Bonsai – Pengertian, Jenis, 5 Cara Membuat Bonsai

This post was written by Putu Priska on Maret 23, 2021
Posted Under: Serba Serbi

Siapa sih yang tidak mengenali tanaman bonsai? Tanaman ini sebagai pohon yang dengan menyengaja dibikin dalam ukuran kecil (kerdil) hingga dapat ditanamkan dalam sebuah pot.

Tanaman ini umumnya jadi sebagai hiasan karena memiliki bentuk yang kerap jadi miniatur dari pohon yang berada di alam bebas. Tapi cukup banyak yang menjadikan sebagai media evaluasi.

Jenis Tanaman Bonsai

Kecuali ukuran yang unik, tanaman ini makin banyak disukai orang karena tanaman ini mempunyai banyak beberapa jenis hingga tingkatkan keelokan tanaman kerdil ini. Nah, pada artikel ini, situs bonsaikita.com akan berbagi beberapa macam bonsai yang cantik dan menarik.

1. Bonsai Beringin

Bonsai yang ini tentu sudah kenal kembali kan? Tanaman bonsai yang ini adalah bonsai yang tersering ditemui dan paling dekat dengan budaya Indonesia. Bonsai ini mempunyai keunikan daun yang rimbun dengan ukuran yang kecil ditambahkan lagi wujud batangnya yang unik membuat tanaman bonsai beringin ini jadi cantik.

2. Bonsai Azalea

Bonsai ini sebagai bonsai elok dari jepang. Bonsai yang ini mempunyai warna bunga yang cantik yakni merah muda dan benar-benar elok. Bunga ini akan membuat interior makin kelartetik.

3. Bonsai Anggur

Kemungkinan sedikit yang yakin jika tanaman menjalar seperti anggur akan cantik bila dibikin jadi bonsai. Pada kenyataannya bonsai anggur cukup elok bila jadi tanaman bonsai. Dengan buahnya yang banyak disukai membuat pemilik bonsai anggur bisa nikmati buah anggur fresh langsung dari pohonnya.

4. Bonsai Maple

Bonsai yang ini adalah bonsai yang disebutkan dengan bonsai paling cantik. Bagaimana tidak? Daunnya yang warna ceria seperti ungu, pink dan biru membuat beberapa penikmatnya jatuh cinta. Tanaman bonsai ini berawal dari Jepang.

5. Bonsai Bougenville

Bonsai yang ini disebutkan sebagai bunga kertas. Bunga ini mempunyai warna ceria yang paling pas bila jadi sebagai hiasan di dalam rumah.

Cara Membuat Tanaman Bonsai

Sesudah mengenali beberapa macam tanaman bonsai, tentu banyak nih yang tertararik untuk pelajari mengenai bonsai. Yang ingin tahu langkah membuat dan menjaganya, silahkan kita ulas bersama.

Beberapa langkah yang perlu diiikuti sebagai berikut :

1. Pilih pot yang pas untuk dipakai sebagai tempat untuk menanam bonsai. Ketika menentukan pot, kecuali pilih wujud yang anda harapkan yakinkan pot itu mempunyai akses drainase yang sanggup keringkan air dan pupuk extra dari akar tanaman bonsai.

2. Pakai tanah yang berkualitas dan pas untuk tanaman bonsai. Tanah yang berkualitas dan pas ialah tanah yang memiliki kandungan gizi dan sanggup meresap air secara baik.

3. Selalu siap siapkan beberapa alat sebagai simpatisan menanam dan menjaga tanaman yang ini. Beberapa yang terhitung alat simpatisan seperti air yang bersih, gunting tanaman, timah untuk membuat pohon (juga bisa memakai kawat alumunium), tang untuk membuat kawat dan buang akar, dasar dan dahan yang tebal.

4. Kerjakan perawatan yang benar dan baik pada bonsai. Misalnya taruh pada bagian luar rumah di mana bonsai bisa terkena cahaya matahari. Lakukan penyiraman dengan teratur tetapi janganlah sampai terlalu berlebih karena sanggup membuat akar bonsai jadi berjamur.

5. Untuk tingkatkan perkembangannya, bikinlah minimal stu laposann material komposit pada tempat (pot) seperti kerikil atau pasir. Ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan kualitas dari tanah.

Pemanfaatan Bonsai

Menarik bukan mengulas tanaman kecil yang menggemaskan ini? Nach kecuali tipe dan langkah menanamnya, artikel ini akan share faedah dari tanaman bonsai yakni:

  • Hiasan untuk rumah, kantor dan tempat yang lain.
  • Kerap disebutkan jadi salah satunya artistik kolaboratif untuk beberapa pemiliknya.
  • Bersihkan udara dan tingkatkan kandungan oksigen keseluruhnya di dalam ruang.
  • Sanggup kurangi penyakit atau alergi yang terkait dengan temperatur dingin.
  • Bonsai kerap jadi sebagai hadiah.
  • Bertambahnya kreasi. Ini sudah pasti tidak dibantah. Karena untuk menanam dan menjaganya memerlukan kreasi pemiliknya. Ditambahkan lagi di saat membuat batangnya diperlukan seni yang sanggup mempercantik bonsai
  • Mengurangi stress. Ini dipandang betul karena pada kenyataannya bonsai kerap dijumpai di meja kerja yang ucapnya sanggup menentramkan pemikiran.

Itulah beberapa info yang bisa diterangkan di artikel bonsaikita.com ke para pembaca. Semoga artikel ini bisa memberikan

Tag:

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address