WAHYU SUKMA YOGA

ISI DENPASAR 2013

Kelebihan PES Dibanding FIFA

Posted By on 13 Desember 2021

Saat ini ada 2 game sepak bola yang bersaing, yaitu PES dan FIFA. Alasannya karena kedua game ini memiliki keunggulan dan fans-nya masing-masing.

Tapi kalau dilihat secara objektif, sebenarnya saat ini PES bisa dikatakan lebih unggul dari FIFA. Meskipun sebelumnya banyak yang mengatakan sebaliknya.

Nah kalau Anda bingung dan baru ingin bermain game sepak bola, sebaiknya ketahui dulu beberapa kelebihan PES dibanding FIFA di sini.

Kelebihan PES Dibanding FIFA

PES memiliki banyak keunggulan dibanding FIFA. Karena saat ini, Konami selaku developer PES terus mengembangkan game ini dengan sangat baik.

Tapi bukan berarti FIFA tidak bagus. Hanya saja ada beberapa fitur di PES yang lebih unggul dibandingkan dengan FIFA.

Dari pada penasaran, Anda bisa langsung lihat kelebihannya berikut ini:

1. Gameplay Realistis

Dari awal munculnya PES, game ini selalu konsisten untuk mengambil gameplay yang realistis. Sedangkan FIFA juga masih konsisten dengan gameplay yang mirip game arcade.

Di PES, Anda bisa memainkan karakter sesuai statistik-nya masing-masing. Sehingga benar-benar terasa seperti pemain aslinya.

Kalau di FIFA bisa dikatakan mengandalkan kecepatan atau statistiknya kadang tidak sesuai. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pemain baru di game sepak bola.

2. Mode Permainan Cukup Banyak

Selanjutnya PES memiliki mode permainan yang cukup banyak. Salah satu mode permainan di PES yang paling banyak dimainkan adalah My Club.

Di mode ini, Anda bisa bermain layaknya seorang manager yang mengelola pemain. Tapi juga bisa bertanding dengan pemain yang Anda kelola sendiri.

Beberapa mode permainan yang ada di PES, seperti Single Player, Multi Player, Training, Club Boss, Become A Legend dan Master League.

3. Grafis Lebih Baik

Dari segi grafis, PES masih lebih unggul dari pada FIFA. Karena PES memperhatikan semua detail karakter pemain sehingga benar-benar mirip pemain aslinya.

Terutama untuk club yang Konami pegang Lisensinya. Sedangkan FIFA, sebenarnya memegang banyak Licensi club dibanding PES.

Hanya saja grafis yang ditawarkan FIFA masih kalah dibanding PES. Karena kurang bisa menampilkan grafis yang soft.

4. Mendapatkan Pemain Lebih Menantang

Kalau Anda bermain di mode career, mendapatkan pemain terbaik adalah salah satu hal yang wajib. Tapi cara mendapatkan pemain di mode career antara PES dan FIFA berbeda.

Dimana FIFA memungkinkan Anda bisa mendapatkan pemain berkualitas baik lebih mudah dibandingkan PES.

Oleh karena itu, kalau ingin menantang Anda bisa memilih PES untuk dimainkan.

5. Bisa Main Online

Kemudian PES juga memungkinkan Anda bisa bermain secara online. Hanya saja namanya bukan PES, melainkan diganti menjadi eFootball.

eFootbal ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2020. Game ini tersedia di beberapa perangkat, mulai dari PC, Konsol, HP Android dan juga iOS.

Menariknya, game ini bisa Anda mainkan dan install secara gratis. Tentunya gratis ini tidak bisa Anda dapatkan di game sepak bola FIFA.

6. Fitur Permainan Lebih Nyata

Bagi Anda yang suka melihat skill pemain, seperti dribble dan pergerakan bola yang lebih nyata, PES lah pilihan yang sangat tepat.

Selain terdapat skill yang realistis, di PES juga terdapat AI (Artificial Intelligence) yang sangat pintar.

Karena saat ini AI di PES bisa membuat pemain bertahan dan menghalangi musuh yang membawa bola ke arah gawang.

7. Patch yang Beragam

Sebenarnya kedua game ini dapat dipasang patch. Namun jika berbicara soal patch mana yang paling banyak tersedia, maka bisa dikatakan PES yang lebih banyak.

Hal ini dikarenakan PES memiliki komunitas yang cenderung lebih besar, terutama di Asia. Dan kebanyakan pemain PES juga merupakan mereka yang paham komputer.

Dan pernah dibahas di laman situs Uplotify, beragamnya patch PES tersebut contohnya seperti Smoke Patch, PTE Patch, hingga option file serta masih banyak lagi.

Dengan adanya patch yang beragam, membuat pemain tidak akan bosan. Apalagi dengan adanya update-update terbaru.

8. Harga yang Terjangkau

Harga PES jauh lebih terjangkau dibandingkan FIFA. Dimana harganya sekitar Rp. 273.000 dan Rp. 410.000 untuk versi Legend Edition.

Sedangkan harga FIFA jauh lebih mahal, sekitar Rp. 1.260.000. Hal ini tentunya dikarenakan FIFA sudah memiliki banyak lisensi dari berbagai club.

Oleh sebab itu, harga yang ditawarkan FIFA jauh lebih mahal dibandingkan PES.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa kelebihan PES dibanding FIFA yang bisa Anda ketahui. Kesimpulannya, kalau Anda pemain baru dan punya budget lebih, bisa install FIFA.

Tapi kalau Anda sudah cukup mahir dan ingin bermain game sepak bola yang lebih menantang, PES lebih direkomendasikan.


Comments

Comments are closed.