Konsep Otomatis

Tips Mudah Menghafalkan Al Quran

Tips Mudah Menghafalkan Al Quran

Keistimewaan dunia adalah menjadi penghafal alquran dan menghafal alquran adalah ibadah yang paling disukai oleh Allah. Menghafal dapat membawa kebaikan, berkah, dan belas kasihan kepada mereka. Sementara keistimewaan akhirat meliputi; Quran akan menjadi pembantu di akhirat, dan akan  memberikan kepada kedua orang tuanya kemuliaan. Salah satu sarana untuk bisa menghafalkan alquran adalah dengan rajin mendengar MP3 al quran 30 juz.

Selain rajin mendengar murattal, apa sajakah tips lainnya yang bisa dilakukan untuk bisa menghafalkan alquran atau mengajarkan anak menghafal alquran sejak dini. Apa sajakah tipsnya?

Tips Mudah Menghafalkan Alquran

  1. Mengenalkan Al-Qur’an kepada Anak Sedini Mungkin

Ada banyak cara mudah untuk memperkenalkan anak-anak kepada Al-Quran sejak usia dini, termasuk mendengarkan pembacaan Al-Quran ketika anak dalam kandungan, dengan orangtua yang rajin membaca Al-Quran selama periode kehamilan, atau memutar MP3 alquran 30 juz melalui berbagai media seperti ponsel, laptop, atau media lainnya.

Hafiz As-Suyuti mengatakan bahwa mengajar Al-Quran kepada anak-anak adalah salah satu fondasi Islam, sehingga mereka dapat tumbuh dengan fitrah, dan bisa meresap cahaya hikmah lebih cepat di dalam hati mereka sebelum didahului oleh nafsu dan kegelapan dalam bentuk kemaksiatan dan kesesatan.

Dengan mulai memberikan pelajaran bagi anak-anak saat mereka masih dalam kandungan dan kemudian saat bayi lahir, diharapkan semangat Al-Qur’an atau semangat yang telah melekat pada anak, sehingga kecintaan anak terhadap Al-Qur’an akan berkembang sampai anak menjadi dewasa.

  • Mendekatkan Anak dengan Al-Qur’an dengan Berbagai Cara

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanamkan kecintaan anak-anak terhadap Al-Qur’an sejak usia dini. Selain mendengarkan anak-anak bacaan tilawah, ada baiknya juga jika anak sering diajak berdiskusi tentang Al-Qur’an.

Apa saja tentang keutamaan orang-orang yang membaca dan menghafal Al-Qur’an, tentang para penghafal Al-Qur’an yang diceritakan atau didiskusikan sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.

Kita bisa mencoba untuk mengajak “brainstorming” tentang Al-Qur’an. Dengan cara ini, anak-anak akan tumbuh dengan mencintai Al-Qur’an, dan sampai nanti akan memahami dan merasakan manfaat yang baik serta kualitas Al-Qur’an itu sendiri.

Kegiatan ini sangat penting bagi orang-orang yang menghafal Al-Qur’an sehingga mereka dapat termotivasi dan dapat serius menghafal Al-Qur’an. Diskusi seputar tentang Al-Qur’an kepada anak juga dapat membuat anak merefleksikan suatu dorongan yang segar, mengembalikan vitalitas kepada banyak orang serta mendorong semangat dan aktivitas anak dari waktu ke waktu.

 Oleh karena itu, pengetahuan tentang Al-Qur’an tidak dapat dijauhkan dari anak, sehingga cintanya pada Al Qur’an meningkat.

  • Luangkan Waktu dan Pilihlah Waktu yang Tepat

Pendampingan selama menghafal Al-Qur’an tentu merupakan keharusan yang harus dipenuhi oleh setiap orangtua bila menginginkan anak-anak mereka menjadi seorang penghafal Al-Qur`an. Konsekuensi dari pendampingan adalah orangtua harus mau meluangkan waktu untuk anak mereka.

Kegiatan pendampingan selain memberikan kenyamanan, diharapkan juga sebagai kontrol atas target hafalan yang telah ditetapkan oleh orang tua. Meski begitu, orangtua tidak boleh mengekang anak untuk terus menghafal Al-Qur’an tanpa memberi kesempatan kepada mereka untuk bermain, karena anak bukanlah sebuah mesin yang dapat diatur dan dipakai kapan saja sesuai kehendak orang tua.

Waktu yang dimaksudkan paling tidak saat anak menghafal Al-Qur’an atau saat anak muroja’ah (mengulang hafalan), sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan oleh orangtua bagi anak. Dengan menyediakan waktu yang cukup bagi anak, maka orangtua benar bersungguh-sungguh untuk mendidik anaknya menghafal Al-Qur’an.

