OGOH-OGOH

This post was written by yogamayura on April 25, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Pengertian Ogoh-Ogoh Dan Fungsinya. Ogoh-ogoh itu sendiri diambil dari sebutan ogah – ogah dari bahasa Bali yang artinya sesuatu yang digoyang-goyangkan.
Ogoh-ogoh adalah karya seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Dalam ajaran Hindu Dharma, Bhuta Kala merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan. Dalam perwujudan patung yang dimaksud, Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok yang besar dan menakutkan; biasanya dalam wujud Rakshasa. Selain wujud Rakshasa, Ogoh-ogoh sering pula digambarkan dalam wujud makhluk-makhluk yang hidup di Mayapada, Syurga dan Naraka, seperti: naga, gajah,, Widyadari, bahkan Dalam perkembangannya, ada yang dibuat menyerupai orang-orang terkenal, seperti para pemimpin dunia, artis atau tokoh agama bahkan penjahat.

dalam hal ini kami dari sekaa ogoh-ogoh sekar jepun membuat ogoh-ogoh “Pralayaning dalem balingkang” yang menceritakan raja Jaya pangus dan dewi khan cing wei dikutuk oleh dewi danu karena raja jaya pangun di ketahui berbohong oleh dewi danu. raja berkata bahwa beliau tidak memiliki istri kepada dewi danu, nyatanya istri dari raja adalah khan cing wei. Mengetahui hal yang sebenarnya Dewi Danu marah dan mengutuk sepasang kekasih itu menjadi barong landung. yang di jadikan sungsungan oleh masyarakat setempat dan masih eksis hingga kini.

Comments are closed.