Tari Jagung Gembal

April 12th, 2018

Asal usul tari “Jagung Gembal”. 

Tari Jagung Gembal merupakan salah satu tari kreasi baru yang berasal dari Bali utara. Tarian ini diciptakan oleh I Gusti Ayu Parwiti S,Pd yang berasal dari barat Kabupaten Buleleng. Tarian ini merupakan karya pertama dari Parwiti yang diciptakan untuk parade Gong Kebyar Dewasa pada ajang Festival Kesenian Bali tahun 2014. Tarian ini merupakan salah satu tarian yang menyimbolkan tanaman jagung gembal yang dulunya banyak terdapat di Bali Utara khususnya di kota Singaraja dan dijadikan salah satu ikon Kabupaten Buleleng, dibuktikan dari patung singa yang menggenggam jagung gembal.

Parwiti memilih jagung gembal pada karya pertamanya karena dia menganggap jagung gembal merupakan sesuatu yang unik untuk digarap dalam suatu tarian dan juga untuk melestarikan salah satu ciri khas Kabupaten Buleleng tersebut.  Tari jagung gembal di tarikan oleh sembilan orang penari dengan berbagai macam gerak tubuh yang dirangkai menjadi satu dan pada akhir tarian ini ada satu penari yang menarikan sosok singa ambara raja yang menggenggam jagung gembal.

Tabuh dari tarian ini di garap oleh salah satu alumni ISI yang bernama Gusti Bagus Sukma Adi Oka S,Sn. angkatan 2005. Tari jagung gembal ini juga merupakan karya pertama dari Sukma. Parwiti dan Sukma sama-sama menggarap tarian ini dengan banyak rintangan karna mungkin sebelumnya mereka belum pernah menggarap suatu karya. Tapi dengan lebih sering bertanya dengan orang yang berpengalaman  dan juga lebih banyak latihan mereka dapat menghasilkan karya yang bagus dan dapat diterima oleh masyarakat khususnya di Buleleng.

Image result for tari jagung gembal

Leave a Reply