bayuwedanta

April 2, 2018

Pantai Melasti, Pantai Tersembunyi Di Selatan Pulau Bali

Filed under: Tak Berkategori — bayuwedanta @ 10:44 pm

Selain Pantai Pandawa yang sudah terkenal, sebentar lagi Kecamatan Kuta Selatan akan mempunyai obyek wisata baru yang tidak kalah indah dan menarik yaitu Pantai Melasti Ungasan. Patai Melasti Ungasan terletak di sebelah Selatan Pulau Bali tepatnya Desa Ungasan, dan bersebelahan dengan Pantai Bali Cliff. Lokasi itu dapat ditempuh dari Jimbaran kurang lebih 15 menit. Keindahan pantai tersebut banyak dimanfaatkan oleh wisatawan manca negara terutama untuk kegiatan watersport, disamping itu dimanfaatkan pula oleh warga lokal untuk kegiatan upacara ritual melasti di Desa Ungasan dan kegiatan untuk menyalurkan hobi mancing. Sekarang obyek tersebut sedang ditata sedemikian rupa menjadi kawasan Obyek Wisata dengan menawarkan sejumlah tempat kuliner dan kegiatan wisata lainnya.

Pantai Melasti terletak di Jalan Melasti, Banjar Kelod, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasi Pantai Melasti dari kota Denpasar kurang lebih memiliki jarak sekitar 26 km atau waktu tempuh selama 50 menit. Jika Anda terlebih dahulu mengunjungi Pantai Pandawa, maka Anda hanya tinggal menempuh jarak kurang lebih 8,6 km dengan waktu tempuh 18 menit menggunakan kendaran bermotor. Akses ke Pantai Melasti juga dapat ditempuh dari Pantai Green Bowl atau Pantai Batu Pageh yang berjarak 5,3 km dengan waktu tempuh sekitar 9 menit menggunakan kendaran bermotor.

Jika Anda dari Bandara Ngurah Rai dan langsung ingin mengunjungi Pantai Melasti Bali, maka Anda harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 18 km dengan waktu tempuh 34 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor melalui jalan By Pass Ngurah Rai, kemudian Anda harus belok kanan di perempatan Jimbaran (KFC Jimbaran) menuju Jalan Uluwatu ke arah Garuda Wisnu Kencana (GWK). Setelah Anda melewati GWK, Anda akan menemukan perempatan dengan patung di tengahnya. Anda harus belok kiri menuju Jalan Pura Batu Pageh, kemudian Anda harus berkendara menuju Balai Banjar Kelod Desa Ungasan dan menuju Jalan Melasti. Jalan ke Pantai Melasti berlanjut dengan mengikuti jalan lurus terus hingga menemukan Bayan Tree Hotel dan Resort. Di pertigaan depan hotel Anda bisa mengambil arah ke kiri. Jalan ke Pantai Melasti Ungasan dapat Anda lanjutkan sampai menemukan pantai di ujung tebing. Akses jalan menuju lokasi bibir pantai diapit tebing karang putih yang menjulang tinggi. Saat Anda tiba di bibir pantai, areal parkir kendaran yang luas sudah menyambut Anda.

Wisata sekitar Pantai Melasti

Jika Anda mengunjungi Pantai Melasti, maka Anda juga dapat berkunjung ke tempat wisata di sekitarnya, yaitu terdapat Pantai Batu Pageh (Green Bowl Beach), Pantai Pandawa, Pantai Gunung Payung, GWK, Pantai Nyang-Nyang, Pantai Uluwatu, Pantai Suluban (Blue Point Beach), Pantai Padang Padang, Pantai Bingin, Pantai Cemongkak, dan Pura Uluwatu.

Obyek Wisata Pantai Melasti Bali

Ada apa di Pantai Melasti? Tentunya pertanyaan itu yang sekarang sedang berada dibenak Anda. Di Pantai Melasti tentunya ada keindahan yang ditawarkan. Keindahan tebing terjalnya maupun keindahan pantainya.

Keindahan Pantai Melasti sudah terlihat dari atas bukit kapur terjal. Bahkan dibanyak foto yang diunggah dimedia sosial, jalanan Pantai Melasti yang terletak diantara jurang dan tebing kapur putih terjal sering digunakan sebagai latar belakang mereka untuk bersuwa foto. Pemandangan tebing-tebing besar yang mengapit di setiap sisi jalan., karakter dari Pantai Melasti ini hampir sama dengan Pantai Pandawa.

Wisata Pantai Melasti di Bali ini menawarkan lautan biru yang sangat jernih dengan pasir putihnya.  Keunikan Pantai Melasti salah satunya dengan adanya rongga-rongga batu seperti kolam kecil yang berwarna hijau bila dilihat dari atas. Rongga-rongga tersebut dapat Anda nikmati saat air surut.

Aktivitas di Pantai Melasti

Pasir putih dan lembut di Pantai Melasti juga menjadi salah satu daya tarik Pantai Melasti.  Kondisi inilah yang memungkinkan Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dari bermain di pasir pantai atau berjalan dengan bertelanjang kaki di atasnya. Bagi Anda yang membawa anak kecil, juga dapat melepaskan anak-anak bermain dengan bebas di atas pasir. Namun yang perlu diingat, Anda hanya bisa melakukannya saat surut. Karena saat laut pasang sangat berbahaya dan tidak aman untuk bermain air.

Ombak di bibir Pantai Melasti juga tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk tempat berenang. Apabila Anda menyukai aktivitas snorkeling, Anda juga bisa melakukannya di sana. Jadi jangan lupa untuk membawa peralatan snorkeling! Karena air laut sangat jernih, sehingga ikan-ikan kecil yang sedang berenang saat laut surut bisa terlihat dengan jelas.

Jika Anda merupakan tipe pelancong yang hanya senang dengan aktivitas duduk santai di tepi pantai, sembari menikmati hidangan makanan maupun membaca  buku, Pantai Melasti sangat cocok untuk mendukung aktifitas tersebut. Suasana Pantai Melasti yang indah dan masih tergolong tenang merupakan perpaduan yang sangat pas jika Anda ingin bersantai. Oh ya, di permukaan pasir tempat Anda bersantai juga dapat dijumpai kepiting kecil yang lalu lalang. Hal itu tentunya menjadi keistimewaan Pantai Melasti.

Pantai Melasti sunset-nya tidak terlalu bagus, karena pantai ini bukan tempat terbaik untuk menikmati sunset, sebab pantai ini terletak di sisi selatan pulau Bali. Jika posisi matahari condong ke sisi selatan, barulah Anda dapat menikmati sunset di pantai ini.

Namun jika Anda ingin menikmati sunset Pantai Melasti, Anda dapat mengunjungi Pantai Melasti di Kabupaten Tabanan. Kedua Pantai ini memang memiliki nama Melasti, nama upacara hindu yang dilakukan di pantai, tapi berbeda lokasi. Anda bisa menikmati sunset di tebing batu yang berdekatan dengan lokasi Pantai Melasti Tabanan yang terdapat sebuah air terjun kecil. Pantai Melasti air terjun inilah spot sunset terbaik yang paling dicari fotografer profesional.

 

 


Tidak ada Komentar »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

generiert in 1,412 Sekunden. | Powered by WordPress | WPMU Theme pack by WPMU-DEV.