Karya Tulis Ujian Seh Rupa KOKAR Secara Singkat

Maret 31st, 2018

YouTube Preview Image

Latar Belakang

Di era globalisasi yang penuh dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), sangatlah mendukung bila ada suatu lembaga – lembaga yang akan mempertahankan budaya nenek moyang kita yaitu budaya tradisional kita sendiri khususnya di  pulau Bali ini. Dimana Bali merupakan pulau yang sangat terkenal dengan berbagai keanekaragaman budayanya sendiri yang terdiri dari seni tari, seni karawitan,seni pedalangan dan seni musik.

Adapun latar belakang garapan ini adalah keinginan kami untuk mewujudkan garapan tari kreasi baru ”Bebancihan” yang mengambil tema ”heroik” yang berjudul ”SEH RUPA”, dimana garapan ini mengangkat cerita kisah Mahabratha pada bagian dimana perjalanan panca panda di tengah hutan.

Lembaga pendidikan yang dikenal dengan nama SMKN 3 Sukawati memilik 4 program  kompetensi keahlian  diantaranya yaitu  :

1.Kompetensi keahlian  Seni Tari

2.Kompetensi keahlian Seni Karawaitan

3.Kompetensi keahlian Seni  Pedalangan

4.Kompetensi keahlian Seni Musik Diatonis

Adapun tambahan Kompetensi Keahlian yang dibuka pada tahun ajaran 2012 ini yaitu :

1. Kompetensi  Keahlian Akomodasi Perhotelan

2.Kompetensi Keahlian Kecantikan

3.Kompetensi Keahlian Tata Boga

Keempat Kompetensi Keaahlian tersebut khususnya Seni Tari memiliki visi dan misi tersendiri yang sangat bagus untuk kedepannya, yaitu  untuk mengembangkan, mempertahankan   dan melestarikan kebudayaan  kesenian di Bali.

TUJUAN

            Dalam penggarapan sebuah seni tari tentu di dalamnya memiliki tujuan yang pasti. Dimana tujuan perumusan yang jelas akan memberikan pedoman terhadap langkah – langkah yang ditempuh selama proses penyusunan  karya tulis laporan yang sesuai dengan  karya seni tari tersebut.  Adapun tujuan dari penggarapan tari kreasi “SEH RUPA“ ini dapat di gambarkan sebagai berikut :

1.Dapat menghasilkan sebuah gagasan atau karya tulis tentang garapan seni tari kreasi baru yang mengangkat tema heroic.

2.Untuk mengukur seberapa besar kemampuan para siswa selama mengiuti kegiatan belajar mengajar disekolah, dimana mencoba  membuat sebuah design – design baru yang nantinya diharapkan bisa miliki nilai artistic yang tinggi.

3.Mencoba menuangkan ide-ide baru kami ke dalam garapan  yang kami kemas yang sesuai dengan ide dan kemampuan kami.

Bentuk Garapan

Adapun bentuk garapan tari kreasi  baru “SEH RUPA” yaitu kreasi bebancihan, yang ditarikan oleh 3orang penariputri dan 3 orang penari putra. Garapan ini merupakan garapan tradisi kreasi bebancihan yang didalamnya menggunakan gerakan-gerakan yang masih kental dengan gerakan tradisi yang dibalut dengan gerakan yang dikreasikan ,diinovasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan.  Garapan tari ini  tidak terlepas dari pakem-pakem gerak tari tradisi Bali tanpa menghilangkan bentuk-bentuk estetika  tari tradisi dari Flasback, Pepeson,Pengawak, Pengecet, Pesiat, dan Pekaad.

 Struktur Garapan

Garapan tari “SEH RUPA” ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu :

Flashback

Menggambarkan kehidupan raksasa yang bernama hidimba dan hidimbi di dalam hutan

Pepeson 1

Menggambarkan karakter Bima yang gagah dan karakter hidimbi keras dan lembut

Pengawak

Pertemuan Hidimbi dan Bima yang membuat Bima jatuh cinta karena kecantikan Hidimbi

Pengecet

Menggambarkan raksasa Hidimba dan raksasi Hidimbi

Pesiat

Pertempuran antara Bima dan Hidimba, kemudian terbunuhlah Hidimba

Pekaad

Pernikahan Bima dan Hidimbi yang di berkati oleh Ibu kuntik

 

 

Tags:

Leave a Reply