Main image
25th Maret
2022
written by

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan selalu mencari cara untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengefisienkan biaya, dan menghemat waktu. Tahukah Anda bahwa salah satu strategi untuk mencapainya adalah dengan mengurangi penggunaan kertas? Munkin terdengar sederhana, tapi selain melestarikan lingkungan, ternyata banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mempromosikan aksi paperless ini lho!

Bagian yang akan merasakan dampak positif dari beralih ke audit paperless adalah bagian departemen operasional. Apa saja manfaat yang bisa anda rasakan dengan menerapkan sistem audit paperless?

Peningkatan efisiensi operasional bisnis

Memberikan hasil yang optimal dengan penggunaan waktu dan biaya yang paling efisien adalah tujuan utama dari setiap tim operasional. Dengan menghapus sistem entri data manual, Anda dapat mengalokasikan waktu yang sebelumnya terbuang untuk memasukkan data secara manual untuk melakukan hal-hal yang lebih strategis.

Dengan menggunakan system digital juga bisa mengurangi tingkat kesalahan saat penginputan data. Tentunya, system digital ini juga akan mengurangi biaya untuk mencetak dokumen, pembelian kertas, perawatan dokumen, dan penyediaan ruang penyimpanan. Situs Taukan.com merupakan portal informasi bisnis yang bisa anda baca berbagai informasi disana.

Standarisasi laporan dan sistem audit di semua cabang perusahaan

Dengan menggunakan sistem audit digital, Anda dapat memastikan bahwa auditor di lapangan menggunakan kuesioner dan sistem yang sama untuk setiap lokasi. Selain itu anda juga bisa melampirkan modul yang nantinya bisa di jadikan sebagai refrensi bagi bisual auditor yang sedang melakukan audit.

Jika semua auditor menggunakan sistem yang sama untuk audit lapangan, Anda dapat mengumpulkan wawasan dengan lebih akurat dan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kualitas operasional organisasi secara keseluruhan. Saat ada update kuesioner pun anda tidak perlu mencetak ulang dan tidak perlu mengkonfirmasi.

Menangani masalah yang terjadi di lapangan dengan segera

Dengan sistem audit digital, Anda yang berada di kantor dapat langsung melihat hasil audit yang dilakukan di lapangan segera setelah laporan selesai dibuat. Dengan begitu, setiap kali ditemukan masalah, anda bisa mengetahuinya secara langsung.

Masalah yang di temukan ini juga dapat dikirim langsung ke departemen terkait. Dan juga anda tidak harus menunggu terlalu lama untuk menerima laporan serta bertukar pesan dengan tim yang ada di lapangan. Masalah akan lebih cepat terselesaikan.

Miliki akses data 24/7 di telapak tangan Anda

Sistem audit digital memungkinkan Anda untuk mengakses data di mana saja dan kapan saja. Hal ini bisa terajadi karena semua dokumen sudah di simpan dalam bentuk cloud. Saat anda ingin menemukan dokumen yang anda cari, anda tidak perlu membuang tenaga dan waktu untuk memilahnya. Dan juga anda tidak memerlukan gudang untuk menyimpan tumpukan kertas berisi dokumen.

Perkuat keputusan bisnis dengan menganalisis tren

Audit digital yang telah di buat dengan komprehensif akan memiliki fitur untuk memvisualiasikan data yang sudah di kumpulkan dari lapangan serta bisa mengolahnya. Data ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk melihat tren yang terjadi di dalam perusahaan, untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Perusahaan tidak perlu lagi repot menyimpan kertas, menginput data dan mengolah data secara manual.

Mengubah sistem audit dari kertas ke digital membawa banyak keuntungan, bukan? Anda dapat membuat proses audit lebih mudah, lebih akurat, dan lebih cepat. Jadi, tertarik untuk menerapkan konsep paperless?

Comments are closed.