KETUT RIBUT SENIMAN KENDANG

“ ARJA”

Seniman tukang kendang arja pada tahun 1927 di seputaran ubud pada tahun itu, beliau sanggat ahli dalam memainkan kendang arja dan sangat reflek pada saat penari arja tersebut bergerak,sedkit pun tak ada lepas, angsel demi angsel dia buat sendiri agar lebih mempunyai ciri has tersendiri.

Seniman kendang arja tersebut tiada lain: I NYOMAN RIBUT  berasal dari desa adat lodtunduh ubud.                                             Beliau lahir pada tahun 1902 di lodtunduh beliau anak ke 3 dari pasangan MADE   GEJER  dengan NI WAYAN TIIS dan di karuniai 5 anak pada saat itu dan pekerjaanya hanya petani.

Beliau I NYOMAN RIBUT tersebut dari kecilnya hidup pas-pasan(seadanya)  apa pun di bawa pulang oleh ayah / ibunya paling hanya membawa hasil tani yang tidak seberapa di makan oleh 7 orang tersebut.Hari demi hari setelah I nyoman rebut berumur 7 tahun, nyoman rebut pun ikut bertani sampai berumur 10/11 tahun.

Pada saat itu nyoman rebut menonton arja di badung  sekeluarga menonton arja di daerah badung berjalan kaki pada saat itu, dan disanalah nyoman ribut tertarik melihat dan mendengar suara gambelan arja, krna dari beliau lahir belum pernah mendengar dan menonton pertuinjukan sperti itu, ke esokan harinya beliau mencari tokoh- tokoh arja tersebut dan ingin belajar menari arja.               Dan setelah cukup lama belajar, beliau dapat pentas di karangasem menari tumengang tumengung , pada saat itu beliau berumur 12 tahun.

Sehabis nari beliau ingin belajar menabuh arja, dan lagilah beliau belajar menabuh arja. Krna mungkin beliau di percaya akan bisa, krna keseriusan belajar yang di milikinya ,beliu pun di taruh dalam instrument gambelan arje itu, di kendang.                                 Setelah belajar dan belajar hakhirnya beliau bisa menguasai gambelan arja pada saat itu ,umur beliau pun berlanjak dewasa dan pada saat itu beliau sudah berumur 16 tahun,. Pada saat itulah nama beliau mulai muncul di kalangan masyarakat di ubud.

Pada tahun 1922 beliau mengundang para penonton dan para seniman-seniman di sputaran wilayah ubud untuk menonton pementasan yang di- adakan depan pura puseh desa lodtunduh, agar namanya benar-benar muncul dan tenar di kalangan masyarakat luas.

Di tahun 1925 beliau mengalami sakit berbulan – bulan dan beliau pun tidak bisa pentas selama itu, beliau sudah berobat kemana- mana namun hasil tetep belum bisa sembuh juga.

Pada saat itu beliau di ajak oleh ayahnya yaitu bapak MADE GEJER ke rumah orang sakti, yang berada di gianyar . setelah sampai disana orang sakti itu ngomong” hakhirnya dating juga pewaris kesaktian saya, I NYOMAN RIBUT pun berfkiri, dan memikirkan omongan orang sakti tersebut dan merasa bertanya-tanya. Dalam hari nyoman rebut” beliau pun berfkir, siapankah yang di maksud orang sakti itu dan tampa di sadari orang sakt itu pun menjawab, apa yg di pikirkan oleh nyoman rebut.

Nyoman rebut pun panik dan terus menanya-nanya kan omongan itu ke pada orang sakti itu, orang sakti itu pun berbicara’ tenang saja nanti kamu pasti tau apa yang akan terjadi.

Pada tahun 1931 beliau sudah sembuh dan memulai lagi aktifitasnya,membangunkan nama dari sekian lama telah menghilang, beliau pun melanjutkan aktifitasnya yaitu: megambel arja, karna sekian lama waktu telah berjalan dan waktu itu gambelan sanggat murah di bandingkan sekarang, beliau pun menyuruh gerupnya atau anggotanya meluarkan uang 100 ribu dan membeli barungan gambelan arja yaitu:

2 soling

2 kendang

1 tawe-tawe

1 gong pulu

1 kecek

1 krentengan

1 kajar bamboo

1 klenang

Ini lah struktur gambelan pengarjan pada saat itu di seputaran ubud, dan grup tersebut sudah mulai bangkit dari keadaan yang sebelumnya.

Hamper setiap minggunya grup tersebut pentas di luar desa lodtunduh itu dan penarinya berjumblah 12 0rang dan anggotanya pun mencapai 25 orang pada saat itu.

Waktu demi waktu berjalan umur I nyoman rebut sudah menginjak 30 beliau menikah dengan NI KADEK TEKUNG dari peliatan pekerjaan kadek itu tiada lain adalah penari arja juga pada jaman itu beliau di karuniai 3 anak yang seharusnya 7 anak, namun apa boleh buat kalo itu memang nasibnya I NYOMAN RIBUT. Dan di  angkat menjadi kelian adat di banjarnya, yaitu banjar ABIANSEMAL DESA ADAT LODTUNDUH, UBUD Walau pun seperti itu, belaiau tetep menyempatkan diri untuk pentas –pentas bersama grupnya , beliau benjabat sebagi kelian selama 10 tahun .

Pada saat itu umur beliau 1947 dan sudah tergolong tua. Pada saat itu juga beliau ngayah di pura panti di karang asem dan menemukan 19 soca/ mirah yg warnanya berbeda- beda, jika beliau memegang yang merah maka tubuh beliau terasa kuat, jika memegang yang putih beliau merasakan sanggat suci dan bersih.

Di situlah beliau inget dengan omongan orang sakti yang dari gianyar itu dan membawa semua mirah tersebut pulang.       Setelah sampai di rumah  beliau pun menceritakan ke anehan soca / mirah itu bersama kluarganya lagi 11 harinya ayah beliau wafat karna umur yg sudah tidak memungkinkan untuk hidup dan beliau trus ibunya sakit-sakitan, pada saat itulah I nyoman rebut mencoba untuk mengobati ibunya, dan hasilnya ibu I nyoman rebut tersebut sembuh, dan bisa kembali bertani.

Dari sanalah I nyoman rebut mulai menjadi orang sakti dan mengobat- ngobati setiap orang skit yang dating kerumahnya, dari sana juga berakhir karirnya menjadi seniman gambelan arja dan memulai menjadi orang sakti.

Pada tahun1987 beliau meninggalkan istri dan anaknya tersebut karna pada saat itu beliau telah meninggalkan dunia ini (wafat) dan ilmunya itu tidak ada yang mewarisi sampai detik dan hari ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER:

HASIL WAWANCARA.

NAMA           : I MADE SUKRA

ALAMAT: BR.BITRE KAJA DESA BITRA, GIANYAR

WAKTU  : 16-10-2013

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah gamelan Gong Kebyar Sanggar Dwi Bhuana Sari Lodtunduh Ubud

 

SEJARAH GAMBELAN

GONG BESI BERCAMPURKAN KUNINGN

BANJAR ABIANSEMAL DESA ADAT LODTUNDUH,UBUD,GIANYAR

PEMILIK SANGGAR : I KETUT DANA

Foto008

Awal mula gambelan itu, berawal dri seseorang yg memiliki gambelan gangse yg bilahnya terbuat dari besi di daerah BANGLI yg bernama I NYOMAN RUGIG. Dan si pemilik sanggar tersebut/bapak ketut tersbut, ingin beli/mempunyai gambelan itu, maka PAK NYOMAN menyuruh pak ketut  membeli gambelan besi di BANGLI.

