SEJARAH SIAT GENI DESA ADAT TUBAN

This post was written by kadekjuniantara on April 10, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

SIAT GENI 

Siat Geni merupakan salah satu bentuk ritual religius magis. Kegiatan tersebut terselenggara secara kontinyu pada setiap pujawali Puranamaning Kapat, bertempat di Pura Dalem Kahyangan desa adat Tuban. Adapun permasalahan dalam tulisan yakni melihat Bagaimana bentuk Siat, Sarana dan Prasarana apa saja yang diperlukan dalam Siat Geni serta Apa fungsi dan makna dari Siat Geni tersebut. Sedangkan tujuan dalam penulisan ini adalah mengkaji dan menganalisis serta mendokumentasikan.

Dalam pembahasan dijelaskan bahwa Siat Geni merupakan rangkaian prosesi keagaamaan dalam pujawali di Pura Dalem Kahyangan desa adat Tuban. Ritual Siat Geni dilakukan sebagai pelengkap dari sistem ritual yang menjadi syarat dalam pujawali. Siat Geni dimaknai sebagai sebuah symbol permainan yang dalam dunia niskala atau di luar logika manusia adalah para Buta kala melepaskan kekuatannya yang berupa Api Ludra untuk dipersembahkan sebagai rasa bakti kepada Bhatara Dalem. Dengan pelepasan Api Ludra tersebut, diyakini segala yang berbau negatif terlebur dan dinetralisir, sehingga keseimbangan buana alit dan buana agung dapat harmonis. Siat geni dapat diikuti dan dilaksanakan oleh semua masyarakat desa adat tuban.

      KESIMPULAN

  • Siat Geni merupakan salah satu bentuk ritual religious magis. Yang diselenggarakan secara bersekala setiap pujawali purnamaning kapat. Ritual Siat Geni dilakukan sebagai pelengkap dari system ritual yang menjadi syarat pujawali. Siat Geni dimaknai sebagai symbol permainan yang di dalam dunia niskala atau diluar logika manusia adalah para bhuta kala melepaskan kekuatannya yang berupa Api Ludra untuk dipersembahkan sebagai rasa bhakti kepada Bhatara Dalem

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post:
Previose Post: