Resensi buku “GELIAT SENI PERTUNJUKAN BALI

This post was written by artakesuma on Juni 4, 2013
Posted Under: Tak Berkategori

Judul : Geliat seni pertunjukan BALI
Pengarang : I Wayan Dibia
Disain grafis : Arti foundation
Penerbit : Buku arti
Tebal : 188 halaman

Cetakan : pertama , juni 2012

Buku ini menyajikan tentang sebuah gambaran umum tentang perubahan dan pembaharuan seni pertunjukan BALI dari dalam kurun waktu kurang lebih selama tiga dekade terakhir ini, dari awal tahun 1980 sampai dengan tahun 2010 Dengan menjadikan sejumlah genre-genre seni pertunjukan seperti : Pedalangan,Tari,Karawitan,dan Drama terutama di kelompok seni balih-balihan. Sebagai dasar pijak, penulis mengharapkan buku ini mampu menyajikan realita kehidupan seni pertunjukan bali yang selama ini belum banyak di ungkap. Selain itu,didalam buku ini kebanyakan mengenai seni budaya BALI yang selama ini yang lebih banyak menyajikan tentang kreatifitas para seniman bali dari masa lampau dengan menampilkan unsur-unsur eksotik,keunikan ,serta peranan seni di dalam kehidupan masyarakat BALI. Semua ulasan ini belum memberikan tentang gambaran secara utuh atas keberadaan seni pertunjukan di bali.
Karena di dalam seni pertunjukan bali perlu banyak pembelajaran yang mendasar dari satu persatu tentang pertunjukan seni bali. Karena dalam seni pertunjukan bali cukup banyak pembaharuan yang terjadi karena kreatifitas seniman bali banyak perkembangan. Baik dari segi pembaruan yang dinamis serta sifat yang berbeda-beda. Sejak kurang lebih dari tiga puluh lima tahun terakhir , dari awal tahun 1980 sampai dengan 2010 gerak kehidupan seni pertunjukan Bali memperlihatkan berbagai perubahan yang cukup mendasar serta di semarakan oleh munculnya berbagai jenis-jenis karya baru yang menawarkan cita rasa, konsep-konsep,dan pola-pola garap yang menunjukan adanya lompatan atau terobosan kreatif yang cukup berani dalam kreatifitas yang tinggi.namun karya karya yang muncul di era sekarang jugan merupakan proses daur ulang dari bentuk-bentuk karya seni yang pertunjukan yang sudah ada. Walau pun wujud fisiknya tampak berbeda, sesungguhnya secarab konsep artistic,struktur formal, dan prinsip estetik karya-karya tersebut masih sangat melekat dengan genre-genre seni pertunjukan tradisional Bali dari masa-masa sebelumnya. Realita kehidupan seni pertunjukan tradisional yang “minus” karya-karya besar menujukan bahwa dewasa ini perkembangan seni pertunjukan bali tengah kehilangan daya vital kreatifitas dan semangat dobrak inovatif juka tidak mau di katakana mengalami masa ketenggelaman.maka dari itu penulis mencoba menjabarkan dalam buku agar kreatifitas parab seniman bali kembali menggarap suatu seni pertunjukan yang mendobrak,dan memiliki inovasi yang baru.
Kelebihan buku ini yaitu menjelaskan tentang perkembangan seni pertunjukan dan mengkitik tentang perkembangan seni di masai ini.
Kekurangan buku ini adalah kurangnya tentang penjelasan tentang hubungan dari seni pertunjukan secara keseluruhan.

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 19th, 2022 @ 4:22 am