sejarah gamelan gong kebyar di banjar kelodan desa punggul

This post was written by adityasaputra on Desember 28, 2011
Posted Under: Lainnya

SEJARAH GAMELAN GONG KEBYAR DI BANJAR KELODAN DESA PUNGGUL

Asal Mula :
Untuk mengungkapkan sejarah asal mula suatu kesenian seperti gong kebyar di Desa Punggul, memang tidak mudah didapatkan. kesulitan itu dikarenakan kurangnya data- data mengenai gamelan tersebut dan hamper tidak ada data- data tertulis yang memuat tentang gamelan gong kebyar tersebut.
Namun demikian dar beberapa informasi yang saya tanyakan, telah berhasil mengumpulkan sejumlah informasi baik dari anggota sekaa maupun informan- informan luar yang mampu memberikan keterangan mengenai keberadaan gong kebyar yang ada di Desa Punggul, kecamatan Abinsemal, Kabupaten Badung tersebut.
Menurut anggota sekaa gong di Desa saya,I Gusti Ngurah Munang yang sekaligus sebagai penglisir dan klian gong di sekaa kami, menerangkan bahwa gamelan gong kebyar yang ada Di Banjar Kelodan Punggul ini merupakan Gamelan yang kuno keberadaannya sampai sekarang. keberadaannya memang sudah ada sejak jaman dulu. Hanya ada beberapa tungguh gamelan yaitu Kantil yang bentuk bilahnya metundu klipes, yang dibuat pada tahun 1983 di Klungkung. I Gusti Ngurah Munang juga menyebutkan bahwa pelawah gong tersebut pada waktu itu masih polos tanpa ukiran maupun di prada. Tahun 1985 mengalami perkembangan yang di carikannya tukang ukir pada saat ituu dari Blayu Tabanan yang bernama Pak Gunawan.
Akhirnya sekaa Gong tersebut benar- benar menjaga Gong tersebut di bawah naungan Banjar adat Kelodan Desa Punggul tersebut sampai sekarang, karena dulu sekaa Gong belum melembaga. Sekarang gamelan tersebut di prada, yang dananya diambil dari uang Banjar dan sumbangan- sumbangan dari Desa Punggul.

 

Fungsi Dalam Upacara Agama

Kesenian Bali Seni Karawitan (gamelan) Seni Tari dan Tembang atau vocal semuanya tidak akan bisa lepas dari Upacara Keagamaan (Agama Hindu ) dalam uraian buku seni sacral dalam hubungannya dengan agama hindu dijelaskan bahwa Seni Wali yaitu seni yang dilakukan di Pura- Pura dan di tempat yang ada hubungannya dengan Upacara keagamaan sebagai pelaksana upacara dan upakara agama.

 

Hubungan Gong kebyar di Banjar Kelodan Desa Punggul dengan Ritual ( Yadnya )

Ada mitos yang terjadi di Gong Kebyar ini,disamping Gamelan Gong Kebyar ini sangat berkaitan dengan Upacara Yadnya, adapun hasil dari wawancara saya dengan I Nyoman Karma mengenai odalan dan upacara Gong Kebyar ini jatuh pada Buda Wage,pada upacara odalan ini di empon atau di pokokki oleh Sheke Gong dan Krama Banjar setempat.Upacara ini ruti di gelar tiap Buda wage dengan menggelar persembahyanggan bersama.

 

 

 

 

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 22nd, 2022 @ 1:01 am
Next Post: