WAHYU SUKMA YOGA

ISI DENPASAR 2013

Kelebihan PES Dibanding FIFA

Saat ini ada 2 game sepak bola yang bersaing, yaitu PES dan FIFA. Alasannya karena kedua game ini memiliki keunggulan dan fans-nya masing-masing.

Tapi kalau dilihat secara objektif, sebenarnya saat ini PES bisa dikatakan lebih unggul dari FIFA. Meskipun sebelumnya banyak yang mengatakan sebaliknya.

Nah kalau Anda bingung dan baru ingin bermain game sepak bola, sebaiknya ketahui dulu beberapa kelebihan PES dibanding FIFA di sini.

Kelebihan PES Dibanding FIFA

PES memiliki banyak keunggulan dibanding FIFA. Karena saat ini, Konami selaku developer PES terus mengembangkan game ini dengan sangat baik.

Tapi bukan berarti FIFA tidak bagus. Hanya saja ada beberapa fitur di PES yang lebih unggul dibandingkan dengan FIFA.

Dari pada penasaran, Anda bisa langsung lihat kelebihannya berikut ini:

1. Gameplay Realistis

Dari awal munculnya PES, game ini selalu konsisten untuk mengambil gameplay yang realistis. Sedangkan FIFA juga masih konsisten dengan gameplay yang mirip game arcade.

Di PES, Anda bisa memainkan karakter sesuai statistik-nya masing-masing. Sehingga benar-benar terasa seperti pemain aslinya.

Kalau di FIFA bisa dikatakan mengandalkan kecepatan atau statistiknya kadang tidak sesuai. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pemain baru di game sepak bola.

2. Mode Permainan Cukup Banyak

Selanjutnya PES memiliki mode permainan yang cukup banyak. Salah satu mode permainan di PES yang paling banyak dimainkan adalah My Club.

Di mode ini, Anda bisa bermain layaknya seorang manager yang mengelola pemain. Tapi juga bisa bertanding dengan pemain yang Anda kelola sendiri.

Beberapa mode permainan yang ada di PES, seperti Single Player, Multi Player, Training, Club Boss, Become A Legend dan Master League.

3. Grafis Lebih Baik

Dari segi grafis, PES masih lebih unggul dari pada FIFA. Karena PES memperhatikan semua detail karakter pemain sehingga benar-benar mirip pemain aslinya.

Terutama untuk club yang Konami pegang Lisensinya. Sedangkan FIFA, sebenarnya memegang banyak Licensi club dibanding PES.

Hanya saja grafis yang ditawarkan FIFA masih kalah dibanding PES. Karena kurang bisa menampilkan grafis yang soft.

4. Mendapatkan Pemain Lebih Menantang

Kalau Anda bermain di mode career, mendapatkan pemain terbaik adalah salah satu hal yang wajib. Tapi cara mendapatkan pemain di mode career antara PES dan FIFA berbeda.

Dimana FIFA memungkinkan Anda bisa mendapatkan pemain berkualitas baik lebih mudah dibandingkan PES.

Oleh karena itu, kalau ingin menantang Anda bisa memilih PES untuk dimainkan.

5. Bisa Main Online

Kemudian PES juga memungkinkan Anda bisa bermain secara online. Hanya saja namanya bukan PES, melainkan diganti menjadi eFootball.

eFootbal ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2020. Game ini tersedia di beberapa perangkat, mulai dari PC, Konsol, HP Android dan juga iOS.

Menariknya, game ini bisa Anda mainkan dan install secara gratis. Tentunya gratis ini tidak bisa Anda dapatkan di game sepak bola FIFA.

6. Fitur Permainan Lebih Nyata

Bagi Anda yang suka melihat skill pemain, seperti dribble dan pergerakan bola yang lebih nyata, PES lah pilihan yang sangat tepat.

Selain terdapat skill yang realistis, di PES juga terdapat AI (Artificial Intelligence) yang sangat pintar.

Karena saat ini AI di PES bisa membuat pemain bertahan dan menghalangi musuh yang membawa bola ke arah gawang.

7. Patch yang Beragam

Sebenarnya kedua game ini dapat dipasang patch. Namun jika berbicara soal patch mana yang paling banyak tersedia, maka bisa dikatakan PES yang lebih banyak.

Hal ini dikarenakan PES memiliki komunitas yang cenderung lebih besar, terutama di Asia. Dan kebanyakan pemain PES juga merupakan mereka yang paham komputer.

Dan pernah dibahas di laman situs Uplotify, beragamnya patch PES tersebut contohnya seperti Smoke Patch, PTE Patch, hingga option file serta masih banyak lagi.

Dengan adanya patch yang beragam, membuat pemain tidak akan bosan. Apalagi dengan adanya update-update terbaru.

8. Harga yang Terjangkau

Harga PES jauh lebih terjangkau dibandingkan FIFA. Dimana harganya sekitar Rp. 273.000 dan Rp. 410.000 untuk versi Legend Edition.

Sedangkan harga FIFA jauh lebih mahal, sekitar Rp. 1.260.000. Hal ini tentunya dikarenakan FIFA sudah memiliki banyak lisensi dari berbagai club.

Oleh sebab itu, harga yang ditawarkan FIFA jauh lebih mahal dibandingkan PES.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa kelebihan PES dibanding FIFA yang bisa Anda ketahui. Kesimpulannya, kalau Anda pemain baru dan punya budget lebih, bisa install FIFA.

Tapi kalau Anda sudah cukup mahir dan ingin bermain game sepak bola yang lebih menantang, PES lebih direkomendasikan.

Leave a Reply

Seni dan Budaya Indonesia

berbagai macam seni dan budaya yang ada di Indonesia melambangkan bhineka tunggal ika

Leave a Reply

Sekilas tentang saya

OM SWASTIASTU

Perkenalkan nama saya I Gede Wahyu Sukma Yoga , biasa di panggil wahyu. Saya sekarang kuliah di ISI Denpasar dan mengambil jurusan seni, yaitu seni karawitan bali. Saya anak pertaman dari dua bersaudara dari pasangan I Nyoman Sukrama dan Ni Kadek Mariani. Adik saya bernama I Md Aditya Sukma Putra. Dan konon katanya nama Sukma yg di berikan kepada saya dan adik saya itu berasal dari nama orang tua kami, SUKrama Mariani. Bapak kelahiran asli denpasar dan pekerjaan bapak saya sekarang yaitu menjadi karyawan toko emas yg ada di salah satu pertokoan yg ada di daerah suci denpasar dan sekaligus menjabat  sebagai kelian banjar sekarang, sedangkan ibu kelahiran klungkung dan ibu saya bekerja sebagai pegawai negeri sipil di kantor camat denpasar selatan, dan adik saya sekarang sekolah di SMP PGRI 2 Denpasar kls 3 dan sebentar lagi akan tamat dan mencari SMA.

Dulunya saya bersekolah di SMAN 7 Denpasar dan mengambil jurusan IPS, sebenarnya saya tidak ingin bersekolah di skolah umum karena saya suka di bidang seni, tapi karena paksaan saya pun menjalaninya, dan akhirnya sekarang saya kuliah juga di institut seni. Kepribadian saya itu termasuk orang yg suka bergaul dan suka mencari hal hal yg unik dan gila, dan tentunya sesuatu yang tak terpikirkan tetapi itu yg di pikirkan. Sangat aneh memang tapi nyata. Di samping itu keseharian saya yaitu bangun tidur , cek recent update, cas hp, bangun, ambil handuk dan bergegas mandi, sampai kamar mandi melinggih ring genah ngemedalang sakit basing, sikat gigi, sabunan, selesai mandi bergegas memakai baju celana dan sepatu, langsung sembahyang, dam tak lupa sebelum berangkat kuliah meminta uang bekal pang ade anggo meli nasi lawar di kampus, dan setelah itu bergegas berangkat ke kampus dan tak lupa berpamitan agar orang tua senantiasa menyertaiku. Sampai di kampus belajar belajar dan belajar tanpa mengenal lelah dan tanpa mengenal capek. Pang serem dik! Padahal di kelas wifian gen. yaitu free wifi ID. Seperti biasa untuk sekedar cek dan cek sosmed mantan karena sampai sekarang saya belum bisa melupakannya, sulit memang tapi yasudahlah yg berlalu biarkan berlalu dan sekarang kita sambung lagi ke aktifitas, sehabis  jam kuliah berakhir bergegas untuk pulang kerumah untuk istirahat, buka baju taruh tas buka celana sepatu dan tidur…….zzzzz dan bangun lagi memulai aktifitas entah itu megambel atau pun jadwal untuk mengajar. Dan setelah itu biasanya kalau tidak ada kerjaan sih biasanya kumpul sama temen dan siap berangkat menuju alam yg indah dan gemerlap sekedar mencari hiburan dan untuk melepaskan penat di hati karena kegaluan yg bli rasakan sekarang ulian iluh ngalahin bli. Sedikit curhat memang ya tapi mau gimana lagi. Ulian iluh bli kene. Dan pada saat saya berada di atas ombak ada kesenangan tersendiri yg saya dapatkan. ombak adalah sahabat saya haha sedikit melenceng ya tp ini yg ada di oatk saya sekarang untuk mengetik 2 halaman.

Di samping itu saya mempunyai kesukaan yg paling saya bingungkan yaitu suka dengan music metal, death metal dan ,music indie lainnya seperti burgerkill, deadsquad, Trojan, jasad, beside, dan masih banyak lagi band metal, yg paling saya suka yaitu burgerkill dan deadsquad. Disamping itu ada yg special dari kesukaan saya suka music metal, di saat saya berkarya seni terkadang saya juga mendapatkan inspirasi dari music music metal tersebut, seperti permainan tempo, ritme, dinamika dan kecepatan sebuah lagu, dan masih banyak lagi yang bisa di ekspresikan dari music metal tersebut. Jiwa boleh seni tetapi hati beraliran keras.

Di samping itu saya juga mengikuti organisasi yg ada di banjar saya yaitu organisasi kepemudaan (Sekaa Truna Truni). Nama STT banjar saya yaitu STT Tunas Harapan, yg mana artinya agar tunas tunas muda sekarang sebagai harapan penerus bangsa kedepannya. Di dalam kepengurusan STT saya juga berperan serta sebagai seksi bidang kesenian. Saya menyukai bidang seni sejak dari saya duduk di kelas taman kanak – kanak. Dimana pada saat awal saya berkesenian saya mementaskan tari janger waktu TK, dan dimana tari jager itu adalah tari pergaulan yg di tarikan oleh laki laki dan wanita dengan di iringin dengan suatu nyanyian. Dari saat itu lah kesukaan saya di bidang seni terus meningkat dan sampai sekarang seni itu adalah bagian dari hidup saya. Adapun prestasi prestasi seni yg saya pernah dapatkan yaitu :

  1. Juara 2 Kendang Tunggal tingkat SD
  2. Juara 3 kendang Tunggal tingkat SD
  3. Juara 2 Tari Jauk Keras tingkat Umum
  4. Juara harapan 2 gender wayang tingkat SMP
  5. Juara harapan 1 kendang tunggal tingkat SMP
  6. Juara 3 Kendang Tunggal tingkat Umum
  7. Juara 2 gender wayang tingkat SMA
  8. Juara harapan 1 gender wayang tingkat SMA

Dan masih banyak lagi prestasi yang pernah saya dapatkan dalam ajang ajang lomba. Dari semua juara yg pernah saya dapatkan hanya juara 1 yang tidak pernah saya dapatkan dalam sejarah lomba yg pernah saya ikuti. Tapi saya yakin suatu saat saya bisa mendapatkannya dengan cara terus belajar dan belajar agar kemampuan saya terus bertambah dan mencapai hasil yg maksimal, walaupun semua itu butuh waktu yang lama, tetapi semua saya akan lakuan agar bisa mewujudkan suatu impian yg saya impikan selama ini. Di samping itu pula hari demi hari yg saya lewati sampai sekarang banyak pengalaman yang saya rasakan dan alami maupun pengalaman baik, pahit, atau buruk, pengalaman pengalaman semua itu tidak akan saya pernah lupakan dan semua itu pasti akan terus tersimpan di hati, dan semua itu akan menjadi pembelajaran untuk kedepannya bagi saya agar bisa menjalani hidup dengan baik dan menjadi pribadi yg di harapkan oleh orang tua. Dan saya sekarang focus untuk menyelesaikan studi S1 saya agar bisa cepat tamat. Walaupun pada saat sekarang saya sebenarnya sudah mulai muak akan  tugas tugas yg di berikan tetapi saya coba menjalani semuanya agar saya tetap bisa mendapatkan hasil yg baik. Walaupu sekarang orang yg sering memberikan saya support sudah tidak lagi berada di samping saya tapi saya yakin semua itu pasti ada hikmahnya dan teman teman juga selalu ada buat saya dan selalu menyuport saya dan tidak lupa yg terpenting restu dari orang tua. Impian saya saat ini adalah saya hanya ingin menjalani kehidupan ini dengan tidak terlalu ruwet dalam menjalaninya. “young wild and free”. Salah satu impian yang saya impikan dari dulu yaitu menjadi orang yg benar benar sukses dan menjadi pribadi yg di hormati oleh orang lain. Suatu saat semua itu akan saya wujudkan dan mudah mudahan semua itu bisa terwujud oleh kerja keras yg saya lakukan sekarang, saya ingin menjadi seniman yg terkenal di semua kalangan, walaupun seniman itu di mata orang banyak di anggap remeh tetapi tanpa seniman, budaya yg ada tidak akan bisa terkenal sampai di mata orang luar negeri. Dan saya berharap juga kepada seniman seniman muda denpasar agar bisa tetap memajukan denpasar baik di bidang seni dan non seni agar denpasar tetap maju. “kotaku rumahku”. Dan tidak juga seniman denpasar tetapi semua seniman seniman muda bali agar terus berkarya dan terus melestarikan budaya budaya bali agar tetap terjaga kelestariannya. Disamping itu juga saya masih punya banyak kekurangan  yang ada di dalam diri saya, dan biarkan orang orang sendiri yg menilai tentang saya.

Dan pada saat itu pulang ombak jadi sahabat saya. jadi, bersahabatlah dengan ombak agar semua kesenanganmu bisa  terwujud. Hahaha… mungkin cuma itu yang bisa saya ungkapkan. Dan jika ada kata kata yang melenceng dari penjelasan tentang saya , saya minta maaf dan itu hanya sekedar intermeso untuk membuat suasana menjadi berwarna warni dan bersahabat dengan ombak. Sekian dan terimakasih ombak.

OM SHANTI SHANTI SHANTI OM

Leave a Reply