PANEN DAN PASCA PANEN BAWANG MERAH

Posted by putrirasta on Apr 25, 2022 in Karya |

Panen dan pasca panen bawang merah

PANEN DAN PASCA PANEN BAWANG MERAH

Tanaman bawang merah (Allium Sp) merupakan sayuran rempah dan dipanen dari umbinya yang merupakan umbinya dan digunakan untuk konsumsi sebagai bumbu masakan. Permintaannya relatif stabil sepanjang tahun dan memiliki potensi komersial yang cenderung meningkat. Bawang merah juga berkhasiat sebagai obat yaitu untuk melancarkan nafas panjang, mengobati luka, mengobati maag, mengobati masuk angin serta menurunkan kadar gula dan kolesterol.

Untuk mencapai hasil yang baik diperlukan proses panen dan perawatan pasca panen yang baik. Perawatan panen dan pasca panen dapat dilakukan sebagai berikut:

Panen dan pasca panen bawang merah
Panen Bawang Merah

Penentuan waktu panen bawang merah dapat dilakukan dengan cara:
Secara visual melihat kondisi daun mulai menguning, daun rontok, umbi tampak menonjol dari tanah, warna umbi tampak kemerahan.
Fisik, dengan palpasi lembut pada leher umbi.
Perhitungan, penentuan umur tanaman sejak tanam (tergantung varietas/kultivar, cuaca/musim, perawatan tanaman).
Penanganan panen dilakukan dengan cara mengumpulkan hasil dengan cara mencabut seluruh bagian tanaman secara manual dengan tangan.

Waktu panen dan standar penanganan panen

Secara visual dengan melihat perkembangan fisik tanaman, untuk keperluan konsumsi ditandai dengan daun menguning, daun rontok, umbi tampak mencuat dari tanah, umbi berwarna kemerahan.

Secara matematis, untuk keperluan konsumsi, umur tanaman sejak tanam tergantung pada varietas/kultivar, cuaca/musim, dan perawatan tanaman. (Varietas Bima Brebes dipanen pada 58-60 HST di musim kemarau, sedangkan umumnya dipanen lebih awal di musim hujan).

Untuk benih, umur panennya lebih lama, sekitar 3-4 hari. Pemanenan dilakukan pada pagi hari, setelah tidak ada embun, dan tidak pada saat musim gugur atau sebelum hujan. Untuk keperluan panen benih, hal ini dilakukan pada siang hari, sehari sebelum panen tidak disiram.

Panen Bawang Merah
Tata cara kerja penentuan waktu panen dan penanganan panen

Menentukan waktu panen yang tepat sesuai standar.
Amati kondisi cuaca saat panen (panen akan ditunda jika hujan).
Menyiapkan alat panen dan tenaga terampil serta mengatur pembagian wilayah panen.
Panen bawang dengan menariknya dengan lembut

Perawatan segera setelah panen

Yang dimaksud dengan “perlakuan segera pasca panen” termasuk tindakan yang harus dilakukan terhadap bahan baku segera setelah panen. Untuk bawang merah, tindakan ini berupa pengikatan, pengumpulan, pengeringan awal (recovery curing) hingga penyempitan leher umbi.

Perlakuan segera setelah panen bertujuan untuk mengurangi kerusakan yang dapat terjadi pasca panen dan menghasilkan bawang merah berkualitas baik dengan umur simpan yang lama

Sumber :

Comments are closed.

Copyright © 2024 putrirasta All rights reserved. Theme by Laptop Geek.