Perbedaan Serangan Jantung dan Gagal Jantung yang Perlu Kamu Pahami

This post was written by Putu Priska on Agustus 11, 2021
Posted Under: Tak Berkategori

ISI-DPS – Jantung sebagai organ yang penting karena berperan untuk memompa darah ke semua badan. Tanpa supply darah yang bersih dari jantung, badan tidak segera dapat bertahan dan berperan secara baik. Penyakit yang dapat serang jantung juga banyak, dan masing-masing mempunyai pemicu dan tanda-tandanya sendiri. Dua penyakit yang kerap menyerang jantung ialah gagal jantung dan serangan jantung.

Karena serang satu organ yang serupa, gagal jantung kerap dipandang sama dengan serangan jantung. Walau sebenarnya realitanya, kedua keadaan krisis itu benar-benar berlainan, meskipun sama wujud dari penyakit jantung dan perlu dicurigai. Yuk, cari tahu perbedaan antara serangan jantung dengan gagal jantung, supaya kamu dapat bertindak penangkalan atau pengatasan yang akurat.

Serangan Jantung

Serangan jantung atau yang dalam istilah klinis juga dikenal dengan infark miokard. Keadaan di mana suplai darah ke arah jantung terhalang karena ada aglutinasi darah atau penimbunan lemak, cholesterol, dan elemen yang lain. Jika kendala itu tidak selekasnya terbuka kembali, karena itu dapat menghancurkan atau merusak otot jantung dan dapat berpengaruh fatal.

Gagal Jantung

Gagal jantung sebagai keadaan di mana jantung tidak bisa berperan dengan maksimal. Gagal jantung merupakan keadaan serius, karena otot jantung yang bertanggungjawab untuk memompa darah. Ada dua tipe gagal jantung, yakni kiri dan kanan.

Umumnya penderita gagal jantung kiri akan alami tanda-tanda seperti napas sesak dan badan berasa kurang kuat, sedang gagal jantung kanan diikuti karena ada bengkak pada anggota gerak badan, seperti lengan dan tungkai. Berlainan dengan serangan jantung yang terjadi secara mendadak, gagal jantung sebagai penyakit yang tumbuh dengan bertahap.

Perbedaan Cara Pengobatan Serangan Jantung dan Gagal Jantung

Pada mayoritas kasus, gagal jantung sebagai keadaan sepanjang umur yang tidak dapat sembuh seutuhnya. Hingga penyembuhan yang sudah dilakukan cuman untuk menahan keadaan penyakit lebih buruk dan mengatur tanda-tanda sepanjang mungkin. Pengatasan yang sudah dilakukan untuk gagal jantung terbagi dalam gabungan beberapa obat, penempatan perlengkapan penunjang jantung, dan operasi jantung.

Sedang, serangan jantung ialah keadaan klinis genting yang perlu selekasnya diatasi secepat-cepatnya dengan bawa pasien ke rumah sakit paling dekat. Untuk pengatasan pertama, pasien bisa konsumsi aspirin dengan jumlah normal 300 mg.

Selanjutnya, pasien serangan jantung akan diberi beberapa obat untuk meleburkan gumpalan darah dan proses operasi jantung dibutuhkan untuk kembalikan saluran darah ke arah jantung.

Perbedaaan Penyebab Serangan Jantung dan Gagal Jantung

Pemicu khusus berlangsungnya serangan jantung ialah karena ada penyakit jantung koroner, yakni penyumbatan pembuluh darah khusus (pembuluh koroner) yang menyuplai darah ke jantung. Sumbatan ini disebabkan karena tumpukan cholesterol berbentuk karies yang melekat pada dinding pembuluh darah.

Karies yang rengat akan menyebabkan berlangsungnya aglutinasi darah, hingga pada akhirnya darah yang menggumpal. Hal itu akan menghalangi jalannya saluran darah dan oksigen ke jantung lewat pembuluh darah. Sedang pemicu gagal jantung umumnya dipacu oleh ada permasalahan kesehatan. Diantaranya seperti berikut:

  • Penyakit jantung koroner,
  • Tekanan darah tinggi,
  • Anemia,
  • Cacat jantung sejak lahir,
  • Diabetes, dan
  • Gangguan ritme jantung.

Perbedaaan Gejala Serangan Jantung dan Gagal Jantung

Kamu bisa juga membandingkan serangan jantung dan gagal jantung dengan memerhatikan tanda-tanda yang muncul. Tanda-tanda serangan jantung yakni ada rasa penekanan yang kuat pada tempat dada, ngilu di dada, rasa berat, sesak atau terbakar. Tetapi, tidak seluruhnya orang yang punyai penyakit jantung akan rasakan sakit di dada. Tidak seluruhnya sakit di dada ialah karena serangan jantung.

Maka penting untuk kamu selalu untuk siaga dengan tanda-tanda yang muncul dan mengulasnya sama dokter yang pakar. Sedang gagal jantung terjadi dengan bertahap dalam beberapa saat. Tanda-tanda biasanya ialah gampang napas sesak baik saat melakukan aktivitas atau saat istirahat, badan berasa capek selama waktu, dan kaki atau pergelangan kaki membesar.

Setelah mengetahui perbedaan serangan jantung dan gagal jantung, jadi seharusnya kamu mulai memberikan perhatian lebih dari jantungmu. Dengan kamu mengaplikasikan skema makan sehat dan olahraga dengan teratur tentunya jantungmu tetap sehat.

Tag:

Comments are closed.