Dengan tips di atas, semoga kita semua dimudahkan dalam menghafal alquran. Jangan lupa gunakan MP3 alquran 30 juz untuk membantu Anda lebih mudah menghafalkan ayat-ayat Allah.

Definisi Cotton moda dan Kandungannya

Pernahkah Anda melihat tertulis kata “cotton moda” pada pakaian yang Anda beli? Jika Anda membeli pakaian pernahkah Anda melihat atau mengecek bahan yang tertulis pada label pakaian? Biasanya pada label pakaian akan tercantum jenis bahan sasra ybag dipakai untuk jenis pakaian tersebut. Namun tahukah Anda maksud dari tulisan dan kelebihan dari bahan dasar tersebut?

Sekarang ini kaos adalah pakaian yang paling banyak diminati oleh banyak kalangan. Minimal pemakaiannya seminggu sekali. Baik dipakai sehari-hari atau pergi jalan-jalan. Apalagi di jaman anak muda sekarang, kaos paling banyak disukai karena memang lebih sederhana pemakaiannya.

Desain dari setiap kaos yang banyak ditemui dipasar dijual dengan harga yang berbeda-beda. Bahan katun merupakan bahan standar yang banyak digunakan dalam pembuatan kaos dan paling banyak diminati. Ada banyak orang mungkin tidak perduli atau tidak tahu dengan variasi bahan kain untuk pembuatan kaos. Salah satu bahan yang bagus adalah cotton moda.

Pernahkah Anda mencari tahu kualitas bahan dari kaos yang Anda pakai benar-benar bagus dan nyaman saat dipakai? Atau jika Anda mengenal beberapa variasi bahan pakaian, sudah pernahkah Anda mencoba pakaian yang dibuat dari bahan dasar katun modal? Bagaimana rasanya dipakai?

Definisi Cotton moda dan Kandungannya

Kain modal merupakan jenis kain rayon yang umumnya digunakan untuk produk  pakaian dalam, piyama, handuk, jubah mandi maupun sperei. Kain modal merupakan kain semi sintesis yang dibuat dari pemintalan serat selulosa yang dihasilkan dari pohon beech dengan proses yang tidak rumit. Agar terlihat lebih bagus lagi biasanya kain ini akan dicampur dengan bahan lain seperti kapas dan spandex.

Proses pembuatan kain modal ini lebih sederhana dan limbah yang dihasilkan juga sedikit. Jadi intinya adalah Kain modal ini dibuat dengan campuran 50% serat kapas dan 50% serat kayu atau beechwood. Dilihat dari segi bahannya, ini cukup mahal jika dibandingkan dengan cotton bamboo atau bahan lainnya. Bahan yang dicampur dengan kapas dan spandex ini semakin membuat hasil dari pakaian lebih berkualitas seperti penyeral udara dan dingin ataunadem saat disentuh.

Serat yang terdapat pada pakaian akan menahan warna pakaian sehingga terlihat tetap glowing dan cerah. Bukan hanya itu saja, kain modal juga bisa dijadikan sebagai kain rajutan atau anyaman. Dikarenakan bahannya yang lembut, tahan kusut dan finishing saat membuatnya juga akan terlihat lebih berkilau. Sekarang ini bahan modal ini begitu populer di Amerika Serikat dan pengerjaannya biasanya dalam pembuatan produk pakaian sehari-hari.

Bagi orang yang paham dengan jenis kain atau bahan kain pasti akan tahu bahwa sebenarnya kualitas cotton bamboo dengan kain modal sebenarnya beda tipis. Yang membedakannya hanyalah pada komposisi kainnya. Kain modal terbuat dari 50% serat cotton dan 50% serat kayu. Sedangkan cotton bamboo terbuat dari 30% serat cotton dan 70% serat bambu.

Dilihat dari kualitas yang dihasilkan masih lebih bagus kain modal daripada yang lainnya. Perbedaannya hanyalah pada saat memakainya. Ketika memakai pakain dari bahan cotton moda akan terasa lebih lembut dan memberikan kenyamanan tersendiri serta memberikan kesan yang lebih elegan. Bagi Anda yang ingin membuka usaha atau ingin menjadi produsen kaos dakwah, sebaiknya cari tahu lebih dahulu jenis bahan yang digunakan untuk membuat pakaian serta kelebihan dari setiap bahan tersebut agar tidak mengecewakan pembeli.

Artikel Tari Topeng Sidekarya Di Bali dan sejarahnya

Tari Topeng merupakan seni pentas tertua di jagat ini. Hampir semua bangsa di belahan dunia  mempunyai  benda seni penutup wajah dalam berbagai wujud dan watak. sehingga kini  topeng-topeng itu masih menjadi bagian tradisi atau

ekpresi estetik masyarakat manusia. juga pada masyarakat yang masih lekat tingkat kepercayaan animisme dan dinamisme, topeng bukan hanya dipandang sebagai sekedar penutup wajah namun dianggap memiliki kekuatan magis sehinga ada yang dipentaskan pada upacara besar, Sedangkan keberadaan topeng pada masyarakat modern selain tetap diusung sebagai benda seni juga dikembangkan sebagai bentuk seni pertunjukan tari atau teater juga tarian-tarian kreasi lainnya yang bisa menghibur. Bali adalah sumber seni banyak tarian-tarian sacral maupun tari kreasi yang sering dipentaskan ,dan  kita sudah sering mendengar dan kadang sering melihat bebepa tari pertunjukan khusnya tarian topeng sidekarya yang di adakan pada upacara upacara besar seperti ngaben, tawur agung, dan lain lainya, namun sudahkah kita tahu kenapa kita mementaskan tari topeng sidekarya. sebenarnya saya juga baru baru memahami makna tari tupeng sidekarya ini tarian ini tidak bisa di pentaskan pada tempat tari-tarian biasa karna maknanya religious untuk menyelesaikan suatu upacara –upacara besar hindu perlu dipentaskan tarian Topeng Sidakarya. Read More…

PENGERTIAN BUDAYA DAN KESENIAN BALI

Propinsi Bali adalah suatu daerah yang memiliki luas 5.632,86 km2 yang terbagi atas delapan kabupaten.Masing-masing kabupaten terbagi dalam kecamatan-kecamatan yang seluruhnya berjumlah 50 buah di dalamnya tercakup 546 buah desa dinas, sedangkan desa adatnya berjumlah 1456 buah yang terdiri dari 3627 banjar adat. Sedangkan secara geografis desa-desa di Bali dapat diklasifikasikan atas (1).desa pegunungan yang terdiri desa dataran dan desa pantai,(2)desa perkotaan yang terdiri dari desa pinggiran kota dan desa pedalaman,(3) desa nelayan yang terdiri dari desa pertanian dan desa kerajinan. Pulau yang luasnya hanya 0,29 persen dari keseluruhan wilayah daratan Indonesia, maskipun penduduknya hanya sekitar 3,4 juta jiwa Bali memiliki kekuatan yang tidak tersaingi oleh daerah-daerah di kawasan Indonesia timur lainnya (Kompas,9 Juli 2004). Potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh setiap kabupaten mendapat perioritas utama untuk dijadikan objek andalan untuk mendapatkan sumber devisa daerahnya.Seperti daerah-derah Kabupaten Badung yang terkenal dengan objek pariwisata pantai Kutanya dengan hiruk pikuk kehidupan malamnya dengan banyaknya berdiri hotel dari kelas yang berbintang maupun kelau melati Kota wilayah Denpasar juga memiliki objek andalan yang terkenal dengan pantai matahari terbitnya yaitu Sanur. Sanur merupakan suatu daerah yang pada awalnya sangat subur dengan pertaniannya sehingga dengan kedatangan preseiden pertama Indonesia ke daerah ini, maka segeralah mulai di bangun hotel yang tertinggi di Bali pada saat itu. Dulu nama hotel tersebut adalah Bali Beach dan sekarang sudah berubah menjadi Grand Bali Beach. Disamping itu sekarang sudah mulai banyak berdiri hotel yang berkelas maupun tidak .
Gianyar dengan objek andalannya sebagai pusat kerajinan dan keseniannya. Daerah Gianyar ini telah menjadi tempat yang menyenangkan bagi wisatawan asing yang menyukai “ART” Karena daerah ini di samping barang kesenian dan kerajinannya juga banyak seniman-seniman hebat baik tari, lukis, patung, karawitan dan crafnya. Sedangkan daerah kabupaten yang lainnya juga memiliki objek andalan namun untuk kunjungan wisatawan asing baik luar maupun domistik sebagai sumber devisa daerah masih dibawah tiga derah yang disebutkan di atas. Sebagai daerah kunjungan wisata Bali telah menempatkan posisinya sebgai pintu gerbang utama untuk pergaulan dunia, hal ini bisa terlihat pada tahun 1920-an Bali sudah melakukan interaksi kebudayaan secara intensif dengan kebudayaan Barat. Kontak dengan kebudayaan Barat telah memberikan semacam sentuhan impulsif untuk lebih membangkitkan potensi serta menjadi landasan bagi perkembangan kebudayaan Bali di masa-masa selanjutnya. Prodak kebudayaan Bali setelah mengalami interaksi dengan kebudayaan Barat tampak agak beda dengan produk-produk sebelumnya,misalnya dalam seni rupa, arsitektur, tari dan lain-lainnya. Read More…