Komentar Terhadap ujian TA Seni Tari ” ROMANKU “

This post was written by desimuliartana on Januari 9, 2012
Posted Under: Tulisan

Ujian TA Seni Tari 2011 Institut Seni Indonesia Denpasar

“ROMAN KU”

Tema                             : Percintaan Remaja

Sinopsis                    : Roman Ku menggambarkan lika-liku gejolak asmara dengan watak dan isi jiwa masing-masing yang berlatarkan historis dan imajiner. Terangkai dan terbingkai dalam sebuah cerita pada usia remaja. Melalui rasa yang tumbuh dari kekaguman menjadi cinta membuat kita ingin selalu bertemu, tetapi malu saat bertatap muka dan ketika jauh ingin selalu bersama. Emosi tak terkendali ketika tersakiti oleh nafsu cinta, namun rasa sayang adalah jawaban dari semuanya. Tersematkan sebuah hadiah untuk merajut kisah yang baru.

Penata Tari                      : Ni Wayan Nova Jayanti

Pendukung Tari           :  I Gusti Putu Agus Adi Yustika.

Penata Iringan              : Dewa Nyoman Candra

Pendukung Iringan   : I Made Desi Muliartana, dan I Made Suwidnya.

Kritik saya terhadap video rekaman Ujian TA “Roman Ku” :

Ø  Menurut saya sendiri, rekaman diatas kurang begitu bagus untuk dipertontonkan atau disebarkan ke orang banyak, karena rekaman video diatas kurang begitu baik dari segi video maupun dari segi kualitas rekamannya,  karena kurang jelas kelihatan wajah dari penari tersebut atau masih samar-samar.  Dari segi kualitas sangat berbeda pada saat pementasan langsungnya, mungkin menurut saya sendiri alat perekamnya kurang begitu bagus atau kurang efisien, akibatnya kurang begitu jelasnya wajah dari sang penari, dan mungkin karena rekaman tersebut direkam sendiri menggunakan handdycam akibatnya  masih kedengaran berisik dan pada gambarnya kelihatan samar-samar di rekaman video Ujian TA tersebut.

  • Ø  Lighting

Menurut saya sendiri pencahayaannya aatu tata lightingnya terlalu cerah, kurang adanya kombinasi warna yang dimana berfungsi sebagai pembawa suasana pada saat sedih, senang maupun canda. Maka, suasananya kurang begitu jelas.

  • Soud system

Menurut saya sendiri, pengaturan volume pada masing-masing instrument yang digunakan tidak seimbang, suara atau volume keyboard terlalu keras, sedangkan pada volume gitar terlalu rendah atau kecil. Jadi pada saat keyboard dan gitar dimainkan bersama, suara gitar tidak begitu jelas untuk didengar, malahan suara keyboard yang lebih dominan.

Tambahan saya terhadap Ujian TA “ Roman Ku” :

¨   Untuk penyempurnaan atau untuk mendokumentasikan ujian TA diatas, sebaiknya alat rekam yang digunakan setidaknya berkualitas tinggi, supaya hasil rekamannya menjadi bagus dan bisa disebarluaskan.

¨   Pada lighting, pada saat perpindahan penari perlu adanya seorang yang memang handal dalam bidangnya, karena pada saat rekamaan diatas kurang begitu pas perpindahan cahayanya dan kurang begitu jeli dari pengatur lighting jadinya lambatnya pencahayaan terhadap perpindahan gerak tari.

¨  Pada sound system, harus dilakukan perataan volume, baik keras maupun lirihnya instrument yang digunakan. Microphone yang harus digunakan yaitu microphone yang khusus buat instrument atau alat musik  yang digunakan.

 Foto pada saat pementasan berlangsung

 

 

 

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 19th, 2022 @ 4:21 am