SEJARAH BERDIRINYA ANGKLUNG
“SINAR JAYA”
SIGARAN, PENEBEL
Pada mulanya banjar Sigaran belum mempunyai gambelan, namun demi kepentingan upacara panca yadnya, gambelan tersebut sangat diperlukan. Maka dari itu, para pengelingsir (tokoh-tokoh seniman tua) yang ada di Sigaran berinisiatif untuk membuat salah satu gambelan yaitu gambelan angklung. Tetapi para pengelingsir belum mempunyai dana untuk membuat gambelan tersebut.
Oleh karena itu, pengelingsir (tokoh-tokoh seniman tua) yang ada di Sigaran membentuk sekehe nandur dan sekehe manyi diantaranya Gurun Sendri dan Pan Renin. Dimana uang dari pendapatan sekehe itu sedikit demi sedikit dikumpulkan untuk biaya pembuatan angklung tersebut.
Pada akhirnya sekitar tahun 1860 para tokoh seniman tua di Sigaran dapat tersenyum karena dana untuk pembuatan gambelan tersebut sudah terkumpulkan dan mereka pun mulai menggarap pembuatan gambelan itu yang dibuatkan oleh pande yang berasal dari desa Thiingan. Pande itu pun langsung membuat gambelan angklung, tepatnya di Sigaran Kauh di bawah pohon durian yang besar. Sekelompok pengelingsir di Sigaran nampaknya antusias membantu pembuatan gambelan angklung saih 4 tersebut. Dan cara pembuatan pelawahnya dengan cara dibagi-bagi, perorang mendapatkan tugas membuat 2 pelawah, terkecuali pelawah reong dan ada juga yang menyumbangkan emas dan berlian untuk pembuatan angklung tersebut.
Hari demi hari pembuatan gambelan angklung tersebut berjalan dengan lancar tidak mengenal siang maupun malam. Pada akhirnya gambelan tersebut dapat terselesaikan walaupun dengan ukiran pelawah yang berbeda-beda, namun tetap menjadi 1 barung gambelan angklung saih 4 yang berlaraskan selendro. Karena gambelan tersebut dipasupati di Pura Dalem Rajaguru yang sekarang disebut dengan Jegu. Upacara upakarapun sudah siap, ritual pemasupatian dimulai yang dipimpin oleh pemangku Dalem bertepatan pada malam hari, lalu kejaiban muncul, gambelan tersebut berbunyi dengan sendirinya dan salah satu pemangku kerauhan dan mendapat sabda (pawisik) bahwa angklung tersebut mulai saat itu sah menjadi unen-unen di pura Dalem, dan angklung tersebut mendapatkan paica yaitu sejenis lunak (asam) yang ditaruh ke semua gambelan. Gambelan itupun tidak boleh dibawa pulang selama 3 hari.
Setelah 3 harinya gambelan angklung tersebut ditaruh di bale banjar Sigaran dan pengelingsir (tokoh-tokoh seniman tua) membentuk sekehe yang bernama sekehe angklung Sinar Jaya Sigaran. Setiap hari sekehe tersebut mulai berlatih dengan mencari tabuh lelambatan klasik yang dipergunakan untuk mengiringi upacara ngaben. Pada tahun 1955-an sekehe angklung Sinar Jaya Sigaran berinisiatif membuat angklung kebyar, dimana gong dari angklung tersebut dibeli di banjar Serason, sekehe pun mencari pelatih bernama Pan Resin dari banjar Sigaran, Mambal, Badung. Pelatih itupun senantiasa mengajarkan sekehe tersebut dengan mencari tabuh kebyar dan tarian-tarian diantaranya : Tari Pendet, Panyembrahma, Oleg Tamulilingan, Belibis, Manukrawa, Marga pati, Panji Semirang dan Nelayan, termasuk juga Tari Legong. Dengan kegigihan sekehe tersebut, akhirnya angklung kebyar Sinar Jaya Sigaran semarak di gemari penonton sampai kupah ke plosok-plosok desa yang ada di Tabanan. Walupun kupahnya dengan berjalan kaki tetapi sekehe angklung Sinar Jaya Sigaran tetap semangat.
Sekitar tahun 1970-an sekehe angklung Sinar Jaya Sigaran mulai mengikuti lomba-lomba dulu disebut mapetuk di tingkat kabupaten Tabanan, angklung Sinar Jaya Sigaran paling terdepan dan banyak digemari penonton begitu juga sekehe angklung tersebut mengambil job’s di hotel-hotel. Hingga sekarang angklung Sinar Jaya Sigaran terkenal dengan suara emasnya.
Sampai sekarangpun angklung Sinar Jaya Sigaran sangat disucikan di Sigaran dan juga menjadi budaya di Sigaran, antara lain angklung tersebut dipergunakan untuk mengiringi upacara ngaben/Pitra Yadnya, piodalan di pura, ngetelu bulanin, mesangih, pernikahan dan yang paling menjadi budaya adalah Ketus Pungsed. Dimana setiap bayi yang ketus pungsed khususnya di Sigaran harus ngupah angklung karena angklung tersebut dipercayai untuk menjaga keselamatan bayi tersebut. Sampai sekarangpun budaya tersebut tetap berlaku di Sigaran dan angklung Sinar Jaya Sigaran tetap berjaya, yang sekarang merupakan generasi keempat.
Demikian sejarah singkat berdirinya angklung Sinar Jaya Sigaran yang saya dapat dari narasumber I Ketut Jemet dan dari Sekehe Angklung Sinar Jaya Sigaran.
