UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA

PENGERTIAN UPAKARA

Upakara sering dikenal dengan sebutan banten, upakara berasal dari kata “Upa” dan “Kara”, yaitu Upa berarti berhubungan dengan, sedangkan Kara berarti perbuatan/pekerjaan (tangan). Upakara merupakan bentuk pelayanan yang diwujudkan dari hasil kegiatan kerja berupa materi yang dipersembahkan atau dikurbankan dalam suatu upacara keagamaan. Dalam kehidupan agama Hindu di Bali, setiap pelaksanaan upacara keagamaan selalu mempergunakan upakara atau banten sebagai sarana untuk berhubungan/mendekatkan diri dengan pujaannya yaitu Ida Sang Hyang Widhi Wasa/manifestasi-Nya yang akan dihadirkan.

Upakara atau banten tersebut dibuat dari berbagai jenis materi atau bahan-bahan yang ada, kemudian ditata dan diatur sedemikian rupa sehingga berwujud aturan atau persembahan yang indah dilihat, mempunyai fungsi simbolis dan makna filosofis keagamaan yang mendalam. Dalam pustaka Bhagawadgita Bab IX sloka 26 menyebutkan tentang unsur-unsur pokok persemambahan itu adalah :

Patram Puspam phalam to yam yo me bhaktya prayacchati      tad aham bhaktyupahrtam asnami prayatatmanah

 

Artinya :

Siapapun yang dengan kesujudan mempersembahkan padaKu daun,    bunga, buah-buahan atau air, persembahan yang didasari oleh cinta dan keluar dari hati suci, Aku terima sebagai bhakti persembahan dari orang yang berhati suci.

Dari sloka diatas dapat dilihat hal-hal sebagai berikut :

  1. Daun; dapat berupa janur, ron, tlujungan/daun pisang dan daun yang lainnya yang disebut dengan plawa, sirih, daun pilasa dan sebagainya.
  2. Buah; dapat berupa buah-buahan seperti : kelapa, padi,tingkih,pangi,pinang,pisang, jenis kacang-kacangan serta semua jenis buah-buahan yang dapat dimakan.
  3. Bunga; dapat berupa segala bentuk dan jenis bunga-bungaan yang harum, segar dan yang ditetapkan dan diperkenankan untuk banten.
  4. Air; berupa zat cair seperti : air untuk pembersihan segala sarana banten, air kelapa, arak-berem-tuak, madu, empehan/susu, air kumkuman dan lainnya.
  5. Api/Gni; yang berfungsi sebagai pembakar sarana upakara berupa kemenyan, majagau,serbuk kayu-kayuan seperti cendana,dupa,lilin, dan lainnya.

v  BAHAN UPAKARA

Mengenai bahan-bahan upakara untuk persembahan atau korban suci tersebut, semuanya diambil dari ciptaan Ida Hyang Widhi Wasa di dunia ini dan kesemuanya itu dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :

  • Mataya

Adalah sesuatu yang tumbuh. Bahan-bahan ini terdiri dari tumbuh-tumbuhan yang dipakai sarana upakara terdiri dari berbagai jenis daun,bunga dan buah-buahan.

  • Mantiga

Adalah sesuatu yang lahir dua kali seperti telur itik, ayam, angsa dan lainnya.

  • Maharya

Adalah sesuatu yang lahir sekali langsung menjadi binatang, seperti binatang-binatang berkaki empat misalnya sapi,babi,kerbau dan lain sejenisnya.

v  FUNGSI UPAKARA

1. Sebagai alat konsentrasi

Upakara sebagai alat konsentrasi, hal ini disebabkan oleh kemampuan yang dimiliki oleh manusia sangat terbatas adanya, dalam usaha untuk mendekatkan hubungan dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan segala manifestasi-Nya, untuk menyampaikan rasa terima kasih karena berbagai anugrah yang diberikan. Dengan melihat banten/upakara, pikirannya sudah teringat dan terarah pada yang dihadirkan atau dipuja. Penggunaan upakara sebagai alat konsentrasi, umumnya dilakukan oleh mereka yang menempuh jalan melalui bhakti marga dan karma marga dalam ajaran catur marga. Bagi bhakti marga mengutamakan penyerahan diri dan pencurahan rasa yang didasari dengan cinta kasih terhadap yang dipuja yaitu Ida Hyang Widi Wasa dan segala menifestasi-Nya, untuk mencapai kebahagiaan yang tertinggi.

Bagi karma marga, menekankan rasa bhaktinya pada pengabdian yang berwujud kerja tanpa pamrih. Kerja merupakan simbol hidup, hidup adalah untuk beryadnya, karena melalui yadnyalah semua yang hidup di dunia ini diciptakan oleh Ida Hyang Widhi Wasa pada jaman dahulu. Hidup manusia dibelenggu oleh kerja, seperti dinyatakan dalam pustaka suci Bhagawadgita sebagai berikut :

“yajnarthat karmano’ nyatra lako’yam karma bandhanah adhartham karma kaunteya mukta sangah samachara (III.9)

Artinya :

Kecuali untuk tujuan berbakti,               dunia ini dibelenggu oleh hukum kerja,        karenanya bekerjalah demi bhakti,         tanpa kepentingan pribadi, oh Kuntipura.

2) Upakara sebagai persembahan atau kurban suci

Upakara sebagai persembahan, apabila ditujukan kehadapan yang lebih tinggi tingkatannya dari manusia. Disebut kurban suci apabila ditujukan kepada yang tingkatannya lebih rendah daripada manusia seperti dalam pelaksanaan upacara bhuta yadnya. Maksud dan tujuan dari persembahan atau korban suci itu adalah sebagai pernyataan dari perwujudan rasa terima kasih manusia kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa dan segala manifestasi-Nya. Sebagai contoh yang paling sederhana adalah yadnya sesa yaitu persembahan yang dilakukan setiap hari setelah selesai memasak. Mengenai tempat dan dasar sastra dari yadnya sesa adalah ada disebutkan pada Manawa Dharma Sastra III. 68-69 sebagai berikut :

Panca suna grhastasya culli pesanyu paskarah, kandani codakumhasca badhyate yastu vahayan.

Tasam kramena sarvasam niskrtyartham mahasibhih ,  panca klpta mahayajnah pratyaham grhamedhinam.

Artinya :

Seorang Kepala Keluarga mempunyai  lima macam tempat penyembelihan yaitu tempat masak, batu pengasah, sapu, lesung, dengan alunya, tempayan tempat tempat air dengan pemakaian mana Ia diikat oleh belenggu dosa

Untuk menebus dosanya yang ditimbulkan oleh pemakaian kelima alat itu,para Maha Rsi telah menggariskan untuk Kepala Keluarga agar setiap harinya melakukan Panca Yadnya.

 

3) Upakara sebagai sarana pendidikan memuja Ida Hyang Widhi Wasa.

Upakara  yang telah dapat diwujudkan, merupakan hasil dari pengendalian diri terhadap keterikatan akan benda-benda duniawi. Bila hal itu dihayati lebih mendalam, maka mereka yang telah berhasil membuat upakara untuk diyadnyakan, itu berarti ,mereka telah berhasil menyucikan pikirannya dari rasa ego terhadap karunia Ida Hyang Widhi Wasa yang telah menjadi miliknya. Rasa rela dan rasa tulus ikhlas telah diamalkan, sekaligus perbuatan yang demikian itu telah termasuk dalam upaya penyucian diri secara lahiriah dijiwai dengan rasa bathiniah. Usaha untuk membebaskan diri dari keterikatan pada hawa nafsu guna mencapai kesucian secara lahir dan bathin, sangat diperlukan untuk mendekatkan diri kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa, sebagaimana yang telah dinyatakan dalam pustaka suci Bhagawadgita sebagai berikut :

“Vita raga bhaya krodha manmaya mam upasritah bahavo jnanam pasa             puta madbhavam agatah (IV.10)

Artinya :

Terbatas dari hawa nafsu, takut dan benci bersatu dan berlindung pada-ku        dibersihkan oleh kesucian budi pekerti banyak yang telah mencapai diri-ku

 

4) Upakara sebagai perwujudan Ida Hyang Widhi Wasa dalam berbagai manifestasi.bsuci yaitu rontal “Yadnya Prakerti,Tegesing Arti Bebantenan”, semua sarana yang dipakai mempunyai arti simbolis, seperti contoh upakara yang paling sederhana yaitu canang, didalam canang itu terdapat daun kayumas (plawa), bunga, dan porosan. Semua itu arti tersendiri, seperti plawa, disebutkan dalam Lontar Yadnya Prakerti bahwa Plawa adalah lambang pertumbuhan pikiran yang hening dan suci. Dalam proses pelaksanaan pemujaan terhadap Tuhan/Hyang Widhi, sangat wajib hukumnya dilakukan dengan pikiran yang hening dan suci dan atas dasar hati yang tulus ikhlas dengan tanpa berharap akan pahala, karena semua yang dilakukan ini merupakan suatu kewajiban atas ciptaan-Nya. Dalam Bhagawadgita II. 51 disebutkan sebagai berikut :

Karma-jam budhi-yukta hi phalam tyaktva manisinah, janma-bandha-vinirmuktah padam gacchanty anamayam.

Artinya :

Bagi orang bijaksana, yang pikirannya bersatu dengan Yang Maha Tahu, tidak ,mengharap akan hasil dari perbuatannya (sebagai motif), akan tetapi bebas dari perbuatannya karma dan mencapai tempat dimana tak ada penderitaaan.

 

v  MAKNA UPAKARA.

Berbicara mengenai Makna Upakara Yadnya atau banten, dapat dipetik dari pustaka Bhagawadgita Bab III pada sloka 10 sampai 16, dalam pembicaraan Sri Krisna dengan Arjuna, mengenai pentingnya upacara yadnya itu. Pemaknaannya diawali dari yadnya yang dipergunakan oleh Prajapati pada jaman dahulu kala menciptakan manusia untuk mengembangkannya guna memenuhi semua keinginannya.

Apabila dihayati secara mendalam, mengenai diciptakannya manusia dengan yadnya mengingatkan pada kita akan peranan dan kedudukan manusia dalam kehidupannya bila dibandingkan dengan mahluk-mahluk hidup yang lainnya sesama ciptaan-Nya, maka manusia dinilai mempunyai peranan mampu sebagai subyek dan sekaligus obyek dalam memaknai Yadnya itu. Melalui peranan manusia sebagai manusia sebagai subyek dan obyek, akan mampu mengantarkan mencapai tujuan agama Hindu itu yaitu “Mokshartham Jagadhita ya ca iti Dharma. Singkatnya mencapai kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin melalui jalan dharma.

Untuk mempedomi dan menghayati akan makna upakara atau yadnya tersebut, maka “pentingnya yadnya” dalam pustaka suci bhagawadgita pada 7 sloka, dapat dimaknai secara mendalam. Sloka-sloka tersebut berbunyi sebagai berikut :

10. Sahayajnah prajah srstya puro vaca prajapatih          anena prasavisyadhvam     esa vo stv ista kamadhuk

Artinya

Pada jaman dahulu kala Prajapati menciptakan manusia dengan yadnya dan bersabda, dengan ini engkau akan mengembang dan akan menjadi Kamadhuk dari keinginanmu.

Kamadhuk adalah sapi Indra yang dapat memnuhi segala keinginan. Makna yang terkandung dalam pengertian sloka ini, adalah sebagai sarana penciptaan manusia pleh Prajapati/Tuhan untuk menciptakan manusia sebagai mahluk utama dan sempurna yang nantinya akan mengembang dan dapat memenuhi semua keinginannya, karena manusia termasuk mahluk hidup yang sempurna dari yang lainnya.

Selanjutnya pada sloka 11, berbunyi sebagai berikut

Devan bhavayata, nena   te deva bhavayantu vah parasparam bhavayantah sreyah param avapsyatha

Artinya :

Dengan ini kamu memlihara para Dewa dan dengan ini pula para Dewa memelihara dirimu, jadi dengan saling memelihara satu sama lain, kamu akan mencapai kebahagiaan yang maha tinggi.

Makna yang terkandung dalam pengertian sloka ini adalah melalui yadnya yang dipakai sebagai sarana pemeliharaan hubungan antara manusia dengan para Dewa, bermakna saling memelihara dapat mencapai kabaikan yang maha tinggi. Singkatnya hubungan antara rasa subhakti manusia dengan anugrah sweca Ida Hyang Widhi Wasa, tetap dipelihara dengan dasar falsafah Tatwam Asi.

Selanjutnya  pada sloka 12, berbunyi sebagai berikut :

Istan bhogan hi vo deva dasyante yajnabhavitah   tair dattan apradayai ‘bhyo yo bhunkte stena eva sah

Artinya :

Dipelihara oleh yadnya, para Dewa akan memberi kamu kesenangan yang kau ingini. Ia yang menikmati pemberian-pemberian ini, tanpa memberikan balasan kepada-Nya adalah pencuri.

Makna yang terkandung dalam pengertian pada sloka ini adalah melalui saling memelihara dengan yadnya itu antara manusia yang berhutang hidup pada Dewa (Dewa Rna salah satu dari Tri Rna itu) dengan Dewa yang telah memberikan kesempatan pada manusia untuk hidup, maka para Dewa akan memberikan kesenangan yang diinginkan. Sebaliknya bila manusia hanya menikmatinya saja tanpa memberikan pemeliharaan sebagai balasannya, maka manusia yang demikian dinyatakan sebagai pencuri.

Dalam kehidupan keseharian, manusia telah mendapatkannya apa yang dikehendaki, dan ini semua adalah ciptaan-Nya, maka manusia wajib untuk memelihara dan memanfaaatknnya sesuai dengan maksud dan tujuannya masing-masing. Namun apa yang telah diciptakan oleh Tuhan dan dinikmati umat, wajib untuk dihaturkan kembali sebagaiannya sebagai ungkapan rasa bhakti umat kehadapan Hyang Widhi dengan berupa yadnya.

Selanjutnya pada sloka 13, berbunyi sebagai berikut :

Yajnasistasinah santo mucyante sarvakilbisaih bhunjate te tv agham papa   ye pacanty atmakaranat

Artinya :

Orang –orang yang baik yang makan apa yang tersisa dari yadnya, mereka itu terlepas dari segala dosa. Akan tetapi mereka yang jahat yang menyediakan makanan untuk kepentingannya sendiri mereka itu adalah makan dosanya sendiri.

Makna yang terkandung dalam pengertian pada sloka ini, adalah orang yang baik, akan beryadnya terlebih dahulu sebelum makan kepada para Dewa agar terhindar dari dosanya, tetapi bagi mereka yang tidak baik atau disebut jahat, semua makanan disediakan atau dimakan hanya untuk kepentingannya saja, hal itu disebut mereka memakan dosanya sendiri sehingga menjadi makin besar dosanya.

Berikut pada sloka 14, berbunyi sebagai berikut :

Annad bhavanti bhutani   parjanyad annasambhavah yajnad bhavati parjanyo yajnah karmasamudbhavah

Artinya :

Dari makanan, mahluk menjelma, dari hujan lahirnya makanan dan dari yadnya muncullah hujan dan yadnya lahir dari pekerjaan.

Makna  yang terkandung dalam pengertian pada sloka ini, adalah lingkaran kehidupan yang menghidupkan  semua yang ada dan kegunaannya saling memerlukan antara yang satu dengan yang lainnya atau ketergantungan itu terletak pada makna dari yadnya yang diciptakan oleh Ida Hyang Widhi Wasa itu.

 

Selanjutnya pada sloka 15, berbunyi sebagai berikut :

Karma brahmodbhavam vidhi brahma ksarasamudbhavam tasmat sarvagatam brahma nitya yajne pratisthitam

Artinya :

Ketahuilah asal mulanya “karma”  didalam weda dan brahma muncul dari yang abadi. Dari itu brahma yang meliputi semuanya selalu berpusat disekeliling yadnya.

Makna yang terkandung dalam pengertian pada sloka ini adalah Brahma yaitu manifestasi Tuhan sebagai pencipta untuk semuanya itu berpusat disekililing yadnya melalui karma-Nya, yang didalam pustaka suci Weda dikatakan bahwa Brahma itu muncul dari yang abadi yaitu Tuhan/Ida Hyang Widhi Wasa. Makna yadnya dalam hal ini adalah sebagai sarana pusat penciptaan.

Selanjutnya pada sloka 16, berbunyi sebagai berikut :

Evam pravartitam cakram na nuvartayati ha yah aghayur indriyaramo mogham partha sa jivati

Artinya :

Ia yang di dunia tidak ikut memutar roda (cakra) yadnya yang timbal balik ini adalah jahat dalam alamnya dan ia, O Arjuna hidup sia-sia.

Makna yang terkandung dalam pengertian pada arti sloka ini adalah mengenai penggunaan yadnya secara timbal balik, yang pada awalnya Prajapati menciptakan manusia dengan yadnya dan selanjutnya manusia memelihara semua ciptaan-Nya itu dengan yadnya pula. Bila tidak dilaksanakan seperti itu, maka manusia sebagai mahluk ciptaan-Nya yang paling utama dan sempurna keberadaannya , dinyatakan jahat pada kehidupannya, puas dengan indriyanya dan hidupnya sia-sia serta hampa.

167 Responses to “UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA”

  1. ブレゲ クラシック youtube Says:

    ブレゲ クラシック youtube

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  2. [Web] Says:

    [Web]

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  3. solar water heating Says:

    solar water heating

    blog topic

  4. Best Movies On Netflix Says:

    Best Movies On Netflix

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  5. Crypto Says:

    Crypto

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  6. บาคาร่า Says:

    บาคาร่า

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  7. ハミルトン 時計 時間合わせ Says:

    ハミルトン 時計 時間合わせ

    blog topic

  8. does at home laser hair removal work Says:

    does at home laser hair removal work

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  9. escort in delhi Says:

    escort in delhi

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  10. delhi call girls Says:

    delhi call girls

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  11. توكيل ايديال زانوسي Says:

    توكيل ايديال زانوسي

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  12. خدمة عملاء مولينكس Says:

    خدمة عملاء مولينكس

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  13. صيانة جورنجي Says:

    صيانة جورنجي

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  14. blog.londraweb.com Says:

    blog.londraweb.com

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  15. population growth Says:

    population growth

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  16. wahumorway.com Says:

    wahumorway.com

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  17. white iphone 4 Says:

    white iphone 4

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  18. http://guyouthprograms.com/ Says:

    http://guyouthprograms.com/

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  19. spoken english lessons Says:

    spoken english lessons

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  20. information technology career information Says:

    information technology career information

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  21. graphic design studio Says:

    graphic design studio

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  22. selling stock photos online Says:

    selling stock photos online

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  23. http://beyhad2.com/ Says:

    http://beyhad2.com/

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  24. celebrity hairstyles Says:

    celebrity hairstyles

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  25. protein diet Says:

    protein diet

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  26. drugs in our drinking water Says:

    drugs in our drinking water

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  27. top 7 useful apps on facebook Says:

    top 7 useful apps on facebook

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  28. unemployment insurance Says:

    unemployment insurance

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  29. book club leader Says:

    book club leader

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  30. space debris collectors Says:

    space debris collectors

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  31. church music Says:

    church music

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  32. 楽天 運営 Says:

    楽天 運営

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  33. Golf Forums Says:

    Golf Forums

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  34. openlearning.com Says:

    openlearning.com

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  35. Free Classifieds Says:

    Free Classifieds

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  36. okayu body pillow Says:

    okayu body pillow

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  37. PAJAMA Says:

    PAJAMA

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  38. live22 Says:

    live22

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  39. idn slot Says:

    idn slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  40. yukslot88 Says:

    yukslot88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  41. slot bonus 100 to 3x] Says:

    slot bonus 100 to 3x]

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  42. pragmatic lapak pusat Says:

    pragmatic lapak pusat

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  43. microgaming Says:

    microgaming

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  44. cara daftar gates of olympus Says:

    cara daftar gates of olympus

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  45. cq9 Says:

    cq9

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  46. slot lapak pusat Says:

    slot lapak pusat

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  47. judi lapak pusat slot Says:

    judi lapak pusat slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  48. fafa slot Says:

    fafa slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  49. https://www.pragmatic-lapak-pusat.com/ Says:

    https://www.pragmatic-lapak-pusat.com/

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  50. slot zeus Says:

    slot zeus

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  51. 인터넷바카라 Says:

    인터넷바카라

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  52. olympus slot Says:

    olympus slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  53. sv388 Says:

    sv388

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  54. deposit 25 bonus 25 Says:

    deposit 25 bonus 25

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  55. slot jackpot Says:

    slot jackpot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  56. 바카라게임사이트 Says:

    바카라게임사이트

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  57. gates of olympus Says:

    gates of olympus

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  58. pragmatic lapakpusat Says:

    pragmatic lapakpusat

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  59. pragmatic play Says:

    pragmatic play

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  60. olympus slot login Says:

    olympus slot login

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  61. judi lapak pusat Says:

    judi lapak pusat

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  62. slot online lapak pusat Says:

    slot online lapak pusat

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  63. pragmaticplay Says:

    pragmaticplay

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  64. deposit 20 bonus 30 slot Says:

    deposit 20 bonus 30 slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  65. login pragmatic play Says:

    login pragmatic play

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  66. idnpoker Says:

    idnpoker

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  67. situs slot gacor lapak pusat Says:

    situs slot gacor lapak pusat

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  68. joker 123 Says:

    joker 123

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  69. sv 388 Says:

    sv 388

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  70. sbo bet Says:

    sbo bet

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  71. depo 25 bonus 25 Says:

    depo 25 bonus 25

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  72. yuk slot 88 Says:

    yuk slot 88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  73. Slotmerahbet officially announced Says:

    Slotmerahbet officially announced

    blog topic

  74. Tea Baths Says:

    Tea Baths

    blog topic

  75. ceri slot Says:

    ceri slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  76. ceri138.com Says:

    ceri138.com

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  77. habanero demo Says:

    habanero demo

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  78. yukslot 88 Says:

    yukslot 88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  79. judi lapakpusat Says:

    judi lapakpusat

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  80. yuk slot88 Says:

    yuk slot88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  81. pragmaticc lapak pusat Says:

    pragmaticc lapak pusat

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  82. fafaslot Says:

    fafaslot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  83. ceri138 Says:

    ceri138

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  84. svv388 Says:

    svv388

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  85. slot gacor lapak pusat Says:

    slot gacor lapak pusat

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  86. sv388.com Says:

    sv388.com

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  87. game sabung ayam Says:

    game sabung ayam

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  88. Togel Online Says:

    Togel Online

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  89. olympus login slot Says:

    olympus login slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  90. higgs domino Says:

    higgs domino

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  91. depo 20 bonus 30 slot Says:

    depo 20 bonus 30 slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  92. leci123 Says:

    leci123

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  93. similar webpage Says:

    similar webpage

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  94. Http://Data.Ptho.Moph.Go.Th/Report61/Webboard/Eforum_Show.Php?Forumid=000294 Says:

    http://Data.Ptho.Moph.Go.Th/Report61/Webboard/Eforum_Show.Php?Forumid=000294

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  95. please click the following article Says:

    please click the following article

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  96. Hub.Docker.Com Says:

    Hub.Docker.Com

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  97. please click the following webpage Says:

    please click the following webpage

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  98. mouse click the following internet site Says:

    mouse click the following internet site

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  99. Profile.hatena.ne.jp Says:

    Profile.hatena.ne.jp

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  100. http://www.Pcrcri4.net Says:

    http://www.Pcrcri4.net

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  101. Connect.Garmin.Com Says:

    Connect.Garmin.Com

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  102. Deviantart.Com Says:

    Deviantart.Com

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  103. pxhere.com Says:

    pxhere.com

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  104. https://Www.Stageit.com/ Says:

    https://Www.Stageit.com/

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  105. Soccer-Plaza.Gitbook.Io Says:

    Soccer-Plaza.Gitbook.Io

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  106. please click the following internet site Says:

    please click the following internet site

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  107. Www.opendesktop.org Says:

    http://Www.opendesktop.org

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  108. Telegra.ph Says:

    Telegra.ph

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  109. phim sex Says:

    phim sex

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  110. sbobet Says:

    sbobet

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  111. vivo slot Says:

    vivo slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  112. شركة غسيل مكيفات بالرياض Says:

    شركة غسيل مكيفات بالرياض

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  113. gacor slot Says:

    gacor slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  114. idn poker88 Says:

    idn poker88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  115. jokerslot Says:

    jokerslot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  116. s128 Says:

    s128

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  117. judi bola Says:

    judi bola

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  118. login togel Says:

    login togel

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  119. slot gacor Says:

    slot gacor

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  120. joker 388 Says:

    joker 388

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  121. sbobet 88 Says:

    sbobet 88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  122. rtp slot hari ini Says:

    rtp slot hari ini

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  123. Vao Bong88 Says:

    Vao Bong88

    blog topic

  124. Folios a4 Says:

    Folios a4

    blog topic

  125. hufgefluester.eu Says:

    hufgefluester.eu

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  126. luxury car rental companies Says:

    luxury car rental companies

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  127. totojitu Says:

    totojitu

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  128. Living Church Ministries Says:

    Living Church Ministries

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  129. http://handler.Et4.de/jspdfviewer/pdfproxy.ashx?pdfurl=httpuctes.com.trindex.phpcomponentk2item7 Says:

    http://handler.Et4.de/jspdfviewer/pdfproxy.ashx?pdfurl=http%3a%2f%2fuctes.com.tr%2findex.php%2fcomponent%2fk2%2fitem%2f7

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  130. billboard Says:

    billboard

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  131. ratupoker88 Says:

    ratupoker88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  132. Business Visa Online Says:

    Business Visa Online

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  133. slot toto 88 Says:

    slot toto 88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  134. call girls Says:

    call girls

    blog topic

  135. escort agency in Proddatur Says:

    escort agency in Proddatur

    blog topic

  136. Sircilla escort agency Says:

    Sircilla escort agency

    blog topic

  137. slot88 Says:

    slot88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  138. https://sites.google.com/view/leci123/ Says:

    https://sites.google.com/view/leci123/

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  139. hacking app Says:

    hacking app

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  140. urotech Says:

    urotech

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  141. Slot Gates Of Olympus Says:

    Slot Gates Of Olympus

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  142. delhi call girls Says:

    delhi call girls

    blog topic

  143. https://berita-harian.sgp1.cdn.digitaloceanspaces.com/game-slot.html Says:

    https://berita-harian.sgp1.cdn.digitaloceanspaces.com/game-slot.html

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  144. agencia de modelo Says:

    agencia de modelo

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  145. juragan188 Says:

    juragan188

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  146. idnpoker88 Says:

    idnpoker88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  147. joker slot Says:

    joker slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  148. vivoslot Says:

    vivoslot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  149. dewa303 Says:

    dewa303

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  150. https://www.ahabet88.com/ Says:

    https://www.ahabet88.com/

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  151. Independent Escorts In India Says:

    Independent Escorts In India

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  152. https://scrapingmaster.bloggi.co Says:

    https://scrapingmaster.bloggi.co

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  153. Agencia de moda inscricoes Says:

    Agencia de moda inscricoes

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  154. https://jp-sji.org/ Says:

    https://jp-sji.org/

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  155. judi bola online Says:

    judi bola online

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  156. slot Says:

    slot

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  157. slot gacor hari ini Says:

    slot gacor hari ini

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  158. slot online terpercaya Says:

    slot online terpercaya

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  159. r57 shell Says:

    r57 shell

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  160. Going On this page Says:

    Going On this page

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  161. AZUL188 >> Situs Slot Demo PG Gacor Uang Asli Terbaik Says:

    AZUL188 >> Situs Slot Demo PG Gacor Uang Asli Terbaik

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  162. AZUL188 : Situs Agen Slot Pulsa Terpercaya Says:

    AZUL188 : Situs Agen Slot Pulsa Terpercaya

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  163. PANEN189 Says:

    PANEN189

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  164. mantra88 Says:

    mantra88

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  165. slot demo Says:

    slot demo

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  166. slot gacor online Says:

    slot gacor online

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri

  167. demo slot pg Says:

    demo slot pg

    UPAKARA DALAM UPACARA YADNYA | yogagiri