Gambelan Selonding Sekar Gadung

This post was written by putramahardika on April 29, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Gamelan selonding merupakan gamelan sakral yang terbuat dari besi yang hanya terdapat didaerah Karangasem yaitu di desa Tenganan Pegringsingan dan di desa Bungaya. Diduga juga ada Gamelan Slonding yang di buat dari kayu namun sampai saat ini instrument tersebut belum dijumpai. Nama lengkap dari Slonding Besi di Tenganan, pegringsingan ialah Bhatara Bagus Slonding yang berarti Selonding adalah leluhur yang Maha Kuasa .

Kata Slonding diduga berasal dari kata Salon dan Ning yang berarti tempat suci. Dilihat dari fungsinya bahwa Slonding adalah sebuah gamelan yang dikramatkan atau disucikan. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa Slonding berasal dari kata Saron dan Ding yang berarti bilah – bilah gamelan dengan nada terendah yaitu nada Ding . Pendapat terakhir masih belum bisa diterima oleh masyarakat Tenganan dan  Pegringsingan, namun kenyataanya Gamelan itu terdiri dari bilah – bilah besi yang panjang dan besar , dibandingkan dengan gamelan lainya yang ada di Bali yang dimulai dengan nada Ding .

Mengenai sejarah Gamelan Selonding ini belum diketahui orang. Ada sebuah Mythology  ( Mitos ) menyebutkan bahwa pada zaman dulu orang – orang tenganan mendengar suara gemuruh dari angkasa dan suara datangnya bergelombang . Pada gelombang pertama suara itu turun di Bongaya ( sebelah timur laut Tenganan ) dan pada gelombang kedua suara itu turun di Tenganan Pegringsingan . Setelah suara itu turun ke Bumi , ternyata ditemukan Gamelan Selonding yang berjumlah 3 ( tiga ) bilah . Bilah – bilah itu diturunkan lagi dan kini Gamelan Selonding Tenganan terdiri dari 8 tungguh yang berisi 40 bilah , 6 tungguh masing – masing  berisikan 4 bilah , dan yang 2 tungguh  berisikan 8 bilah.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address