Main image
2nd September
2022
written by

Google Trends memungkinkan Anda melihat jumlah pencarian untuk kata kunci tertentu dari waktu ke waktu. Anda bahkan dapat mempersempit lokasi geografis dan lamanya waktu untuk mendapatkan pembacaan yang lebih akurat.

Meskipun media sosial tidak secara langsung memengaruhi SEO lokal Anda, mengambil tindakan yang tepat dapat membantu mengirim sinyal berbasis lokasi ke Google dan mesin telusur lain yang dapat memperkuat visibilitas Anda. Inilah mengapa Anda perlu kursus SEO agar mendapatkan pengetahuan yang tepat.

Berikut adalah beberapa cara untuk memanfaatkan tag lokasi untuk SEO lokal Anda:

Sertakan alamat Anda di profil media sosial

Profil media sosial Anda dapat muncul di pencarian Google, dan Anda juga berpotensi muncul di pencarian lokal langsung di situs media sosial teratas seperti Facebook dan Instagram. Pastikan saja semua bidang berbasis lokasi di profil media sosial Anda diisi.

Buat lokasi di Facebook

Buat lokasi untuk bisnis Anda sehingga Anda — dan pengikut Anda — dapat menandai bisnis Anda di postingan Facebook dan Instagram. Ini akan memperkuat visibilitas Anda melalui jaringan pengikut Anda.

Gunakan hashtag berbasis lokasi

Cara lain orang dapat melakukan pencarian berbasis lokasi secara online adalah melalui tagar. Seseorang yang mencari makanan lezat di pagi hari dapat dengan mudah menemukan tempat terdekat dengan mencari #bestbrunchboston di Instagram. Sekali lagi, media sosial tidak secara langsung memengaruhi SEO lokal Anda, tetapi media sosial mengirimkan sinyal lokal ke Google yang dapat memperkuat visibilitas lokal Anda.

Jangan lupa markup skema

Markup skema mengomunikasikan kumpulan data tertentu ke mesin telusur seperti Google dan Bing sehingga dapat muncul di mesin telusur dengan cuplikan kaya. Cuplikan kaya memberikan lebih banyak informasi daripada hasil penelusuran lokal umum, yang mengarah ke rasio klik-tayang yang lebih tinggi.

Berikut ini contoh cuplikan kaya. Anda dapat melihat lebih banyak informasi daripada hasil pencarian umum, termasuk peringkat, informasi kalori, dan waktu memasak.

Berikut ini contoh hasil penelusuran umum untuk referensi:

Dengan menambahkan markup skema ke halaman tertentu di situs web Anda, Anda dapat meningkatkan peluang munculnya cuplikan kaya dan mudah-mudahan mendorong lebih banyak pengunjung lokal ke situs web Anda.

Tidak cukup hanya mengatur di direktori online dan profil media sosial. Meluangkan waktu untuk memastikan konsistensi di semua entitas online Anda dapat berarti perbedaan antara muncul pertama kali di hasil pencarian…atau terakhir.

Mengapa? Karena konsistensi adalah faktor peringkat Google. Google jelas bukan orang – meskipun mungkin terasa seperti itu – jadi Google tidak mengetahui fakta tentang bisnis Anda. Mesin telusur menggunakan sinyal dari seluruh web untuk menentukan seberapa tepercaya informasi yang mereka tampilkan tentang bisnis Anda. Jadi, jika nama bisnis, nomor telepon, dan alamat Anda berbeda-beda di berbagai sumber di web, mereka tidak akan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap informasi tersebut dan mungkin tidak menampilkannya.

Sekarang setelah Anda menetapkan beberapa praktik terbaik untuk pemasaran pencarian lokal, saatnya untuk membangun fondasi itu untuk mengoptimalkan visibilitas lokal Anda. Dalam kebanyakan kasus, nama bisnis Anda akan cukup unik untuk berdiri terpisah dari bisnis lain.

Namun, jika restoran Anda bernama “Mickey’s”, Anda mungkin akan bersaing dengan banyak “Mickey’s” lainnya di luar sana.

Anda mungkin ingin mencantumkan restoran Anda di database dan di situs web Anda sebagai “Mickey’s Irish Pub Chicago.” Hal ini tidak hanya akan membedakan bisnis Anda, tetapi juga akan membuat Anda lebih terlihat untuk penelusuran seperti “Pub Irlandia di Chicago.” Sekali lagi, pastikan bahwa jika ini adalah nama yang Anda pilih, Anda menggunakannya di semua platform.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.