GENJEK

  • Tuesday, July 13th 2010

Tari Genjek adalah suatu tarian yang menceritakan tentang kerajaan – kerajaan yang berada diBali . Biasanya yang sering memainkan Tari Genjek ini adalah kabupaten Karangasem , pada waktu PKB yang ke XXXII dipanggung angsoka art center . Desa yang mewakili Kabupaten Karangasem adalah Desa Sraya Barat . Tari Genjek yang Saya rekam ini menceritakan tentang Kerajaan Karangasem yang ada diBali dijajah oleh Belanda , pada waktu itu kerajaan Karangasem dipimpin oleh Raja yang bernama Cokorda Agung dan Permaisurinya yang bernama Anak Agung Istri . Pada saat itu Belanda menjajah tanpa welas asih , bagi siapa yang melawan akan dibunuh dan yang tidak melawan akan dijadikan budak , semua hasil perkebunan diBali dirampas oleh Belanda . Ketika itu Raja mengwi belum mengetahuinya tapi lama – lama ada rakyat yang mengadu kepada Raja kalau rakyat yang melawan banyak dibunuh , tidak lama kemudian Raja langsung merundingkan kejadian ini dengan Permaisuri dan Penasehatnya  , Rakyat banyak yang menunggu – nunggu apa keputusan yang akan diambil oleh Raja , setelah rapat berjalan selama 30 menit , akhirnya Raja mengumumkan hasil rapat kepada rakyat . hasilnya adalah kalau Kerajaan Karangasem akan berperang melawan Belanda . Prajurit – prajurit Kerajaan langsung bersiap – siap , sesaat kemudian terjadilah perang besar – besaran antara Kerajaan Karangasem melawan Belanda , keduanya sama hebat dan sama kuatnya . Prajurit Kerajaan dan Belanda banyak yang tewas , darah mengalir kemana – mana , akhirnya perang ini usai dan dimenangkan Kerajaan Karangasem , pada saat itu Kerajaan Belanda disuruh pulang kenegaranya .

Belanda disuruh agar tidak menjajah lagi , setelah itu pulau Bali menjadi aman dan tentram , rakyatnya juga hidup damai . Tari Genjek ini juga diiringi Gambelan , adapun alat – alat Gambelan yang digunakan adalah :

# Kendang Kerumpungan Lanang

# Kendang Kerumpungan Wadon

# Gangsa Angklung

# Rindik

# Kecapi

# Tawa – tawa

# Gong

# Suling

# Kecek

# Klenang

# Klentong

Tari Genjek ini juga diiringi oleh nyanyian – nyanyian Bali yang indah . Tari Genjek sekali – sekali memang harus perlu dipertunjukan agar Tari ini tidak punah karena sekarang sudah banyak Tari kreasi modern , Tari ini juga banyak menarik penonton , biarpun  Tari ini langka tapi masih banyak orang yang menyukainya .

Add your comment

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Leave A Comment


Top