Apr
02
2012

Barungan Gambelan Geguntangan

BARUNGAN GAMBELAN GEGUNTANGAN 

         Gambelan Geguntangan adalah sebuah barungan gambelan kecil atau sebuah barungan gambelan alit yang terdiri dari 7 – 10 instrumen-instrumen gambelan. Awal munculnya gambelan geguntangan ini sendiri pada tahun 1970 dengan seiringan kemunculan gambelan semarpagulingan, gong suling dan geguntangan ini

       Pertamanya gambelan geguntangan ini sendiri menjadi satu dengan gambelan gong suling, akan tetapi seiringan dengan perkembangan pakem atau fungsi gambelan-gambelan yang ada di pulau bali gambelan geguntangan ini pun menjadi sebuah gambelan pengiring darma githa atau sesantiaan pupuh kekidungan untuk mengiringi upacara dewa yadnya. Jadi fungsi utama dari barungan gambelan geguntangan ini sendiri adalah sebagai pengiring darma githa.

       Menurut kasifikasai barungan gambelan geguntangan diatas ada  beberapa instrument-instrumen gambelan yang di mananya terdapat instrument gambelan perkusif atau di pukul mennggunakan alat ( panggul) dan ada pula instrument gambelan yang di tiup. Intrumen- istrumen gambelan geguntangan ini pun terdiri dari 7-10 instrumen gambelan.

       Instrumen –instrumen gambelan perkusif atau di pukul dengan menggunakan alat (panggul) yaitu sebagai berikut : instrumen kendang prumpungan ( lanang-wadon), gajar tiying (guntangan), gajar krentengan, kecek, klenang, tawe-tawe dan jegogan ( gong pulo) sedangkan kan instrumen gambelan yang berupa di tiup yaitu : suling atau seruling yang terdiri dari 2 macam jenis yaitu suling kecil dan suling besar.

        Mengikuti teknik permainnanya instrument-instrumen gambelan geguntangan di atas mempunyai teknik-teknik permainan yang berbeda-beda pula. Teknik-teknik tersebut akan menyebabkan setiap kelompok instrument memiliki bunyi atau warna suara yang berbeda dari setiap istrumen.

 Klasifikasi dari teknik-teknik permainan dari setiap instrumen gambelan geguntangan adalah sebagai berikut :

         Instrument kendang perumpungan yaitu sebuah instrument yang terbuat dari kulit yang di cencang. Kendang pada umumnya di pulau bali ada beberapa jenis kendang dari ukuran yang besar sedang sampai kecil, sedangkang instrument kendang perumpungan ini sendiri termasuk dalam ukuran kendang sedang, kendang prumpungan ini sendiri ada 2 jenis yaitu kendang perumpungan lanang dan kendang perumpungan wadon, cara memainkan kendang perumpungan ini sendiri dengan menggunakan tangan sendiri warna suara yang di hasilkan dari kendang perumpungan ini sendiri adalah pak,peng,pung,dit, dll.

            Instrument gajar tiying ( guntangan) yaitu sebuah instrument yang terbuat dari bambu yang di lubangi menyerupai kulkul yang ada di bali. Cara memainkan instrument ini sendiri dengan menggunakan alat (panggul) yang menyerupai panggul rindik. Fungsi dari instrument gajar tiying(guntangan) ini sebagai pembawa tempo di setiap gending atau lagu.

            Instrument gajar krentengan yaitu sebuah instrument yang terbuat dari krawang yang sama dengan gajar di barungan gambelan palegongan. Cara memainkan instrument gambelan gajar krentengan ini sendiri dengan menggunakan alat (panggul). Fungsi gajar krentengan ini adalah sebagai memperkaya irama gambelan.

           Instrument kecek atau ceng-ceng yaitu sebuah instrument yang terbuat dari krawang seperti lempehan-lempehan yang berbentuk seperti piring. Cara memainkan kecek atau ceng-ceng ini sendiri dengan cara di pukul menggunakan cakup kecek itu sendiri. Fungsi dari kecek ini sendiri memperkaya irama gending pada gambelan,

          Instrument klenang yaitu sebuah instrument gambelan yang terbut dari krawang yang berbentuk seperti pencon-pencon yang ada pada riyong maupun trompong. Instrument ini pada umumnya bernada ndang. Cara memainkan klenang ini dengan cara menggunakan alat (panggul) yang seperti panggul reyong. Fungsi dari instrument klenang ini yaitu untuk memperkaya irama pada gending geguntangan.

           Instrument tawe-tawe yaitu sebuah instrument yang terbuat dari krawang yang menyerupai tawe-tawe pada umumnya yang dipkai pada barungan gambelan beleganjur. Cara memainkan tawe-tawe ini dengan cara di pukul dengan alat ( panggul ). Fungsi dari tawe-tawe ini sendiri yaitu untuk memperkaya irama gambelan.

           Instrument jegogan( gong pulo) yaitu instrument yang berbilah seperti jegog gong kebyar pada umumnya tapi pada instrument jegogan (gong pulo) pada gambelan geguntangan Cuma mempunyai bilah nada 2 yaitu ndang dan ndung. Cara memainkan instrument jegogan (gong pulo) yaitu dengan menggunakan panggul jegoggan pada umumnya akan tetapi di jadikan satu. Fungsi dari instrument jegogan ( gong pulo ) yaitu  sebagai finalis pada gambelan geguntangan .

          Instrument suling yaitu instrument yang terbuat dari bamboo. Cara memainkan instrument suling ini yaitu dengan cara di tiup (ngupin). Suling dapat di bedakan menjadi 2 macam yaitu suling besar dan suling kecil. Fungsi utama dari instrument suling ini yaitu sebagai pemanis sebuah gending (lagu) pada barungan gambelan geguntangan.

 

 

 

Written by in: Tak Berkategori |

12.388 Comments »