Biografi Seniman I Nyoman Pugra

This post was written by adipartha on Oktober 25, 2012
Posted Under: Tulisan

I NYOMAN PUGRA

Penari topeng Bali

dari Br.Tegal Kuwalon, desa adat Sumerta-Denpasar

                                    

                          

Lahir              : tahun 1915

Alamat          : Jln.Kenyeri

Pendidikan  : tidak mengenal pendidikan ( seniman alam )

Karya             : pencipta tari topeng kenyum manis ( monyer )

      I Nyoman Pugra merupakan seorang seniman petani buta huruf asal Banjar Tegal Kuwalon, Desa adat Sumerta, Denpasar. Bapak I Nyoman Pugra yang lahir pada tahun 1915, merupakan seniman alam yang mengenyam pendidikan secara otodidak, artinya tidak sekolah tetapi beliau berguru kemana-mana. Beliau mempunyai 1 orang anak yang bernama Ni Wayan Murdi. Sepanjang hidupnya I Nyoman Pugra mengabdikan dirinya untuk kesenian. Berkecimpungnya I Nyoman Pugra ke dunia seni, membuatnya melahirkan tari topeng. Beliau yang pertama kali menciptakan Tari Topeng Kenyum Manis yang diiringi dengan Tabuh Telu. Terciptanya topeng tersebut bermula dari seseorang dari Banjar Bun yang sering membeli kelapa di rumah Bapak I Nyoman Pugra. Setiap orang tersebut kerumah beliau selalu dengan senyuman manisnya, tidak pernah sekalipun orang itu berprilaku selain dari itu tadi. Maka dari sanalah muncul ide dari Bapak I Nyoman Pugra menciptakan suatu tarian topeng, yaitu “ Topeng Kenyum Manis ”. Dengan kepiawaian beliau menarikan topeng tersebut membuat topeng tersebut terkenal pada era itu. Sehingga orang-orang dulu mengenal beliau dengan sebutan Topeng Pugra.

Topeng pugra merupakan drama tari topeng dengan drama bintang utamanya Bapak pugra, adalah sebuah drama tari prembon yang memadukan unsur patopengan dan pengarjaan. Perpaduan ini merupakan konsep kreatifitas seni dikalangan budaya bali yang sesuai dengan system kehidupan sosial masyarakat bali dengan sifat kerakyatan kesenian itu sendiri serta proses penciptaannya yang kreatif dan spontanitas. Topeng pugra ini mempunyai keaksaan dalam bentuknya yang hanya yang hanya ditarikan oleh 3 orang penari, yaitu I Nyoman Pugra, A. A. Aji Blang, Ni Wayan Murdi, dan I Nyoman Pugra. Topeng tersebut sering menjelaskan asal usul nama tempat di mana ia mengadakan pementasan. Selain menekuni bidang seni, beliau dulunya sangat suka bergaul dan membentuk sebuah seke bersama teman-temannya, seke ini bukanlah seke gambelan melainkan seke manyi, oleh karena beliau suka berkumpul-kumpul, tidak heran jika membuat beliau banyak mempunyai seke, khususnya di desa sumerta kaja, dari ujung utara sampai ujung selatan beliau ikut serta dalam beberapa seke yang ada di desa sumerta kaja. Keterlibatan beliau dengan seke-sekenya sampai membuat beliau tidak pernah tidur dirumahnya sendiri. Selain itu, berbekal kemampuan yang beliau miliki, beliau sampai pernah ke Prancis yang merupakan pusat kebudayaan di Eropa. Disana beliau mementaskan Topeng Pugra tersebut. Topeng tersebut mempunyai daya tarik yang kuat, walaupun orang Prancis tersebut tidak mengerti bahasa bali. Tetapi kontak batin yang membuatnya mengerti.

Pada umur ke-56 dari tahun-tahun usianya, perlahan-lahan tenaga beliau mulai melemah . Hingga akhirnya pada tahun 1975 beliau meninggal di atas panggung saat tampil menari di Sasonomulyo, Solo. Saat itu masyarakat Tegal Kuwalon betul-betul merasakan kehilangan sosok orang yang paling berjasa. Sejak kepergian beliau, masyarakat menyucikan gelungan arja milik Bapak Nyoman Pugra dan disimpan di banjar. Semenjak itu pula anak beliau yang bernama Ni Wayan Murdi yang melestarikan tari arja di Banjar Tegal Kuwalon hingga sekarang.

Kontribusi yang pernah dilakukan Bapak I Nyoman Pugra untuk banjar adalah sebagai pelopor/motivator pembuatan Gamelan Gong Kebyar di Banjar Tegal Kuwalon dan sebagai pencetus tari arja dan topeng di Banjar Tegal Kuwalon. Sehingga arja dan topeng beliau sangat terkenal dan disukai banyak kalangan pada era itu.

Alasan saya memilih Bapak I Nyoman Pugra sebagai seniman yang saya ingin ketahui perjalanan hidupnya ( biografinya ) karena saya sangat kagum dengan pemikiran dan pengorbanan beliau yang begitu besar membuat nama banjar begitu di kenal pada jaman itu.

 

 

 

 

Narasumber : Drs. I Wayan Butuantara, M.Si

 

 

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 19th, 2022 @ 4:25 am
  2. Google  on Maret 9th, 2023 @ 4:11 pm