TARI MERAK ANGELO

  • Kamis, April 5th 2018

Sejarah Tari Merak Angelo

Tari Merak Angelo, adalah tari yang menggambarkan burung merak jantan dengan bangganya memamerkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni seraya meliuk-liukkan badannya dengan maksud menarik perhatian burung merak betina. Tari Merak Angelo merupakan tarian yang diciptakan oleh I Ketut Rena S.ST.

Pada saat pertama keluar pentas seakan penari datang mematuk penonton. Selanjutnya kelihatan suasana penari mulai bergaya penari Bali lainnya. Yang paling menarik saat para penari memainkan ekornya begitu indah dan sangat menarik. Seakan ingin memamerkan ekornya yang begitu indah, terlihat juga saat penari memblakangi penonton dan mengibas-ibaskan kain ekornya. Gerakan kekiri dan kekanan sperti burung sedang bermain juga kerap kali ditampilkan.

Pertunjukan tari ini sering dibawakan saat pentas seni-seni di Bali. Terutama saat pentas tari-tarian Bali sebagai hiburan warga-warga baik di desa maupun kota, kelulusan siswa dan hiburan selingan upacara keagamaan.

Tarian ini menceritakan tentang burung merak yang menampilkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni untuk mencuri perhatian sang betina.

Tarian ini ditarikan oleh kaum wanita, karena kaum wanita lebih cocok mencerminkan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh burung merak jantan.

 

Ragam Gerak Tari Merak Angelo

Yang dimaksud gerak adalah serangkaian bentuk perubahan atau perpindahan dari anggota tubuh. Ragam-gerak tari Merak Angelo yaitu agem, tandang dan tangkep semua agar menyerupai burung dan keelokannya.

Tata Busana Tari Merak Angelo

Busana yang dikenakan mirip dengan burung merak. Mulai dari mahkota yang berisi kepala merak dan beberapa bulu terselip di belakang mahkota. Pakaian yang dikenakan juga mirip, dari corak warna juga ada motif ekor merak di kain belakang layaknya ekor indah merak yang sedang berdiri. Kostumnya yang berwarna-warni sangat mencerminkan ciri khas burung merak, yang paling menarik perhatian adalah bagian sayapnya yang dipenuhi dengan payet dan dapat dibentangkan oleh sang penari. Dan mahkota yang berhiaskan kepala merak yang disebut singer akan bergoyang-goyang setiap penari menggerakkan kepalanya. Tata busana tari Merak Angelo yaitu pakaian yang digunakan oleh seorang penari, untuk merias dan menutupi badan, kegunaan tata busana agar terlihat menarik pada saat menari dan kelihatan lebih indah: tata busana yang digunakan tari Merak Angelo yaitu: gelungan, subeng, gelangkanan, sabuk lilit prade, kamben, tutup dada, gelang kaki, dan ampok-ampok.

  1. Gelungan yaitu yang digunakan untuk menutupi kepala atau bisa disebut singer.
  2. Subeng yaitu yang digunakan di telinga kanan dan kiri agar kelihatan seorang penari lebih cantik/indah.
  3. Gelang kana yaitu gelang yang digunakan di tangan kanan dan kiri gunanya agar lebih kelihatan menarik.
  4. Sabuk lilit prade yaitu sabuk yang dililitkan di badan seorang penari gunanya untuk memperkuat dan menutupi badan seorang penari.
  5. Kamben yaitu tata busana yang dipergunakan di bawah oleh seorang penari agar seorang yang menarikan tarian Merak Angelo kelihatan rapi dan bagus ketika menggunakan kamben, karena kamben merupakan tata busana yang digunakan oleh setiap penari.
  6. Tutup dada yaitu tata busana yang digunakan untuk menutupi aurat badan bagian dada agar dada tidak kelihatan pada saat menarikan tari Merak Angelo.
  7. Ampok-ampok diletakkan pada pinggang.

 Tata RiasTari Merak Angelo

Tata riasnya sama seperti tata rias pada umumnya. Tapi ada yang menonjol yaitu bagian bawah mata yang diberi eye shadow dan goresan eyeliner. Tapi bisa diganti dengan hiasan diamond di pelipis. Yang dimaksud dengan tata rias adalah untuk mempertegas karakter seorang penari agar terlihat lebih cantik dan menarik. Tata rias tari Merak Angelo yaitu:

  1. Alas bedak yaitu yang digunakan pertama pada saat memekapi seorang penari.
  2. Bedak yaitu alat yang digunakan nomor 2 pada saat memekapi seorang penari.
  3. Pupur yaitu digunakan untuk seorang penari agar kelihatan lebih putih dan anggun.
  4. Pensil alis yaitu untuk mempertajam bulu alis agar lebih kelihatan.
  5. Eye shadow yaitu make-up yang digunakan pada kelopak mata:
    1. Warna biru bagian bawah melambangkan kebaikan.
    2. Warna merah bagian tengah melambangkan pemberani dan keceriaan.
    3. Warna kuning bagian atas melambangkan kesucian.
  6. Merah pipi digunakan pada pipi seorang penari agar terlihat lebih cantik, anggun, dan kelihatan indah pada saat tersenyum, maka seorang penari kelihatan sangat cantik.
  7. Lipstick yaitu digunakan pada bibir seorang penari guna untuk mengolesi bibir agar kelihatan lebih manis pada saat penari tersenyum.
  8. Garis tengah yaitu yang dipasangkan pada jidat seorang penari agar kelihatan lebih gagah dan pemberani warna pada garis tengah yaitu merah dan hitam.
  9. Eye liner yaitu sebagai penegas garis mata.

 

Add your comment

Leave a Reply

Leave A Comment


Top