Kelahiran 1januari 1960, hari jumat umanis wuku menail, di jero satria desa pekraman sampalan desa dinas paksebali, mulai menginjak sekolah dasar pada tahun 1966-1972, sudah ada kiat untuk memplajari sepiritual atau filsapat, saat itu begitu tamat sd tahun 1976 dengan nilai hampir semua mendapatkan nilai 10, seperti bahasa indonesia, sejarah,berhitung, agama, terus melanjutkan di SMP NEGERI 1 SEMARAPURA yang bertempat di MUSIUM SEMARAJAYA sekarang, jugapada saat itu saya tanpa di sadari mempunyai bakat bahasa inggris yang luar biasa, dari awal menginjakkan kaki di SMP 1, saya selalu mendapatkan perhatian guru bahasa inggris/ BAPAK GUSTI NGURAH SAYANG, dan memang nilai saya 9, akhirnya tamat dari smp 1 pada tahun 1975 menuju SMA NEGERI 1 SEMARAPURA. Saat pembagian jurusan saya mendapatkan jurusan IPA / PASPAL. Saat akan berakhir tahun ajaran baru, di rybah oleh menteri pendidikan baru, sehingga saya salah satu siswa yang kena transisi, karena ada perubahan tahun ajaran pendidikan mulai bulan juli, sehingga menunggu lagi enam bulan menuju kelulusan sehingga ujian akhir tahun mundur enam bulan, selama enam bulan kami sebagai kelas 3 di berikan extra sesuai dengan hobby, saat itulah rasa seni saya dan ikut seni tabuh di jumpai di bina oleh BAPAK NYOMAN GIRING (ALM) sehingga mampu menabuhkan tari kreasi, topeng DSB. Munculah niat saya untuk menjadi penari topeng, tapi belum terwujud, baru hanya cita-cita…… 1979 saya tamat dari SMA 1 SEMARAPURA, karena jurusan ipa, nilai ipa saya hanya sekedar lulus, karena salah satu pelajaran ipa / fisika jatuh pada saat ujian nasional, sehingga hlang niat untuk menuruti jurusn, merasa dari SMP bakat bahasa inggris lebih dominan, maka saya cenderung melanjutkan di FAKULTAS SASTRA jurusan bahasa inggris di UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR BALI. Selamat di terima sesuai prosudur , dari tahun 1979 saya mulai kuliah di sastra inggris. Sambil bekrja sebagai translator bahasa inggris-Indonesia, Indonesia- bahasa inggris di foster parent plans. Ya lumayan mendapatkan sekitar Rp. 750.000- 1.500.000 perbulan dengan menukar check di BNI DENPASAR. Juga saya menjadi guru honor di SMP DHARMA WIWEKA di Br AMBENGAN PEDUNGAN DENPASAR selatan. Mengajar bahasa inggris, juga sebagai guru honor di SMP TP jln GADUNG DENPASAR, dan pada tahun 1980 saya sebagai giru honor di SMA NEGERI 1 SEMARAPURA KLUNGKUNG, juga di percayai oleh ibu wahyuni sebagai asisten dosen bahasa Jerman di GEFAKSA UNUD, dan menambah tugas pada tahun 1983 sebagai guru honor di SMA NEGERI 2 GUNAKSA yang sekarang di sebut SMA 1 DAWAN, dan di dirikan SD English Class Saraswati bersama BAPAK MADE SANGKAN di SARAWATI KLUNGKUNG. Ikut mengajar bahasa inggris di SD kawasan NUSA DUA yaitu di Club Med BALI NUSA DUA bagian food and beverage hanya beberapa bulan dan langsung di pindahkan di GRO ( GUEST RELATION OFFIOCER), juga beberapa bulan lalu dijadikan supervisor, dan tahun 1997 diangkan sebagai FRONT OFFICE MANAGER. Padatahun 2000 sebagai korlap untuk mengadakan tuntutan terhadap manajemen club med dan akhirnya berhasil semua karyawan club medmendapatkan service Rp. 1.300.000/ bulan, walaupun tanpa tamu menfhunibhotel tersebut. Pada tahun 2002 tanggal 1 april saya mengundurkan diri dari club med karena harus menuruti titah dari batara dalem ped agar ngiring dalam bidang spiritual. Akhirnya saya berhenti sejak 1 april 2002 di beri pesngon Rp. 80.000.000 lalu lagi menjadi guru honor di SLUA KLUNGKUNG, dan pada tahun 2003, 13 januari saya bersama teman-teman mendirika YAYASAN PUSAT PARIWISATA INDONESIA yang bergerak dalam bidang pendidikan SMK PARIWISATA YAPARINDO dan sampai sekarang sudah ada siswa kelas x9 kelas XI 7 KELAS dan saya masih mengajar sebagai guru FRONT OFFICE dan bahasa inggris hotel, juga sebagai guru guru public relation. Begitu selesai dihotel, juga sebagai guru public relation. Begitu selesai di hotel, saya aktif di desa pekraman sebagain kelian di Br PENIJOAN, sebagai kelian pura paksebali, dan sebagai prajuru baga parhayangan ring desa pekraman sampalan. Juga sebagai ketua parisadha hindhu dharma kecamatan dawan, seagai wakil di PHDI KABUPATEN KLUNGKUNG, juga sebagai penyuluh agama HINDHU non pns di kantor kementrian agama KABUPATEN KLUNGKUNG. Selain sebagai guru di SMK YAPARINDO KLUNGKUNG saya juga sebagai seniman daerah mengembangkan seni topeng: sida karya, topeng babad, juga prembon, selaintopeng saya juga mengembangkan wayang sebagai DALANG: dalang lemah, ngedog, wayang kelir, calon narang, sapu leger, bima swarga dan sebagainya, juga aktif dalam mengembangkan dan melestarikan tari BALI sacral: sang hyang jaran, sebagai dalang dan pelaku jamasan, arja calon narang, arja godogan, arja panji, arja babad, juga aktif dan mengembangkan gita santhi, baik wirama, wakia, maupun sekar alit, juga sudah banyak tulisan saya yang tersebar sebagai buku, juga juga di dunia maya: kakayang dalang menggugah blog spot.com,ki dalang sawdhar blog spot.com,kidalangsadhar wordpress.com juga di yotube: dharmayasa sang ketut youtu.com maupun berupa kaset tape yang sudah tersebar juga termasuk cd audio seperti: kaset produk bali record, sapu leger, sidakarya, satria taman bali, kang cing wie, atman tatwa, tresnane pegat di puncak mangu, wirama brata yuda,bersama NI WAYAN SUDANI, swarga rohana parwa merupa wakia. Klau ayah-ayah melalui gita santhi sudah sering ngayah di pura semru padasaat puncak karya bulan juli yang lalu, pura kahyangan jagat sepaeti: lempuyang puncak, lempuyang madya, ratu pasek, penataran besakih, sri jong tabanan, brengbeng Negara, pamgkung apit Negara, pasek gelgel, sawan buleleng, pura puseh kepakisan buleleng, sekemeneb tianyar pusat gajah para, pasek gelgel desa santhi Karangasem , buda keeling, padang kerta karangasem, pura puseh ulakan manggis, pura puseh bangli, dalem tenggekan bangli, pura dalem pingit bangli, pura dalem purwa bangli, pura pula tarukan peninjoan bangli, pura tarukan pejeng gianyar, pura penataran sasih pejeng gianyar, pura pesamuan tiga, bedulu, pura dalem sapat ubud, pura pusat haurum taman bali bangli, pura dalem tenggaling, pura puseh pundukdawa dawan, pura dalem pikat, pura dalem besan, pura dasar buana glgel, pura kentel bumi banjarangkan KLUNGKUNG, pura batur kintamani bangli, pura dalem balingkang, sakenan kamasan, pura sakenan badung, pura dalem samprangan, pedharman dalem samprangan, pedharman ratu pande, pedarman pasek, ratu pasek, pedarman dalem bakas, pedarman bujangga wisnawa, dadia pasek tohjiwa karangasem, dadia pasek budaga, dadia pasek gaduh gelgel, dalem segening gelgel, dalem batu guling bangli, dadia pulasari besang kawan, dadia pasek tohjiwa, pura bukit sakti tlunwayah sidemen, pura puseh dlod yeh, pura dadia pasek gelgel delod yeh, grya lokasari, grya manduwang, grya pringalot rendang karangasem, grya