Misteri Banaspati, Sosok yang Bikin Merinding Bak Bola Api yang Ditakuti

Indonesia merupakan negara dengan berbagai budaya dan suku yang tersebar di berbagai daerah. Tentunya setiap kebudayaan memiliki mitos dan misteri yang melekat dalam kehidupan masyarakatnya. Salah satu misteri atau mitos yang melekat di Indonesia adalah Banaspati.

Banaspati adalah cerita rakyat/legenda yang berasal dari tanah Jawa. Banaspati sangat populer di Jawa. Tidak hanya di Jawa, cerita ini semakin populer di berbagai wilayah Indonesia, seperti Kalimantan. Fenomena Banaspati yang misterius ini menjadi topik yang menarik karena belum diketahui kebenarannya.

Kebanyakan orang Indonesia sering percaya dengan hal-hal mistis. Inilah misteri yang relevan yang membangkitkan makanan untuk dipikirkan. Seolah-olah mereka bertanya, “Apa wajah aslinya?”

Dikutip dari situs Gramedia.com, Banaspati dikenal sebagai ranger. Banaspati atau kala dipasang di atas ambang pintu candi dengan harapan sebagai penangkal pengaruh masuk candi. Banaspati digambarkan sebagai relief yang berpura-pura menjadi kepala raksasa. Di candi-candi di Jawa Timur, gambar Banaspati atau di Jawa Tengah disebut kala (jerat). Pada umumnya, jerat berukir dapat ditemukan di atas palka pintu masuk setiap ruang suci.

Dalam kepercayaan masyarakat, Banaspati dikenal sebagai hantu berelemen api. Banaspati dikenal sebagai makhluk mistis yang memiliki kekuatan besar. Banaspati banyak ditemukan di hutan dimana dukun menggunakannya sebagai sarana ilmu hitam.

Sementara itu, menurut situs Kompas.com, Dr. Sunuwa Sono, peneliti sastra dan budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia juga mengatakan bahwa Banaspati adalah sejenis roh yang muncul di malam hari.

Kisah Banaspati masih menjadi perdebatan di benak publik tentang keberadaan makhluk dan wujudnya. Namun, dalam cerita yang beredar, Banaspati adalah seorang santet yang mengerikan dan mematikan. Artinya, ada dua macam Banaspati yang dijumpai dalam kehidupan masyarakat, yaitu Banaspati berwujud manusia yang membakar dan Banaspati berwujud bola api.

Banaspati juga hadir dalam berbagai jenis dan bentuk yang berbeda yaitu Banaspati geni, Banaspati air dan Banaspati tanah liat. Ketiga jenis banaspati tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.

Geni Banaspati jenis ini bercampur dengan udara. Udara adalah sumber utama kekuatan. Banaspati geni memiliki sumber kekuatan lain yaitu ketakutan seseorang. Semakin besar ketakutan seseorang terhadap geni Banaspati, maka semakin besar pula kekuatan geni Banaspati.

Air Banaspati juga memiliki perannya. Banaspati jenis ini mengincar sasaran di dalam air. Air Banaspati melakukan hal tersebut dengan cara menghisap darahnya. Cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan melakukan kontak langsung dengan tanah.

Sedangkan lempung Banaspati membidik dengan menghisap darah korbannya hingga habis. Sasarannya adalah orang yang tidak langsung menginjak tanah dengan kakinya. Cara menghindari dan mengelabui Banaspati adalah dengan berdiri di atas tanah dengan kaki telanjang.

Ini beberapa pesan dari Banaspati. Seperti yang kita ketahui bersama, Banaspati merupakan sosok atau legenda misterius yang beredar di masyarakat. Percaya atau tidak, tentu saja itu pilihan Anda. Apakah Anda percaya bahwa citra Banaspati ada di dunia nyata?
mpo slot
slot5000
mpo slot
slot 4d
gacor77
slot777

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *