cepuk, batik, dan kain kuni lainnya dan juga menggunakan baju hitam celana panjang putih, badong sederhana, dan awir berupa selendang dan gelungannya sama dengan baris tunggal, hanya saja bunga atas terbuat dari kayu seperti janger. Sedangkan tipe yang lainnya hanya berbeda di baju yang belang (poleng) tanpa menggunakan tombak dan tanpa badong serta kainnya yang serba belang (poleng). Seperti yangbisa kita lihat di daerah Kintamani yaitu dipura Ulundanu Batur.

  1. 3.      Baris JojorJenis tari Baris ini menggunakan senjata kampak dimana busananya menggunkan saput, prada baju putih, bapang sedehana, tidak lebih dari 2 selendang kain kuna sebagai awir dan gelungannya sama dengan Baris Gede serta menggunakan tombak. Tari Baris Jojor biasanya ditarikan untuk upacara piodalan di Pura Tirta Empul (Tampak Siring).

  1. 4.      Baris Panah

Jenis Baris ini juga dipakai pelengkap upacara piodalan. Baris ini terdapat di desa Julah (Bali Utara) busana yang digunakan yaitu, kain kancut, baju kemeja putih, keris, destar batik, dan di tangan kanannya terdapat busur panah.

  1. 5.      Baris Bedil

Baris ini juga di gunakan sebagai pelengkap upacara piodalan di Pura Tirta Empul dan busananya juga sama dengan barsi jojor hanya saja senjata kampak di ganti dengan bedil (senapan)

  1. 6.      Baris Jangkang

Tari baris ini sagat berbeda yaiu menggunakan busana yang sangat sederhana yaitu, menggunakan keraras (daun pisang yang kering) mirip dengan Barong Brutuk yang ada di Trunyan. Baris ini hanya terdapat di Nusa Penida.

  1. 7.      Baris Cekutil

Baris ini menggunakan topeng seperti topeng penasar dan kostum baris ini sangat sederhana yang hanya terdapat di Julah (Bali Utara).

  1. 8.      Baris Bajra

Baris ini menggunakan senjata Bajra (Genta). Tari baris ini menggunakan kostum mirip dengan baris jangkang yang terdapat juga di Bali Utara.

  1. 9.      Baris Demang

Baris ini menggunakan beliung atau lemat, mahkotanya sama dengan baris tunggal. Busana yang di gunakan sangat special karena tari baris demang muncul dari pengaruh oleh demang yang terdapat dari tari Gambuh.

  1. 10.  Baris Tamiang

Baris ini membawa perisai (Tamiang). Busana yang di gunakan sama dengan baris dadap dan baris presi. Baris ini terdapat di desa-desa pegunungan seperti Batur, Catur, Sukawana, Pengotan , dan Bayunggede.

  1. 11.  Baris Topeng

Baris ini sudah tentu menggunakan topeng dan busnanya sama dengan baris gede dan membawa tombak.

  1. 12.  Baris Goak

Baris yang menirukan gerak burung Gagak (Goak). Busana yang digunakan sama dengan baris gede hanya gerak tarinya berbeda. Tari baris ini terdapat di desa Selulung,Kintamani.

  1. 13.  Baris nori

Tari baris ini menirukan gerak burung nuri. Dan terdapat di Kedisan di sekitar danau Batur .

  1. 14.  Baris kekupu

Gerak tari baris ini ,enirukan gerak kupu-kupu. Busananya sama dengan baris gede dan menggunakan tombak yang terdapat di Kintamani.

  1. 15.  Baris Juntal

Baris ini berasal dari desa Juntal Kab. Karangasem dan berkembang di desa selulung Kec. Kintamani. Busana yang digunakan sama dengan baris gede dan menggunakan tombak.

  1. 16.  Baris Cerekuak

Jenis tari baris ini menggunakan busana yang sangat sederhana. Awir terdiri atas keraras, mahkotanya terbuat dari daun kelapa yang masih muda, pada kaki penari menggunakan gongseng.tari baris ini terdapat di Bali Utara.

  1. 17.  Baris Tekok jago

Tari baris ini terdiri dari 12 org penari atau lebih. Busana yang digunakan sama dengan baris gede yang membawa tombak, hanya saja baju dan celana panjang berwarna belang (poleng) mahkotanya sama dengan baris gede hanya saja pada kerucut mahkota baris tekok jago berwarna putih. Baris ini biasanya ditarikan pada saat upacara Pitra Yadnya.

  1. 18.  Baris Poleng

Jenis baris ini hamper sama dengan baris tekok jago dengan busana baris gede tanpa tombak dan fungsinya pun sama dengan baris tekok jago. Baris ini terdapat di Banjar Jambe (Kerobokan, Badung) dan Pagutan (Gianyar).

  1. 19.  Baris Memedi

Baris ini menggunakan busana yang sangat sederhana berupa potongan-potongan ranting dan keraras. Para penari membawa tombak yang terbuat dari batang pakis yang dibentuk menyerupai tombak. Baris ini diikut sertakan dalam upacara keagamaan khususnya Pitra Yadnya.

  1. 20.  Baris Cina

Baris ini berbeda dengan baris yang lainnya tidak menggunakan kostum baris melainkan menggunakan pakaian bangsawan Eropa kuno. Baris cima terdiri dari 2 kelompok yaitu, kelompok baris putih sebagai lambang purusa dan kelompok baris  selem sebagai lambing pradana. Tari baris cina dipentaskan apabila ada malapetaka yang menimpa desa. Menurut informasi yang didapat baris cina terdapat di 3 tempat yaitu, Sumawang (Sanur), Renon, dan Abiantimbul.

  1. 21.  Baris Tunggal

Merupakan tari baris yang sering di pertunjukkan. Busana yang di gunakan sangat lengkap yaitu, badong, beberapa set awir, lamak, celana panjang, baju beludru, stiwel, gelang kana, dan gelungan (mahkota) menggunakan cokli (kerang).

  1. 22.  Baris Bandana Manggala Yuda

Baris ini di tarikan 4 penari atau lebih. Busananya sama dengan baris tunggal, kadang-kadang membawa keris-kerisan dari kayu baris ini juga hanya untuk hiburan bukan sebagai sarana keagamaan atau religious.

 

Reader Comments

hydroxychloroquine drug https://plaquenilx.com/# what is hydrochloroquine

#1 
Written By hydrochloraquine on Juli 30th, 2021 @ 3:31 pm

hydroxochloriquine https://plaquenilx.com/# what is hydroxychloroquine 200 mg used for

#2 
Written By how to make hydroxychloroquine on Agustus 3rd, 2021 @ 2:22 am

Nice answers in return of this issue with solid arguments and describing all concerning that.|

#3 
Written By Sheilah Tindle on November 21st, 2021 @ 3:36 am

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address