selat bangli, grya sindhu karangasem, grya sindhu sanur, grya sindhu Lombok barat, grya manuabasakti, grya Kediri paksebali, grya Kediri kamasan, grya Kediri bangli, grya tegalalang bangli, grya bukit bangli, grya bukit sari peliatan ubud, grya batuan, grya buruan, grya kemunuh ketewel paksebali, grya kemunuh di gianyar, grya siduaji buleleng, grya talibeng karangasem, gray celempung bangli, grya kutu kamasan, grya taman klungkung, grya siladan tman bali, grya biau muncan karangasem, grya sri mpu ring payungan, grya ring tegak, grya cucukan, grya jumpung kamasan, gray gede jumping dawan, juga saya sebagai penyebar dan pengembang sastra bali dalam melestarikan cerita kuno agar di minati para pemuda lewat radio bokasi di kota KLUNGKUNG, adapun cerita yang saya pernah sampaikan adalah barmacam-macam sesuain dengan kondisi, agar masyarakat semakin tanggap: cerita masalah kehidupan sehari-hari berupa dharma tula.
Kenapa tuhan tidak bisa di lihat? Siapa sebenarnya shang hayang widhi? Apa saja swadharma /kewajiban peranda, dan bagai mana bila melanggar? Apa yang meningkatkan seorang sulinggih? Yaitu catur bandana, dan 12 swadharman pinandita, kenapa orang masih menyebut sudra? Apa bedanya sudar dengan jaba? Apakah masih ada orang jaba? Apakah ada betara jaba? Siapa sebenarnya paling tinggi statusnya di masyarakat? Adapun cerita yang berupa perbandingan berupa purana: Siwa sarma, sang supala, jara sanda, matinya jayadrata, terbunahnya bishma. Kenapa bhisma masih hidup, kena sentanu tidak berani melarang dewi gangga membunuh anaknya sampai lebih dari satu, kenapa derona marah kepada drupadi, dan masih banyak cerita wayang sebagai pembanding. Juga cerita babad yang sudah saya siarkan di bokasi: Meninggalnya gusti patih sentana arya sukahat gara-gara seorang istri ayu belog, meninggalnya keluwung sakti karena kelalaian seorang raja samara kepakisan babad arya belog yang berasal dari arya pudak, babad tangkas kori agung dari awal sampai berkembang, babad arya kenceng, babad demung yang sebenarnya adalah rangga lawe babad arya penatih, kenapa di kalahkan oleh semut? Babad manik angkeran kenapa dungkung blatung menyerahkan semua arta benda dan keluarga? Babad orang bali? siapa yang mempunyai status paling tinggi di BALI? Kenapa sebab pada saat purnama kedasa betara turun kabeh, ratu pande tak bisa di dahului? Kenapa kita buat danggsil pada saat ngusaba nini? Siapa saja sentanan para sakti? Apa alas an berahmana welaka tidak menyembah tri kahyangan tiga? Juga cerita lucu yang pernah saya siarkan : pan angklung gadang, pan jempenit, bagus diarsa, lombang kori, rare angon, belog, tuwung kuning, arya buru, arya tutuan, asal mula danau toba, asal mula nama desa-desa yang menggunakan serba batu, batu bulan, batu hyang, hyanh batu, balig, batu mejan, batu licin, batuan. Juga saya sampaikan beberapa cerita science: Apa sebab manusia punya indra ke enam. Apa yang di maksud dengan futari? Bagaimana proses aktivitas otak tengah?
Termasuk filsapat terhadap sulinggih: Kenapa harus menutup mantram dengan agnir-agnir jyotir-jyotir nama-nama suwaha. Apa sebabnya setiap menghaturkan pekelem di segsra dengan menggunakan serba hitam? Sedangkan laut adalah lambing brahma? Kenapa saat di pucak goa lawah menghaturkan serba putih? Apa saja 12 dharmaning pandita, apa yang di maksud catur bandana dan bagai mana aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.