Komentar Video Sasih Kewulu

This post was written by putuputrayana on Desember 28, 2011
Posted Under: Lainnya

SINOPSIS

 

Ketika  suatu waktu mata dan pikiran tersentuh dalam suatu kejadian alam, dimana langit menjadi gelap, hujan deras, petir manggelegar, dan angin ribut. Air turun dari langit begitu lebat menerpa dan mengguncang hati menyentuh rasa dan raga si penggarap. Awan gelap seolah-olah mengelapkan dunia ini dan menutupi sinar suci sang surya. Petir menggelegar seperti menggungjang keras jagad raya, angin seolah-olah merusak seisi jagad raya ini dengan kekuatan yang hebat dan hujan tak henti-hentinya jatuh dari langit, namun ditengah ujan yang deras tersebut beberapa kali  sinar suci sang surya terlihat menyinari alam ini seolah-olah menembus gelapnya awan. Saat itulah manusia muilai mengerjakan aktipitas mereka. Tapi ujan deras masih banyak mengiringi  sasih ini sehingga sering mengakibatkan banjir dimana-mana. Siklus dari hujan kemudian cerah dan dari cerah manjadi hujan deras inilah membuka pikiran penggarap dan teringat akan sasih kahulu. Sasih kahulu merupakan bulan bali yang dimana masyarakat bali mengenal sasih ini dengan sering turunnya ujan  lebat dan dasyat.

Terinspirasi dari fenomena ini penggarap mencoba menterjemahkan dan memetik hikmah menjadi sebuah ide dalam garapan ini. Setiap hembusan angin, suara petir, dan jatuhnya air hujan terasa menggugah nurani yang tertuang lewat melodi, ritme yang harmonis dengan karakter penggabungan kompesisi tabuh kreasi, tabuh telu, dan gegilakan yang dikreasikan dengan tidak meninggalkan pola-pola tradisi yang telah ada, maka lahirlah garapan tabuh kreasi pepanggulan yang di beri judul

“sasih kewulu”

 

 

 

 

KOMENTAR VIDIONYA :

 


KEKURANGAN

1. Penerangan atau tata lampu tidak merata, sehingga objek kelihatan dibagian depan terlalu mencolok dan dibagian samping dan belakang tidak jelas .
2. Penggunaan lampu terlalu terang dan monoton, jadi kurangnya terbantuk suasana.
3. Kurang adanya sound, jadi instrumen yang dibelakang seperti jublag, jegog, gong kempur terdengar kurang jelas.
4. Pada saat instrumen rebana dan ceng-ceng terdengar sangat keras yang dapat mengganggu instrumen yang lain.

 

 

Saran

Saran saya dalam pementasan ujian ini  instrumen jegog , gong , kempur, jublag hendaknya dipasangkan mik atau sound system agar terdengar lebih jelas, karena instrumen tersebut berperan sangat penting sebagai melodi intrumen tersebut memberikan kesan baik dan tidak baiknya gending atau lagu dalam pementasan gambelan tersebut.

 

Comments are closed.