Proses Pembuatan Daun Gamelan Rindik

            Om Swastiastu semeton pecinta seni yang berbahagia. Selamat datang di blog pertama saya yang kali ini akan membahas mengenai proses pembuatan daun gamelan khas daerah bali yang terbuat bambu, gamelan ini dikenal dengan nama rindik. Tentu sebagian besar masyarakat bali sudah tidak asing lagi dengan jenis gamelan bernuansa klasik  ini. Jenis gamelan rindik ini sudah tersebar merata di daerah bali  dikarenakan peminatnya sangat banyak. Walaupun demikian tidak semua orang mengetahui bagaimana sebenarnya proses pembuatan gamelan  rindik ini.

            Dari hal diatas saya ingin memberi sedikit informasi mengenai proses pembuatan daun gamelan rindik  ini. Diawali dari proses pertama yaitu menentukan ukuran bamboo sesuai dengan nada yang akan dibuat. Kali ini saya dengan rekan saya akan membuat  daun gamelan rindik bernada ndung. Pada proses pembuatan daun gamelan ini kali ini saya menggunakan jenis bamboo langka yaitu bamboo hitam, bambu ini sanngat diminati oleh para pecinta rindik kelas ekonomi menengah keatas, kenapa saya mengatakan bahwa rindik yang menggunakan bamboo hitam biasanya dimiliki oleh pecinta rindik  kelas ekonomi menengah keatas, karena harga dari bahan baku daun gamelan rindik  dengan bamboo hitam memiliki perbandingan empat kali  lipat dengan bamboo biasa. Bamboo biasa memiliki harga kisaran Rp 10.000 per 4 meter sedangkan bamboo hitam memiliki harga Rp 45.000 per 4 meter nya.

            Daripada membahas panjang lebar mengenai harga bahan  baku sekarang mari kita bahas saja langsung menggenai proses pembuatan daun gamelan rindik  ini. Melanjutkan hal pertama tadi dimana  kita memotong bamboo sesuai dengan ukuran nada yang diinginnkan selanjutnya kita akan mengerot bamboo pada bagian depannya agar kita  dapat memisahkan antara daun dan resonatornya. Satu lagi hal penting mengapa kita mengerot bagian depan terlebih dahulu, hal tersebut dikarenakan daun dan resonator digabun menjadi satu dalam satu bamboo, maka dari itu untuk  membuat resonator kita harus menyelesaikan bagian daun  nya terlebih dahulu. Pada blog kali ini hanya akan membahas proses pertama dari pembuatan daun gamelan rindik ini, maka dari itu daun gamelan ini belum dapat digunakan karena belum memiliki nada. Daripada semeton membaca blog ini terlalu panjang lebih baik saksikan saja langsung videonya. Selamat menyaksikan semeton dan semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat. h

Comments are closed.