Ngayah GONG GEDE Ring Pura Penataran Agung Besakih!!

This post was written by anggamahendra on April 30, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Ngayah itu adalahhh perlakuan yang tulus iklhas yang disembahkan kepada Ida Sang Hyang Widhi, atau pekerjaan sukarela untuk kebaikan bersama dengan melaksanakan ngayah kita bisa menyeimbangkan perbuatan buruk kita. Dengan melakukan perbuatan baik yaitu ngayah. Ngayah juga bisa juga disebut dengan Gotong Royong, menyumbang baik materi maupun uang, Ngayah bisa juga dianggap sebagai tradisi, karna sifatnya melekat dan turun temurun dari generasi ke generasi yang baru. Dengan begitu, masyarakat Bali tetap menjaga semangat berbagi dan berbuat kebaikan bersama kepada sesama.

Gambelan GONG GEDE adalah Gambelan yang jumlah nya banyak dengan 1 barungan dimainkan dengan sebanyak lebih dari 50 Orang penabuh. Kenapa bisa disebut Gong Gede karena Isntrument nya yang banyak dan dimainkan dengan lebih dari 50 Orang. Gong Gede dipakai untuk memainkan tabuh tabuh lelambatan klasik yang cenderung formal namun tetap dinamis, dimainkan untuk mengiringi upacara-upacara besar di Pura-Pura(Dewa Yadnya), termasuk mengiringi Tari upacara seperti Baris, Topeng, Rejang, Pendet dan lain lain. Gong Gede berlaras pelog lima nada, dengan patet(patutan) Tembang.

Dalam video di atas menunjukan, sedang ngayah megambel GONG GEDE di Pura Penataran Agung Besakih, menabuh Tabuh Telu Buaya Mangap dan Tari Rejang Sari. Semoga bermanfaat dan mohon masukan jika ada keliru atau salah kata. Terimakasih

Comments are closed.

Next Post: