JENIS JENIS TARI BARIS UPACARA

This post was written by widarakusuma on Maret 26, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

#. Jenis jenis Baris Upacara

1. Baris ketekok jago
Tari ini dijumpai di daerah badung dan buleleng. Senjata yang di pakai tumbak poleng (hitam, putih), ditarikan oleh 21 penari di iringi gambelan gong gede.

2. Baris Dadap
Baris ini di jumpai di daerah bangli, singaraja dan tabanan, berfungsi sebagai upacara piodalan sedngkan di tabanan sebagi upacara ngaben, di tarikan oleh penari pria sebanyak 24 orang, yang di iringi dengan gambelan tembang kirang yang belaras slendro 4 nada, sejenis gmbelan angklung.

3. Baris presi
Baris ini terdapat di daerah bangli dan singaraja, penarinya membawa senjata bernama presi, berfungsi sebagai upacara dewa yadnya, di tarikan oleh 8 orang pria dan di iringi gambelan gong.

4. Baris gede
tarian ini terdapat di daerah sanur ( badung ), membawa senjata tombak dan bergungsi sebagai upacara dewa yadnya, di tarikan oleh 16 orang pria, di iringi dengan gambelan Gong gede.

5. Baris omang
Omang adalah sebuah senjata yang di pergunakan untuk baris omang, di tarikan oleh 8 orang, berfungsi sebagai dewa yadnya, di iringi oleh gmbelan gong gede.

6. Baris bajra
Bajra adalah senjata berbentuk gada yang di pakai untuk baris bajra. hanya di jumpai di buleleng, berfungsi sebagai sarana odalan,dan di iringi gong gede.

7. Baria jojor
Jojor adalah senjata sejenis tombak di pakai penari baris jojor, terdapat di daerah buleleng, bangli, dan karangasem, di tarikan oleh 8 orang penari, berfungsi sebagai sarana upcara dewa yadnya dan di iringi gambelan gong gede.

8. Baria pendet
Di jumapai hampir seluruh bali, penari baris pendet membawa canang sari, ditarikan oleh sepasang penari pria, di iringi dengan gambelan tatkala upacara dewa yadnya.

9. Baria tamiang
Baria ini terdapat di daerah bangli dan singaraja, penarinya membawa tamiang yang merupakan variasi dari baris presi, penarinya berjumlah 8 , sebagai sarana dewa yadnya.

10. Baris tombak
Baris ini memakai senjata tombak, yang panjangnya kurang lebih 3 meter, di tarikan oleh 12 orang penari, sampai 40 penari berpasangn, di iringi dengan gambelan gong gede.

11. Baris poleng
Baris ini memkai senjata tombak hitam putih, yang tetdapat di daerah gianyar dan badung, berfungsi sebagai sarana dewa yadnya, ditarikan oleh 12 orang penari yang si iringi dengan gambelan gong.

12. Baris panah
Baris ini mempergunakan senjata panah, terdapat daerah kintamani, sebagai sarana upacara dewa yadnya, di tarikan oleh 16 orang penari dan diiringi gambelan gong gede.

13. Baris goak
Goak adalah burung gagak, pakain baris goak menyerupai burung gagak termasuk senjata yang dipakaianya berwarna hitam, di tarikan oleh 20-64 penari dan terdapat di pulasari (bangli)

14. Baris Cina
Baris cina ini tampak adanya kebudayaan cin yang di duga merupakan akulmutasi kebudayaan yang di sebabkan oleh adanya orang orang cina di bali. Di iringi memakai gong beri yang di dalamnya termasuk 4 jenis gambelan gong cina, ditarikan oleh 18 penari, 9 orang berpakaian baris putih dan 9 orang berpakain baris hitam, yang membawa senjata pedang yang gerakannya seperti pencak silat.

Comments are closed.

Previose Post: