BIOGRAFI SENIMAN I MADE SURAWAN

This post was written by winagunawan on Januari 16, 2012
Posted Under: Tulisan

Nama :I Made Surawan.

Beliau adalah seniman alam yang berasal dari desa gulingan kecamatan mengwi kabupaten Badung . I Made Surawan lahir tahun 1865 dan beliau adalah seniman alam yang menggeluti bidang seni khususnya dalam bidang seni karawitan bali. Beliau adalah anak pertama dari lima bersaudara dari pasangan suami istri I Made Gedug dan Ni Made Netri.

Beliau dulu bersekolah di SD 1 gulingan dan tamat tahun 1976. Setelah itu beliau melanjutkan ke sekolah SLUB Saraswati Amlapura dan beliau tamat tahun 1979. Setelah tamat di SLUB Saraswati beliau melanjutkan ke STM Pertanian Saraswati Tabanan, dan beliau tamat tahun 1982. Pada tahun1978 I Made Surawan ini mengikuti tarian Cak di banjar Tengah Gulingan yang di pentaskan di Objek-objek wisata. Di dalam tarian Cak itu beliau berperan sebagai Sugriwa dan setelah menari Sugriwa beliau langsung merangkap menabuh.

 

Mulai dari tahun 1980 I Made Surawan ini sudah mengabdikan diri di masyarakat banjar Tengah Gulingan di dalam bidang seni karawitan. I Made Surawan menikah dengan Ni Nyoman Suarini tahun 1884 dan di karuniai 2 orang anak. Di samping menggeluti bidang seni karawitan, beliau juga menggeluti bidang seni yang lainnya. Seperti, beliau bisa memainkan wayang dan menarikan tarian topeng. I I Made Surawan ini terpacu belajar wayang dan tarian topeng ini karena ia ingin menambah penghasilan keluarga. Karena keadaan keluarga di saat itu bisa di bilang kurang mampu.

Setelah I Made Surawan menguasai tarian topeng itu, baru beliau mulai menarikan tarian topeng di rumah-rumah masyarakat yang mempunyai upacara keagamaan sampai sekarang.

Comments are closed.