Tujuan pak ketut ingin memperliatkan bahwa bukan hnya gambelan yang terbuat dari  perunggu yg bisa bersuara/ mempunyai getaran, besi pun juga bisa.

Dan pada hakhirnya pak ketut membeli gambelan besi di BANGLI . pemilik sanggar tersbut bernama I NYOMAN DANA , dari BANGLI yang pekerjaanya menjadi pande gong yg terbuat dari besi  sampai saat ini pun bapak nyoman dana itu tetep menekuni gambelan besi itu.

Dan disanalah Bapak ketut membeli gambelan besi  pada tahun 2006 yaitu:                      2 kendang cedugan                                                                                                                     1 pasang kendang legong                                                                                                   1 pasang gong lanang dan wadon                                                                                                1 kempur dan 1 bende                                                                                                                    4 gangse  yang bilahnya belum tercampur                                                                       dengan kuningan  ,beserta 2 jegog2 jublag dan1 kajar, 1 kempli

Pada saat itu bapak ketut tidak membeli barungan gembelan (tidak lengkap) karna terutama, adalah biaya gong besi cukup terbilang mahal pada saat itu dan gambelan itu di beli,  pada hari raya kuningan di bangli ,dan trus di pentaskan pada tahun 2006 di PURA DALEM PURI desa adat LODTUNDUH pada saat itu pak ketut merasa masih ada yg kurang dengan gambelan itu pak ketut pun menukar 2 gong lanang wadon itu beserta  1 kempurnya itu kembali ke bangli, agar di buatkan lagi yang baru yank larasnya aga tinggi, agar suara yg di hasilkan bisa lebih keras dan bia di dengar jarak jauh.

Setelah sampai di pande gong besi di bangli, di buatkanlah gong lanang beserta wadon dan kempur itu oleh bapak nyoman pada tanggal 9 bulan 2  pda tahun 2006 dan tanggal 6 bulan 3 tahun 2006 gong tersebut telah selsai, pak ketut pun mencari gong itu. Pas saat di perjalan pulang 2 gong tersbut tertimpa gempa di perjalan, bapak ketut pun berfkir itu adalah tanda bahwa nanti gong tersebut mempunyai getaran yang keras dan setelah di coba ke 2 gong tersebut hanya 1 gong yang memang mempunyai karakter yang sangat aneh  (suara gong yang wadon itu mengluarkan suara menguing di sebelah kirinya).

Pada saat itulah pak tetut mulai merasa ke anehan di dalem gambelan tersebut dan  melihat ke anehan yang sangat nyata.

.

Dari sanalah pak dana mulai mencari pedeta untuk melapas barungan gambelan tersebut pas tahun 2007 di desa lodtunduh. Dan bercirita mengenai ke anehan tersebut bersama JERO MANGKU GANDRA dari desa PELIATAN,UBUD.

Beliau bilang bahwa keanehan dalam 1 barungan gambelan pasti ada apa lagi 1 atau 2gong, sebab gong sebenarnya paling gampang di masuki oleh roh2/arwah2 yg tergolong suci dan pada saat itulah pak ketut mulai mensucikan ke 1gong wadon tersbut dan di sungsung se kluarga dan grup sanggar tersebut

Pada setiap pentas salah 1 anggota sanggar pasti mengalami kerasukan itu selalu meminta agar gong yang wadon hrus di simpen ( di taruh karna gong itu tdak di pergunakan untuk pentas melaikan hanya di sungsung) karna penghuni gong itu ingin agar gong tersebut di sungsung

Pada tanggal 13 agustus tahun 2008 bapak ketut dana kembali membeli  1gong wadon baru untuk di pergunakan pada saat pentas- pentas dan kembali membersihkan 1gong wadon itu( DIPELAPAS )  pada tgl 16 agustus 2008 kembali mengulang untuk pentas2 di berbagai daerah.

 

Tahun 2010 sanggar itu sukses dan meraih berbagai penghargaan di Jakarta dan jogja karta dan mendapat sumbangan 1 set reong bali yang terbuat dari perunggu  dan semua peralatan besi seperti gangsa, jublag dan jegogan di campur dengan kuningan agar menimbulankan suara yang tidak terlalu keras dan mempunyai getaran/ reng.

PADA TAHUN 2010 bapak ketut menjual reong besinya dan menukar kanya dengan  membeli  2 kantil dan 1 ugal besi yang di campur dengan kuningan beserta 8 tawa2, 1 kecek perunggu di bangli dan terbilang suara gambelan pada saat itu sudah tergolong lumayan.

Pentas di desa2 telah menambah properti2 atau peralatan di snggar , seperti gong pulu dan salunding.

Pada tagal 2011 gong yg di suci kan dan di susung tersebut lagi di pentaskan di SMA diubud yaitu pentas KOLABORASI, dan pada saat itu  gong itu berbunyi sendiri pada saat gladi d SMA ubud.

Bapak ketut bener2 percaya pada saat itu, bahwa gong itu ada penghuninya dan benar-benar menyimpan gong itu dan tidak menggunakan atau mementaskan 1 gong wadon itu.

Sampai hingga kini gong tersebut masih di sungsung di SANGGAR DWI BHUANA SARI ,lodtunduh ubud

Barungan gambelan,Setelah menerima berbaga penghargaan pak ketut pun langsung membeli :

4  GANGSA

2 KANTIL

2 JEGOGAN

2 JUBLAG

1 KENDANG LANANG

1 KENDANG WADON

1 KENDANG LEGONG LANANG

1 KENDANG LEGONG WADON

1 KENDANG CETUTAN

1 UGAL

1  GONG LANANG

GONG WADON

1 KEMPUR

3 BENDE

8 TAWE2

1 KAJAR

2        KEMPLI

1 SET SULING

1 SET RIONG, 1 KECEK DAN 8 CAKEP CENCENG KOPYAK

dari tahun 2010 sampai kini barungan tersebut masih di pakai dan di sungsung bersama se anggota dan skluarga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER:

Hasil wawancara di ubud, pada tanggal 10-oktober-2013 bersama;

NAMA; I KETUT DANA

ALAMAT; BR.ABIANSEMAL.LODTUNDUH.

SEJARAH GAMELAN DI DESA KEDONGANAN

Latar Belakang

Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung adalah desa kecil yang terletak di kaki Pulau Bali. Desa ini adalah daratan yang memiliki pantai yang memanjang hingga 1.010 meter. Oleh karena itu, penduduknya yang berjumlah 2.917 laki-laki  dan 2.711 perempuan umumnya bermatapencaharian sebagi petani dan nelayan. Pantai sepanjang 1.010 meter sangat eksotis, sehingga selain dimanfaatkan oleh nelayan untuk usaha perikanan, juga  dibangun untuk pariwisata. Desa kecil ini dahulu hanya desa yang beraktifiaskan nelayan dan petani, aktifitas seperti ini selalu dirutiniaskan oleh warga, tetapi selain itu warga memiliki hobi dan rutinitas kesenimanan yaitu mempelajari seni karawitan, sejak tahun 1930 seni karawitan, di Desa Kedonganan selalu menjadi pekerjaan kedua bagi warga desa yang memang betul-betul mengisi waktu kosong dengan belajar seni karawitan.

Asal Usul

Gamelan yang ada di Desa Kedonganan muncul pada tahun 1930, kesenian yang muncul di Desa Kedonganan yaitu kesenian Telek dan Barong, kesenian Telek dan Barong disakralkan dan tidak dipentaskan sembarang tempat, dalam iringannya iyalah gamelan Smara Pagulingan Saih Lima, perkembangan jaman demi jaman, gamelan smara pagulingan dirubah menjadi gamelan Gong Kebyar pada tahun 1953, dirubahnya gamelan Smara Pagulingan Saih Lima dikarenakan barungan gamelan Smara Pagulingan sangat sedikit dan peminat atau pelaku seni karawitan di Desa Kedonganan semakin berkembang, perkembangan jaman dan populernya gamelan gong kebyar di Bali menjadikan para seniman di Desa Kedonganan memilih untuk merubah gamelan Smara Pagulingan Saih Lima menjadi gamelan Gong Kebyar.

komunitas seniman karawitan di Desa Kedonganan perlu mengulang kembali atau perlu mempelajari gamelan Gong Kebyar, maka dari itu para seniman di Desa Kedonganan mencari guru atau pelatih. Guru atau pelatih tabuh yang melatih di Desa Kedonganan yaitu bapak Nyoman Dendi pada tahun 1953 berasal dari Desa Pemedilan Denpasar. Gending-gending yang dipelajari yaitu gending lelambatan tabuh telu, tabuh pat, tabuh nem, tabuh kembang kuning, dan tabuh kutus. Dari  berjalannya waktu dan perkembangan kesenian di Desa Kedonganan berkembang begitu pesat sampai sekarang karena adanya faktor pariwisata yang mendukug kesenian itu menjadi maju dan berkembang.

BIOGRAFI KADEK INDRA WIJAYA

Kadek Indra Wijaya lahir pada tahun 1987 di Jimbaran, Kadek Indra Wijaya sering disapa dengan sapaan Balidra, seorang Balindra adalah seorang seniman karawitan yang berasal dari Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Balindra mengenal seni karawitan sudah dari umur 5 tahun tetapi belajar serius untuk memperdalam seni karawitan sejak umur 8 tahun, Balindra belajar seni karawitan dengan kakak pertamanya yang bernama Gede Eka Sanjaya, Balindra anak ke-dua dari tiga bersaudara  keluarga bapak Nyoman Sunarta dan Ni Made Sujiani, Balindra memang betul-betul memperdalam seni karawitan terlihat dari ketekunan dan pendidikannya. Balindra memperdalam seni karawitan pada tahun 2002 di SMK N 3 Sukawati Gianyar dengan mengambil jurusan seni karawitan, dan melanjutkan di Institut seni Indonesia Denpasar pada tahun 2005 dengan jurusan yang sama yaitu seni karawitan, tidak hanya, setelah mendapatkan gelar S1 di ISI Denpasar.

Balindra  melanjutkan ke IKIP PEGRI pada tahun 2009 mencari jurusan Akta Empat untuk memplajari cara mengajar yang benar dalam skil menjadi guru, setelah menyelesaikan studi di IKIP PEGRI, Balindra melanjutkan ke Institut Seni Indonesia Surakarta untuk mencari gelar S2 Seni penciptaan musik pada tahun 2010, sudah banyak pengalaman-pengalaman yang sudah dilalui, Balindra berkomentar, masih kurang untuk memperdalam seni karawitan dikarenakan, jaman demi jaman musik tradisi karawitan berkembang begitu pesat, diusia yang masih muda, Balindra tidak akan pernah berhenti untuk mencapai kesuksesan didalam bidang seni karawitan atau seni musik yang ada dinusantara ini.

Seorang Balindra mempunyai rasa sosial yang begitu tinggi, dikarenakan seorang seniman seni karawitan harus memunyai sosial tinggi sebab seni karawitan tidak lepas dari kebersamaan dan kekompakan untuk menjalin suatu hubungan dibidang seni karawitan, dari seni karawitan itu kita bisa belajar untuk besosialisasi, tanpa kita sadari bersosialisai kepada masyarakat dan kepada sesama senimanan, tidak lepas juga belajar memanage sebuah oraganisasi, dan belajar pendewasaan diri untuk belajar mengetehaui karakter. Balindra mempunyai rasa sosial tinggi dilihat dari kinerja yang memang benar terbukti bagi masyarakat desa dan banjar di Desa Kedonganan.

Balindra  sudah banyak melahirkan seniman karawitan muda dan jasa yang beliau miliki patut dicontoh. Tidak  hanya melahirkan seniman karawitan muda tetapi Balindra juga memanage pemuda untuk mencitai seni budaya Bali. Di Desa Kedonganan Balindra di pilih untuk menjadi ketua pemuda desa, dikarenakan pengalaman yang sudah dimiliki cukup untuk diberikan dan berbagi pengalaman bersosialisi dengan masyarakat yang ada di Kedonganan.

Pengalaman berkesenian sudah dialami sejak duduk di bangku SMP, saat itu seorang Balindra diikutkan atau diajak untuk mengikuti perlombaan Gong Kebyar se-Kabupaten Badung, se Provinsi Bali, dan mewakili provinsi untuk mewakili Bali dan mengikuti uji kopetensi tingkat nusantara. Pengalaman  berkesenian dibidang seni karawitan terus menerus dijalani sampai beliau tamat dari Institut Seni Indonesia Denpasar, dan masih banyak lagi pengalaman yang diikuti seorang Balindra di bidang seni penciptaan musik.

 

Lampiran. Biodata

Nama                                      : Kadek Indra Wijaya., S.Sn., M.Sn

Tempat/Tanggal Lahir           :  Jimbaran/ 05-09-1987

Riwayat Pendidikan          

  • SD No. 9 Kadonganan, Kuta lulus, tahun 1999
  • SMP  Sunari Loka Kuta lulus, tahun 2002
  • SMK N 3 Sukawati Gianyar lulus, tahun 2005
  • Institut Seni Indonesia(ISI) Denpasar lulus, tahun 2009
  • IKIP PGRI BALI lulus, tahun 2010
  • Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, tahun 2010

Karya Seni                        

Musik

  1. Ceraken, 2004
  2. Dolanan Kabupaten Badung di Pesta Kesenian Bali (PKB), 2009
  3. Srsti, 2009
  4. Wayang Plastik Pesta Kesenian Bali (PKB), 2009
  5. Fangky Kids 2011-2012

Musik Tari

  1. Bedel Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, 2006
  2. Sendratari Kolosal Peringatan HUT LPD Kedonganan, 2006
  3. Manik Mas, 2008
  4. Segara, 20011
    1. Pande Mas, 2012

Even Kesenian           

  1. Megalitikum Quantum Di Bali dan Jakarta, 2005
  2. Festival Karawitan Se Indonesia, 2005
  3. Dream Of Naga Solo, 2011
  4. Konser Solo City Jazz, 2011
  5. Karya Anak Bangsa di Rumah-rempah Solo, 2011
  6. Konser Musik Yamaha Musik Se Indonesia, 2012
  7. Juri Band Di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, 2011
  8. Juri Boy Band dan Girl Band Di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, 2012

KOMENTAR TARI TELEK DUTA KABUPATEN GIANYAR

YouTube Preview Image

YouTube Preview Image

 

IDENTITAS VIDIO:

JUDUL : TARI TELEK DUTA KABUPATEN GIANYAR

EVENT : PKB 2005

PEMBINA : – KETUT CATER

PENABUH : SKEHE GONG KERAMAS,DLOD PEKEN KOMENTAR :

1. Pada menit ke 06.12,ada beberapa penari yang geraknya tidak kompak sehingga menyebabkan itu kurang bagus dilihat.

2. Lightingnya kurang,cahaya lampunya terlalu redup sehingga semua penari tidak jelas dilihat dari jarak kurang lebih kira-kira 5 meter. 3. Pada menit ke09.11 penari jauk pada tarian ini tidak kompak keduanya,ada yang angsel duluan dan ada yg belakangan juga.

4. Pada penari penampratnya,kancutnya terlalu panjang sehingga penarinya tidak nyaman menari,dan itu bisa merugikan penari itu

sendiri.

5. Endingnya kurang jelas,ada yang masuk duluan dan ada yg belakangan.