SILIH ASIH

This post was written by pungkysantika on Mei 25, 2021
Posted Under: Tak Berkategori


Silih asih yang berarti saling menebar cinta kasih atau rasa saling menyayangi. Silih asih merupakan salah satu bentuk interaksi manusia dengan Tuhan demi mendapat cinta kasih-Nya dengan cara menyayangi dan menebar cinta terhadap sesamanya. Karena dalam budaya silih asih tertancap kuat prinsip keTuhanan dan kemanusiaan. Yang nantinya akan membentuk mental masyarakat yang menjungjung tinggi nilai-nilai persamaan. Masyarakat silih asih dalam prakteknya akan saling menghormati satu sama lain serta akan menjungjung tinggi nilai persamaan dengan tidak menganggap adanya kelas sosial, semua manusia sama tidak ada yang dipandang sempurna dan tidak ada manusia yang seluruhnya cela. Dari semngat silih asih inilah maka akan melahirkan kehidupan.

• Bentuk garapan

Bentuk garapan “silih asih” ini dibuat seperti tabuh lelambatan yang seperti biasanya, yang umumnya memakai tabuh telu, agar garapan ini bisa digunakan sebagai materi untuk ngayah ataupun untuk festival. Pada bibagian pengawit akan diawali dengan jegogan, di lanjutkan dengan gegineman terompong, dan akan dilanjutkan dengan sedikit kotekan riyong yang sebagai pengantar menuju pengawak. Bagaian pengawak ini saya akan membuat empat baris saja namun bisa diulang beberapa kali. Akan dilanjutkan dengan jagul pendek kendang untuk menuju ke pengecet. Dibagian pengecet ini saya membuatnya hampir sama dengan pengawak, bagian melodinya sama, namun pemadenya saja memakai tehnik yg berbeda dan temponya yang lebih cepat. Dan untuk penyuudnya akan di awali dengan angsel kendang dan temponya menurun dan selesai.

• Konsep garapan

Pembentukan sebuah karya sudah barang tentu didasari dengan konsep sebagai rancangan sebuah karya. Damlam komposisi karawitan ini merupakan sebuah karya tabuh telu yang secara umum konsep musikalnya mengacu pada kosep garap tradisi, sepertihalnya damlam konsep tri angga seperti ada kawitan,pengawak dan pengecet. Dalam garapan tabuh lelambatan SILIH ASIH ini memakai media ungkap gambelan gong kebyar dengan menggunakan tehnik yang gampang

Link https://youtu.be/tNE1Tymh-ho

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post:
Previose Post: