Sejarah Gong Kebyar Di Banjar Kedampal Abiansemal

This post was written by putuputrayana on Desember 28, 2011
Posted Under: Lainnya

SEJARAH GONG KEBYAR DI BANJAR KEDAMPAL ABIANSEMAL

 

Banjar Kedampal terletak di Desa Adat Abiansemal Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung yang mana didalam Banjar Adat ini terdapat 11 Pura Pemaksan yaitu:

1. Pura Prajapati

2. Pura Dalem Majapahit

3. Pura Dalem Sari

4. Pura Dalem Korya

5. Pura Ulun Siwi

6. Pura Alas Arum

7. Pura Dalem Sangsi

8. Pura Panti Gede

9. Pura Panti Alit

10. Pura Gede

11. Pura Dalem Dasar

 

Dari kesebelas Pura ini piodalannya berlainan, pada saat piodalan tersebut sudah barang tentu memerlukan seperangkat gambelan untuk mengiringi upacara. Disamping banyaknya pura di Banjar Kedampal juga Banjar Kedampal dengan jumlah krama Banjar sebanyak 201 sepaon. Karena banyaknya warga otomatis penyelenggaraan yadnya juga banyak seperti: Dewa Yadnya (piodalan), Manusia Yadnya (perkawinan, potong gigi), Pitra Yadnya (ngaben).

 

Diantara sekian banyak kegiatan adat yang terjadi di Banjar Kedampal sebelum tahun 1994 ada satu Gong Kebyar yang dimiliki oleh Pemaksan Pura Dalem Sari yang bernama Sekaa Gong Kesuma Sari Banjar Kedampal. Pada tahun 1994 timbul keinginan untuk membeli seperangkat Gambelan Gong Kebyar oleh krama Banjar Kedampal yang diprakarsai oleh Prejuru Banjar Kedampal. Setelah mendapat persetujuan lewat rapat Krama Banjar, maka dipesanlah seperangkat gambelan Gong Kebyar pada Pak Brata di Denpasar. Mengenai pembelian seperangkat gembalan ini dengan mencicil seharga Rp. 24.000.000.

 

Setelah pembayaran tanda jadi sebesar Rp. 10.000.000 sambil menunggu pesanan jadi maka dikasilah meminjam seperangkat Baleganjur untuk latihan sekaligus pembentukan Sekaa Gong Banjar Kedampal.

 

Pada bulan Juli 1994 pesanan Gong Kebyar Banjar Kedampal ahkirnya selesai. Dan bulan Oktober 1994 Gong Kebyar Banjar Kedampal diresmikan oleh Bapak Bupati Badung yaitu I Gusti Bagus Alit Putra disahkan dengan tanda pemukulan Gong yang bertempat di Bale Banjar Kedampal yang sekaligus dibantu dana sebesar Rp. 5.000.000.

Pada tahun 1997 dibentuklah sekaa Gong wanita banjar Kedampal yang bernama sekaa Gong Darma Apsari Budaya. Yang pada tahun itu juga sekaa gong Darma Apsari Budaya ini menjadi duta Kabupaten Badung dalam PKB (Pesta Kesenian Bali).

 

Setelah tahun 2000 termotipasilah Sekaa-Sekaa pura untuk memiliki seperangkat gambelan

  1. Pura Dalem Korya mendapat Bantuan seperangkat Gong Kebyar dari Dr. Ida Bagus Janardana dari Denpasar.
  2. Pura Gede membeli seperangkat gambelan Semar Pegulingan.
  3. Grya Pasek membeli seperangkat gambelan Angklung 5 nada.
  4. Pura Dalem Sari membeli seperangkat gambelan Angklung 4 nada.
  5. Pura Dalem Sangsi membeli seperangkat gambelan Geguntangan.

 

Sampai saat ini dari seperangkat gambelan yang ada di Banjar Kedampal telah dapat memenuhi kebutuhan dalam kegiatan adat yang ada.

 

 

Comments are closed.