This post was written by adisaputra on Desember 12, 2013
Posted Under: Tak Berkategori

KETUT RIBUT SENIMAN KENDANG

“ ARJA”

Seniman tukang kendang arja pada tahun 1927 di seputaran ubud pada tahun itu, beliau sanggat ahli dalam memainkan kendang arja dan sangat reflek pada saat penari arja tersebut bergerak,sedkit pun tak ada lepas, angsel demi angsel dia buat sendiri agar lebih mempunyai ciri has tersendiri.

Seniman kendang arja tersebut tiada lain: I NYOMAN RIBUT  berasal dari desa adat lodtunduh ubud.                                             Beliau lahir pada tahun 1902 di lodtunduh beliau anak ke 3 dari pasangan MADE   GEJER  dengan NI WAYAN TIIS dan di karuniai 5 anak pada saat itu dan pekerjaanya hanya petani.

Beliau I NYOMAN RIBUT tersebut dari kecilnya hidup pas-pasan(seadanya)  apa pun di bawa pulang oleh ayah / ibunya paling hanya membawa hasil tani yang tidak seberapa di makan oleh 7 orang tersebut.Hari demi hari setelah I nyoman rebut berumur 7 tahun, nyoman rebut pun ikut bertani sampai berumur 10/11 tahun.

Pada saat itu nyoman rebut menonton arja di badung  sekeluarga menonton arja di daerah badung berjalan kaki pada saat itu, dan disanalah nyoman ribut tertarik melihat dan mendengar suara gambelan arja, krna dari beliau lahir belum pernah mendengar dan menonton pertuinjukan sperti itu, ke esokan harinya beliau mencari tokoh- tokoh arja tersebut dan ingin belajar menari arja.               Dan setelah cukup lama belajar, beliau dapat pentas di karangasem menari tumengang tumengung , pada saat itu beliau berumur 12 tahun.

Sehabis nari beliau ingin belajar menabuh arja, dan lagilah beliau belajar menabuh arja. Krna mungkin beliau di percaya akan bisa, krna keseriusan belajar yang di milikinya ,beliu pun di taruh dalam instrument gambelan arje itu, di kendang.                                 Setelah belajar dan belajar hakhirnya beliau bisa menguasai gambelan arja pada saat itu ,umur beliau pun berlanjak dewasa dan pada saat itu beliau sudah berumur 16 tahun,. Pada saat itulah nama beliau mulai muncul di kalangan masyarakat di ubud.

Pada tahun 1922 beliau mengundang para penonton dan para seniman-seniman di sputaran wilayah ubud untuk menonton pementasan yang di- adakan depan pura puseh desa lodtunduh, agar namanya benar-benar muncul dan tenar di kalangan masyarakat luas.

Di tahun 1925 beliau mengalami sakit berbulan – bulan dan beliau pun tidak bisa pentas selama itu, beliau sudah berobat kemana- mana namun hasil tetep belum bisa sembuh juga.

Pada saat itu beliau di ajak oleh ayahnya yaitu bapak MADE GEJER ke rumah orang sakti, yang berada di gianyar . setelah sampai disana orang sakti itu ngomong” hakhirnya dating juga pewaris kesaktian saya, I NYOMAN RIBUT pun berfkiri, dan memikirkan omongan orang sakti tersebut dan merasa bertanya-tanya. Dalam hari nyoman rebut” beliau pun berfkir, siapankah yang di maksud orang sakti itu dan tampa di sadari orang sakt itu pun menjawab, apa yg di pikirkan oleh nyoman rebut.

Nyoman rebut pun panik dan terus menanya-nanya kan omongan itu ke pada orang sakti itu, orang sakti itu pun berbicara’ tenang saja nanti kamu pasti tau apa yang akan terjadi.

Pada tahun 1931 beliau sudah sembuh dan memulai lagi aktifitasnya,membangunkan nama dari sekian lama telah menghilang, beliau pun melanjutkan aktifitasnya yaitu: megambel arja, karna sekian lama waktu telah berjalan dan waktu itu gambelan sanggat murah di bandingkan sekarang, beliau pun menyuruh gerupnya atau anggotanya meluarkan uang 100 ribu dan membeli barungan gambelan arja yaitu:

2 soling

2 kendang

1 tawe-tawe

1 gong pulu

1 kecek

1 krentengan

1 kajar bamboo

1 klenang

Ini lah struktur gambelan pengarjan pada saat itu di seputaran ubud, dan grup tersebut sudah mulai bangkit dari keadaan yang sebelumnya.

Hamper setiap minggunya grup tersebut pentas di luar desa lodtunduh itu dan penarinya berjumblah 12 0rang dan anggotanya pun mencapai 25 orang pada saat itu.

Waktu demi waktu berjalan umur I nyoman rebut sudah menginjak 30 beliau menikah dengan NI KADEK TEKUNG dari peliatan pekerjaan kadek itu tiada lain adalah penari arja juga pada jaman itu beliau di karuniai 3 anak yang seharusnya 7 anak, namun apa boleh buat kalo itu memang nasibnya I NYOMAN RIBUT. Dan di  angkat menjadi kelian adat di banjarnya, yaitu banjar ABIANSEMAL DESA ADAT LODTUNDUH, UBUD Walau pun seperti itu, belaiau tetep menyempatkan diri untuk pentas –pentas bersama grupnya , beliau benjabat sebagi kelian selama 10 tahun .

Pada saat itu umur beliau 1947 dan sudah tergolong tua. Pada saat itu juga beliau ngayah di pura panti di karang asem dan menemukan 19 soca/ mirah yg warnanya berbeda- beda, jika beliau memegang yang merah maka tubuh beliau terasa kuat, jika memegang yang putih beliau merasakan sanggat suci dan bersih.

Di situlah beliau inget dengan omongan orang sakti yang dari gianyar itu dan membawa semua mirah tersebut pulang.       Setelah sampai di rumah  beliau pun menceritakan ke anehan soca / mirah itu bersama kluarganya lagi 11 harinya ayah beliau wafat karna umur yg sudah tidak memungkinkan untuk hidup dan beliau trus ibunya sakit-sakitan, pada saat itulah I nyoman rebut mencoba untuk mengobati ibunya, dan hasilnya ibu I nyoman rebut tersebut sembuh, dan bisa kembali bertani.

Dari sanalah I nyoman rebut mulai menjadi orang sakti dan mengobat- ngobati setiap orang skit yang dating kerumahnya, dari sana juga berakhir karirnya menjadi seniman gambelan arja dan memulai menjadi orang sakti.

Pada tahun1987 beliau meninggalkan istri dan anaknya tersebut karna pada saat itu beliau telah meninggalkan dunia ini (wafat) dan ilmunya itu tidak ada yang mewarisi sampai detik dan hari ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER:

HASIL WAWANCARA.

NAMA           : I MADE SUKRA

ALAMAT: BR.BITRE KAJA DESA BITRA, GIANYAR

WAKTU  : 16-10-2013

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments are closed.