Sejarah gamelan Gong Kebyar Sanggar Dwi Bhuana Sari Lodtunduh Ubud

This post was written by adisaputra on Desember 12, 2013
Posted Under: Tulisan

 

SEJARAH GAMBELAN

GONG BESI BERCAMPURKAN KUNINGN

BANJAR ABIANSEMAL DESA ADAT LODTUNDUH,UBUD,GIANYAR

PEMILIK SANGGAR : I KETUT DANA

Foto008

Awal mula gambelan itu, berawal dri seseorang yg memiliki gambelan gangse yg bilahnya terbuat dari besi di daerah BANGLI yg bernama I NYOMAN RUGIG. Dan si pemilik sanggar tersebut/bapak ketut tersbut, ingin beli/mempunyai gambelan itu, maka PAK NYOMAN menyuruh pak ketut  membeli gambelan besi di BANGLI.

Tujuan pak ketut ingin memperliatkan bahwa bukan hnya gambelan yang terbuat dari  perunggu yg bisa bersuara/ mempunyai getaran, besi pun juga bisa.

Dan pada hakhirnya pak ketut membeli gambelan besi di BANGLI . pemilik sanggar tersbut bernama I NYOMAN DANA , dari BANGLI yang pekerjaanya menjadi pande gong yg terbuat dari besi  sampai saat ini pun bapak nyoman dana itu tetep menekuni gambelan besi itu.

Dan disanalah Bapak ketut membeli gambelan besi  pada tahun 2006 yaitu:                      2 kendang cedugan                                                                                                                     1 pasang kendang legong                                                                                                   1 pasang gong lanang dan wadon                                                                                                1 kempur dan 1 bende                                                                                                                    4 gangse  yang bilahnya belum tercampur                                                                       dengan kuningan  ,beserta 2 jegog2 jublag dan1 kajar, 1 kempli

Pada saat itu bapak ketut tidak membeli barungan gembelan (tidak lengkap) karna terutama, adalah biaya gong besi cukup terbilang mahal pada saat itu dan gambelan itu di beli,  pada hari raya kuningan di bangli ,dan trus di pentaskan pada tahun 2006 di PURA DALEM PURI desa adat LODTUNDUH pada saat itu pak ketut merasa masih ada yg kurang dengan gambelan itu pak ketut pun menukar 2 gong lanang wadon itu beserta  1 kempurnya itu kembali ke bangli, agar di buatkan lagi yang baru yank larasnya aga tinggi, agar suara yg di hasilkan bisa lebih keras dan bia di dengar jarak jauh.

Setelah sampai di pande gong besi di bangli, di buatkanlah gong lanang beserta wadon dan kempur itu oleh bapak nyoman pada tanggal 9 bulan 2  pda tahun 2006 dan tanggal 6 bulan 3 tahun 2006 gong tersebut telah selsai, pak ketut pun mencari gong itu. Pas saat di perjalan pulang 2 gong tersbut tertimpa gempa di perjalan, bapak ketut pun berfkir itu adalah tanda bahwa nanti gong tersebut mempunyai getaran yang keras dan setelah di coba ke 2 gong tersebut hanya 1 gong yang memang mempunyai karakter yang sangat aneh  (suara gong yang wadon itu mengluarkan suara menguing di sebelah kirinya).

Pada saat itulah pak tetut mulai merasa ke anehan di dalem gambelan tersebut dan  melihat ke anehan yang sangat nyata.

.

Dari sanalah pak dana mulai mencari pedeta untuk melapas barungan gambelan tersebut pas tahun 2007 di desa lodtunduh. Dan bercirita mengenai ke anehan tersebut bersama JERO MANGKU GANDRA dari desa PELIATAN,UBUD.

Beliau bilang bahwa keanehan dalam 1 barungan gambelan pasti ada apa lagi 1 atau 2gong, sebab gong sebenarnya paling gampang di masuki oleh roh2/arwah2 yg tergolong suci dan pada saat itulah pak ketut mulai mensucikan ke 1gong wadon tersbut dan di sungsung se kluarga dan grup sanggar tersebut

Pada setiap pentas salah 1 anggota sanggar pasti mengalami kerasukan itu selalu meminta agar gong yang wadon hrus di simpen ( di taruh karna gong itu tdak di pergunakan untuk pentas melaikan hanya di sungsung) karna penghuni gong itu ingin agar gong tersebut di sungsung

Pada tanggal 13 agustus tahun 2008 bapak ketut dana kembali membeli  1gong wadon baru untuk di pergunakan pada saat pentas- pentas dan kembali membersihkan 1gong wadon itu( DIPELAPAS )  pada tgl 16 agustus 2008 kembali mengulang untuk pentas2 di berbagai daerah.

 

Tahun 2010 sanggar itu sukses dan meraih berbagai penghargaan di Jakarta dan jogja karta dan mendapat sumbangan 1 set reong bali yang terbuat dari perunggu  dan semua peralatan besi seperti gangsa, jublag dan jegogan di campur dengan kuningan agar menimbulankan suara yang tidak terlalu keras dan mempunyai getaran/ reng.

PADA TAHUN 2010 bapak ketut menjual reong besinya dan menukar kanya dengan  membeli  2 kantil dan 1 ugal besi yang di campur dengan kuningan beserta 8 tawa2, 1 kecek perunggu di bangli dan terbilang suara gambelan pada saat itu sudah tergolong lumayan.

Pentas di desa2 telah menambah properti2 atau peralatan di snggar , seperti gong pulu dan salunding.

Pada tagal 2011 gong yg di suci kan dan di susung tersebut lagi di pentaskan di SMA diubud yaitu pentas KOLABORASI, dan pada saat itu  gong itu berbunyi sendiri pada saat gladi d SMA ubud.

Bapak ketut bener2 percaya pada saat itu, bahwa gong itu ada penghuninya dan benar-benar menyimpan gong itu dan tidak menggunakan atau mementaskan 1 gong wadon itu.

Sampai hingga kini gong tersebut masih di sungsung di SANGGAR DWI BHUANA SARI ,lodtunduh ubud

Barungan gambelan,Setelah menerima berbaga penghargaan pak ketut pun langsung membeli :

4  GANGSA

2 KANTIL

2 JEGOGAN

2 JUBLAG

1 KENDANG LANANG

1 KENDANG WADON

1 KENDANG LEGONG LANANG

1 KENDANG LEGONG WADON

1 KENDANG CETUTAN

1 UGAL

1  GONG LANANG

GONG WADON

1 KEMPUR

3 BENDE

8 TAWE2

1 KAJAR

2        KEMPLI

1 SET SULING

1 SET RIONG, 1 KECEK DAN 8 CAKEP CENCENG KOPYAK

dari tahun 2010 sampai kini barungan tersebut masih di pakai dan di sungsung bersama se anggota dan skluarga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER:

Hasil wawancara di ubud, pada tanggal 10-oktober-2013 bersama;

NAMA; I KETUT DANA

ALAMAT; BR.ABIANSEMAL.LODTUNDUH.

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 19th, 2022 @ 4:14 am
Next Post: