Sinopsis lakon pragiwa pragawati

This post was written by yogasuputra on Maret 9, 2012
Posted Under: Tulisan

BABAK  I

Di ceritakan di kerajaan indra wiprasta sang yudistira dan perabu kresna membicarakan akan Melaksanakan upacara sutha kerti. ialah upacara untuk pembersihan secara rohani kepada putra-putra pandawa. Lalu sang yudistira mengutus adiknya sang bima,dan arjuna untuk mencari putra-putranya agar datang ke indra wiprastha untuk di upacarai

BABAK II

          Di ceritakan di negeri detya kala mariyama sang raja detya kala mariyama ingin mencari istri seorang bidadari lalu mendengar berita anak dari dewi supraba dan arjuna yaitu dewi pragiwa dan dewi pragawati akan turun kedunia untuk menghadiri upacara sutha kerti. Setelah mendengar berita akan turunnya anak dewi supraba sang detya kala mariyama mengutus semua raksasa agar berjaga-jaga untuk bersiap-siap menculik anak dari dewi supraba yaitu dewi peragiwa dan dewi pragawati. Setelah turunnya dewi pragiwa dan dewi pragawati tersesatlah mereka di sebuah hutan lalu bertemu dengan sang detya kala mariyama dan sang detya pun bertanya asal usul kedua wanita cantik itu, lalu wanita cantik itu menjawab ia mengatakan anak dari supraba dan langsunglah diculik kedua bidadari itu dan diterbangkan untuk dijadikan istri.

BABAK III

Di ceritakan sang gatotkaca sedang terbang di angkasa lalu mendengar suara seseorang wanita yng minta tolong dan turunlah sang gatot kaca mendekati pusat suara itu, lalu gatot kaca menolong dua bidadari itu dari genggaman sang detya kala mariyama itu. Maka terjalilah pertempuran yang sangat sengit, dalam pertempuran itu sang gatot kaca kalah melawan detya mariyama kekalahan sang gatot kaca di ketahui oleh hanoman. Sang hanoman lalu memberitau sang bima dan para pandawa untuk membantu gatot kaca menyelamatkan dua bidadari itu. Sang bima dapat mengalahkan sang kala mariyama dan bima bertanya kpada dua orang bidadari itu tentang asal usulnya,dua bidadari itu menjawab bahwa dia adalah anak dari arjuna dan dewi supraba datang untuk menghadiri upacara sutha kerti.setelah bima tau lalu menyuruh anaknya gatot kaca untuk menerbangkan dewi peragiwa dan peragawati ke indra wiprasta untuk menghadiri upacara sutha kerti.lengkap kedatangan dari semua anak panca pandawa lalu dimulailah upacara sutha kerti.

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 22nd, 2022 @ 12:57 am