perkembangan industri musik indonesia

This post was written by adityasaputra on Mei 25, 2012
Posted Under: Lainnya

PERKEMBANGAN INDUSTRI MUSIK INDONESIA

Salah satu pilar industri budaya Indonesia yang tahan gempuran dan kebal krisis adalah industri musik. Ditengah-tengah merostknya industri manufaktur dan agraris. Melihat perkembangan ini, industri musik Indonesia acap menjadi perhatian industri musik dunia, dengan memperhatikan potensi pasar dari kawasan ini. Apresiasi yang semakin luas dari masyarakat, kuatnya struktur industri serta mulai berlakunya undang-undang hak cipta, memberi peluang bagi investor asing untuk menanamkan modalnya.

Sebagai ekspresi seni, musik membawa citra pada dunia internasional, sebagai duta yang memaparkan kekayaan budaya.

Musik Indonesia sebagai Sebuah Industri

Salah satu pilar utama industri musik Indonesia adalah musik pop. Pada dasarnya musik ini berhasil merangkul khayalak yang paling luas dan meliputi berbagai etnis dan latar belakang sosial.

Perkembangan industri musik pop nasional, juga didukung oleh semaraknya musik pop daerah, yang memiliki pasar pada kalangan etnisnya sendiri. Perkembangannya ini juga mendorong terbentuknya variasi dan keunikan dalam musik daerah.

Musik Tradisi

Industri musik tradisional, dapat dirujuk saat pemerintah Indonesia mendirikan PNLokananta di Solo, dalam rangka memajukan dan mengembangkan kebudayaan nasional. Berbagai industri musik telah diproduksi, dan menurut catatan tak kurang dari lima ribu komposisi lagu telah diterbitkan. Namun tak dapat disangkal karena pasaran musik tradisi terbatasdalam lingkungannya sendiri,lokananta banyak memberi perhatian pada musik jawa dan bali.

Beberapa perkembangan lain.

Kolaborasi gamelan denan beragam jenis musik lain digelar di berbagai pusat pertunjukan musik dunia.dapat disebut bahwa sejumlah even kompetisi dan perlombaan musik telah menjadi fungsi apresiasi yang memiliki unsur pembinaan sekaligus perkembangan kreatifitas ekspresi musik. Tercatat sejumlah even reguler berskala nasional bermagsud seperti Lomba cipta lagu remaja prambors, lomba cipta lagu populer,dll.

 

 

 

SERI MUSIK INDONESIA

 

Diantara banyak rekaman dalam industri musik indonesia, maka seri musik indonesia, merupakan salah satu contoh paling tepat bagi rekaman yang memiliki dimensi citra seni budya bagi pariwisata indonesia. Rekaman awal seri musik indonesia yang telah menyelesaikan enam volume ini ( dari rencana keseluruhan20 volume ), selengkapnya adalah :

 

Volume 1.

Nyanyian menjelang fajar :

Tema rekaman : gandrung banyuangi adalah tarian semalam suntuk dengan melibatkan penari gadis remaja yang sekaligus bertindak sebagai penyanyi ( gandrung ). Kesenian ini diiringi dengan ensambel musik kecil yakni : dua buah biola kluncing (tringle), dua buah kendang, dua buah kethuk, kempul, serta gong.

 

Volume 2.

Musik populer indonesia :

Tema rekaman : pengalaman sosiologis dan emperis menunjukan bahwa musik kroncong, dangdut, serta lenggam jawa telah menjadi musik populis pada masa dan segmen yang luas, dalam masyarakat indonesia.

 

Volume 3.

Musik dari daerah pinggiran jakarta :

Tema rekaman : gambang kromong, genre yng ditampilkan dalam rekaman ini merupakan potret musik daerah pinggiran terselubung yang keberadaannya terabaikan. Secara paradoksal gambang kromong adalah musik daerah di jakarta. Pra pemain dan penonton gambang krombong berasal dari kalangan rakyat kebanyakan daerah jakarta.ensambel gambang kromong adalah suatu perpaduan alat- alat musik cina dengan indonesia, dan sering pula dengan alat musik eropa. Ia memperoleh namanya dari dua alat musik indonesia yakni gambang dan kromong ( satu set gong-gong kecil ).

 

 

 

Volume 4.

Musik nias dan sumatera utara :

Hoho, gondang karo, gondang toba.

Tema rekaman : nyanyian hoho dari nias adalah jenis musik yang pada umumnya diketengahkan pada upacara ritual seperti upacara kematian, dinyanyikan oleh para pria dengan dipimpin oleh seorang penyanyi yang disebut sondroro hoho. Sementara gondong ( selain merupakan dari seperangkat alat musik, ensambel musik, suatu upacara, serta bagian dari kelompok kekerabatan ) adalah komposisi musik rakyat yang dimainkan pada rangkaian upacara yang berkaitan degaan religi atau adat istiadat Batak.

 

 

 

 

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 22nd, 2022 @ 1:28 am
Next Post: