Ada beberapa cara yang telah dibiasakan dalam memainkan gamelan selonding, permainan itu banyak tergantung dari jenis lagu yang dimainkan. Kalau kita tinjau dari segi permainan maka pembagian lagunya dapat di bagi atas tiga bagian dan masing-masing bagian inilah yang menentukan cara memainkan ataupun jumlah pemukulnya. Hal ini kita lihat dari aturan-aturan berikut ;
1. Jenis lagu Geguron.
Lagu-lagu yang dianggap asli dari gamelan selonding dalam hubungan upacara-upacara puncak, jumlah pemukul/pemain untuk komposisi in ada i 7 orang. Permainanya sederhana tidak banyak menggunakan motif-motif (cecandetan) atau (gegucekan) sama dengan jalinan-jalinan, temponya serba lambat. Lebih detail komposisi penabuh seperti ini :
• Gong dimainkan oleh satu orang penabuh
• Kempul dimainkan oleh satu orang penabuh
• Pe-enem dan Petuduh di mainkan oleh dua orang penabuh
• Nyongnyong Ageng di mainkan oleh satu orang penabuh
• Nyongnyong alit dimainkan oleh satu orang penabuh
• Kecek dimainkan oleh satu orang penabuh
2. Jenis lagu Rejang.
Lagu-lagu rejang ini sudah banyak kena pengaruh dari lagu-lagu Gambang karena pengolahan yang sedemikian rupa banyak cecandetan (jalinan) temponya sebagian besar cepat. Instrument Pe-enem , petuduh dan nyongnyong Ageng digandengkan menjadi satu, dimainkan dengan sistim reriongan oleh 4orang pemukul/pemain. Jumlah pemainnya untuk lagu ini ialah 8 orang. Lebih detail komposisi penabuh seperti ini :
• Gong dimainkan oleh satu orang penabuh
• Kempul dimainkan oleh satu orang penabuh
• Pe-enem,Petuduh dan Nyongnyong Ageng dimainkan oleh empat orang penabuh
• Nyongnyong Alit dimainkan oleh satu orang penabuh
• Kecek dimainkan oleh seorang penabuh
3. Jenis lagu sekatian.
Lagu-lagu jenis ini masih dirasakan suasana klasiknya, walaupun sudah banyak serupa dengan lagu-lagu saron. Katanya lagu-lagu jenis ini memang berasal dari jenis-jenis lagu gambang. Jumlah pemain untuk jenis lagu ini sama seperti jenis lagu Geguron. Pemegang peranan lagu disini adalah instrument kempul Alit yang digandengkan dengan Pe-enem dan dimainkan oleh dua orang pemain. Lebih detail komposisi penabuh seperti ini :
• Gong dimainkan oleh satu orang penabuh
• Kempul Ageng dimainkan oleh satu orang penabuh
• Kempul Alit dan Pe-enem dimainkan oleh dua orang penabuh
• Petuduh dimainkan oleh satu orang penabuh
• Nyongnyong Ageng dimainkan oleh satu orang penabuh
• Nyongnyong Alit dimainkan oleh seorang penabuh
Mengenai pembagian tugas bagi instrument pada gamelan selonding dapat digolongkan sabagai berikut :
1. Pe-enem dan Petuduh sebagai pemangku lagu.
2. Nyongnyong dua tungguh berfungsi sebagai pemegang irama (mengisi jarak-jarak pukulan)
3. Gong dan Kempul berfungsi sebagai pemangku irama.