Instrument kendang

This post was written by gedesuastika on Juli 25, 2014
Posted Under: Tak Berkategori

lklklkkkkkKendang adalah salah satu instrumen yang sumber bunyinya dari selaput kulit. Cara bermain kedang dengan dipukul , Intrumen kedang ada 2 jenis yaitu lanang dan wadon yang masing – masing dimainkan dengan 2 tangan . jika kendang lanang pada bagiang muka kiri suaranya “ pak” pada bagian muka kanan ditengah yang dipukul dengan ujung jari terbuka berbunyi “pung” dan pada sisi lingkarang kanan jika dipukul dengan tangan kanan akan berbunyi “tut” .kalo dipukul dengn panggul akan berbunyi “dug” .

Pada kendang wadon yang dipukul dengan tangan kiri pada bagian kiri berbunyi “ka”,pada bagian muka kanan kendang wadon jika di pukul dengan ujung jari terbuka berbunyi “kum” dan pada sisi lingkaran kanan kendang wadon jika dipukul akan berbunyi “dig”. kalo dipukul dengan menggunakan panggul akan berbunyi “dag”. Instrument kendang dapat dimainkan dengan di panggku menggunakan kedua kaki yaitu kanan dan kiri dengn posisi bersila .insrumen kendang ini di letakan pada letukan kaki tersebut.

Jenis –jenis kendang dari krumpungan ,bebarongan, dan jedugan

Adapun jenis-jnis pukulan kenang tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pukulan kendang batu-batu

 

Salah satu pola permainan kendang gupekan (dipukul dengan tangan) dan cedugan (dipukul dengan panggul) yang dapat dilakukan oleh kendang lanang dan wadon yang masing-masing bisa membawa irama dan juga bisa menjalin irama itu sendiri. Yang menjalin antara lanang dan wadon adalah instrumen kendang yang dipukul pada tengah dan sisi lingkaran kanan bagian kanan.

 

  1. Pukulan kendang ngulun

 

Ngulun adalah pukulan kendang lanang yang di pukul secara beruntun. Pukulan tangan kanan pada sisi lingkaran bagian kanan , sedangkan tangan kiri menutup bagian tegahnya dan agak di tekan pada bagian kiri yang akan menghasilkan suara “tut”.

 

  1. Pukulan kendang ngetur

 

Ngetur adalah tehnik pukulan kendang yang menggunakan panggul. pukulan ini biasanya di gunakan dalam bebarongan yang suara kendangnya di matikan oleh salah satu instrument kendang tersebut dengan cara tangan kiri menutup bagian tengah agak di tekan pada bagian kiri dan pada bagian kanan dipukul menggunakan panggul pada bagian tengahnya dan agak keras memukulnya yang akan berbunyi “tek”.

  1. Pukulan kendang gegulet

 

gegulet adalah pukulan kendang lanang dan wadon yang pada bagian kananya membuat suatu jalinan. Pukulan gegulet ini bisa dimainkan dengan mempergunakan panggul atau bisa juga dimainkan mempergunakan tangan ada pareasinya atau perkembangannya.

 

  1. Pukulan kendang macimplungan

 

Macimplungan adalah pukulan kendang lanang atau wadon yang bisa dimainkan sendiri (nunggal) yang membuat suatu motif perkembangan pukulan sendiri dan biasanya dilakukan pada bagian gending ; ecet-ecetan, pengipuk ,dan bapang.

 

  1. Pukulan kendang pengaring/nyaluk

 

Pengaring atau nyaluk adalah tehnik pukulan kendang wadon pada bagain kiri yang pukuanya mendahului (nyandet) pukulan kendang lanang bagian kiri.

 

  1. Pukulan kendang bebaturan

 

Pukulan kendang bebaturan adalah pukulan yang sering di pakai dalam lagu-lagu lelambatan di bagian pengecet , antara perpaduan kendang wadon dan kendang lanang pada bagian kanan yang letaknya dibagian pertama dalampengecet pada tabuh dua, tabuh pat, tabuh nem dan tabuh kutus pada gending-gending lemlambatan.

 

  1. Pukulan kendang tuntun marge

 

Kendang tuntun marge adalah tehnik pukulan kendang yang terdapat pada kendang lanang bagian kiri, yang pukulanya pada umumnya kena jatuh pada ketukan yang bersuara “pak” dengan tanda P.

 

  1. Pukulan kendang milpil

 

Milpil adalah tehnik pukulan kendang gupekan dan pepanggulan di bagian kanan kendang lanang dan wadon yang masing-masing mempergunakan pola pukulan yang berbeda sehingga terbentuk semacam jalinan. Dalam pukulan ini setiap pengendang dibutuhkan suatu kebebasan untuk membentuk jalinan. Pukulan kendang ini biasanya terdapat pada gending-gending pelegongan bagian pengawak akan mencari jatuhnya pukulan gong. Sedangkan didalam tabuh lelambatan pukulan ini akan jatuh pada gending-gending akan mencari gong dalam gending-gending pengawak dan pengisep pada gending lelambatan tabuh dua, tabuh pat, tabuh nem,dan tabuh kutus.

 

  1. Pukulan kendang apak-apak

 

Pukulan kendang apak-apak adalah pukulan kendang lanang dan wadon gupekan yang dipukul dengan tangan lalu memadukan semua jenis pukulan yang terdapat pada kedua instrument kemdamg tersebut.motif pukulan ini dapat dilakukan pada bagian lagu yang iramanya pelan pada bagian pengawak iringan tari pelegongan.

 

  1. Pukulan kendang cadang rutuh

 

Cadang rutuh adalah pukulan kendang yang dapat di lakukan kendang wadon pada bagian muka sebelah kanan yang berarti mengimbangi pukulan dari kendang lanang .

Demikian yang saya dapat jelaskan mengenai instrument kendang , jika ada kesalahan dalam tutur kata saya mohon maaf sekian dan Terimakasih.

 

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address