BIOGRAFI I KETUT JEMET
I Ketut Jemet adalah salah satu tokoh seniman yang terkenal di Sigaran. Beliau lahir di Keluarga yang sederhana, dengan Ibu Ni Ketut Duruna dan Ayah I Gede Made Giyet. Beliau terlahir di Banjar Sigaran tahun 1918, dengan tiga saudara laki-lagi, beliau yang paling kecil. Beliau pun sangat berbahagia dengan keluarganya walaupun dalam kehidupan yang sangat sederhana.
Di umurnya yang sudah menginjak 10 tahun, beliau pun menuntut ilmu di SD Jegu. Walaupun dengan berjalan kaki dan mamakai pakaian dari kulit kayu, beliau tetap rajin dan tekun belajar demi masa depannya. I Ketut Jemet diajar oleh dua orang guru, yaitu Pak Nebek dan Pak Nerara, tetapi pada jaman itu sekolahnya terganggu karena waktu itu negara Indonesia masih dijajah oleh Jepang. Setelah belajar di sekolah beliau dan temannya disuruh menanam pohon kapas dan pohon keliki. Saking ketakutannya beliau dan temannya mau melakukannya. Sesampainya beliau di rumah, tidak lupa terus setiap malam belajar nyuling dan menari yang diajari oleh Gurun Serik. Beliau pun belajar dengan tekun, karena beliau sangat senang seni.
Setelah I Ketut Jemet 2 tahun menuntut ilmu di SD Jegu, beliau berhenti sekolah karena semua sekolah diberhentikan oleh Jepang. Pada akhirnya diumurnya yang ke-12 tahun I Ketut Jemet bekerja di PU diajak oleh Jepang, yaitu membawa pisang dari Sigaran ke Peken Badung memakai gedebeg yang didorong dengan berjalan kaki. Beliau bekerja di Kediri tepatnya di Dodik yang diajak Jepang, dimana beliau disuruh membuat rumah dibawah tanah.
Walaupun setiap hari bekerja, I Ketut Jemet juga tidak lupa dengan bakat seninya, setiap malam beliau terus berlatih menari dan nyuling dengan gurunya. Hingga akhirnya beliau pun diajak gurunya meseka Arja, yaitu di Seka Arja Griya Sigaran pada tahun 1933, beliau mendapat peran Kartala karena beliau sudah pintar menari dan menyanyi. Waktu itu Arja Griya Sigaran sangatterkenal karena dihidupkan oleh Kartalanya yaitu I Ketut Jemet. Arja Griya Sigaran sangat digemari oleh penonton, arja itu kupah setiap hari walaupun hanya berjalan kaki yang menyusuri wilayah Tabanan. Tahun 1936 I Ketut Jemet ikut meseka di Seka Topeng Jegu, dimana beliau mendapat peran menjadi Jauk Keras. Topeng itu pun juga terkenal dengan I Ketut Jemet.
I Ketut Jemet mengakhiri masa remajanya tahun 1938 di umurnya yang ke-20 tahun beliau menikah dengan seorang gadis cantik dari Banjar Cepag yang bernama Ni Made Ngebet. Setelah pernikahannya berumur 1 tahun beliau cerai dengan istrinya, karena ada masalah keluarga. 2 tahun beliau membujang beliau pun kawin lagi. Nyentana ke Riang dengan istri Ni Made Ridet, belum ada 2 tahun beliau cerai dengan istrinya. Tahun 1943 beliau lagi kawin dengan gadis dari Sigaran yang bernama Ni Made Sendri. Akhirnya beliau dikaruniai 2 orang anak yang bernama I Wayan Sender dan I Made Ruta, beliau menghidupi keluarganya dengan bekerja menjadi tukang bangunan. Disamping itu beliau mendapatkan sedikit uang dari Griya dan Seka Tupeng Jegu, bertepatan dengan Angklung Sinar Jaya yang mulai berkembang tahun 1955 yaitu mencari gending kekebyaran yang dilatih oleh Pan Losin. Beliau pun ikut meseka Angklung beliau menjadi tukang sulinnya. Angklung Sinar Jaya pun terkenal karena ciri khas dan kepintaran para penabuhnya termasuk I Ketut Jemet. Dan Arja Griya dikembangkan oleh I Ketut jemet, yaitu menjadi Arja Calon Arang yang diiringi oleh Angklung. Arja Calon Arang itu terkenal karena beliau, sampai kupah ke Buleleng, dengan ciri khas Rangda matumbeg. I Ketut Jemet sangat senang karena bisa memajukan Arja Griya dan Angklung Sinar Jaya Sigaran. Akhirnya diumurnya yang ke-50 tahun I Ketut Jemet ditinggal istrinya untuk selamanya dengan 3 orang cucu, yaitu I Wayan Rutika, I Made Satria dan Ni Wayan Rutini. Beliau pun sangat sedih tetapi 1 tahun beliau mengakhiri kesedihannya. Beliau lagi menikah dengan I Wayan Kesel, anak cucunya sangat bahagia walaupun dengan ibu tirinya.
Sekitar tahun 2002 I Ketut Jemet mendirikan Sekehe Shanti yang diberinama Sekehe Shanti Lilacita Dharma Kanti, beliau sebagai tukang suling, selain sekehe itu beliau juga ngebon meseka ke Jegu karena kemahirannya sebagai tukang suling beliaupun banyak mempunyai sekehe. Termasuk beliau menjadi guru Nabe di Paguyuban yang didirikan tahun 2007 yaitu Peguyuban Cipta Dharma Sigaran. Dan sampai sekarang pun ikut maseka Angklung dan beberapa Sekehe lainnya, walaupun di umurnya sudah 93 tahun didarah beliau masih mengalir seni itu.
Demikianlah biografi singkat I Ketut jemet, salah satu seniman tua di Desa Sigaran.
Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!